Stone Sphere dari Kostarika

Rabu



Stone Sphere dari Kostarika

Pada sekitar tahun 1930 an United Fruit Company membuka lahan hutan untuk perkebunan pisang, dan tanpa sengaja mesin buldozer mereka mengenai beberapa bebatuan keras berbentuk bundar seperti bola.



Inilah adalah awal cerita film tentang batu yang memiliki bentuk bola yang sempurna ( perfect Sphere ). Seperti film Sphere (1998) yang dibintangi oleh Dustin Hoffman dan Sharon Stone serta Samuel L jackson yang juga menceritakan tentang sphere atau bulatan sempurna dari luar angkasa yang berada didasar lautan.



Delta Diquis, Sungai Térraba dekat kota Palmar Sur dan Palmar Norte, Isla del Caño Costa Rica adalah lokasi ditemukannya sekitar 300 an buah bola batu ini. Batu- batu ini berukuran dari beberapa centimeter hingga memiliki diameter lebih dari dua meter, bahkan ada yang memiliki berat hingga 16 ton..!!
Untuk melacak jejak bola batu ini sedikit mengalami kesulitan karena sejak ditemukannya tidak sedikit pula yang mengalami kerusakan akibat "demam emas" yang melanda para penemunya...yang mengharapkan ditemukannya harta karun berupa emas didalam batu-batu tersebut. Batu tersebut dilubangi dan selanjutnya diberi dinamit dan diledakkan dengan harapan akan menemukan emas didalamnya....
Batu-batu ini sekarang masih terserak dimana-mana diseluruh penjuru Kosta Rika, mulai dari bangunan Asamblea Legislativa , rumah sakit, sekolah, kebun di rumah-rumah mewah hingga hutan disekitarnya...



Bola dari batu Kosta Rika telah menjadi objek penelitian sejak publikasi Erich von Däniken's "Chariots of the Gods "pada tahun 1971. Batu ini telah mendapatkan perhatian baru sebagai akibat beredarnya dari buku-buku yang ditulis oleh Ivar Zapp dan George Erikson (Adventures Unlimited Press, 1998), dan The Atlantis Blueprint: Unlocking the Ancient Mysteries of a Long-Lost Civilization, oleh Colin Wilson dan Flem-Ath Rand (Delacorte Press, 2001).



Yang mengherankan adalah sama sekali tidak pernah ditemukannya batuan ini yang belum selesai pembuatannya, semua sudah jadi berbentuk bundar sempurna. Bahkan George Erikson dalam artikelnya di Atlantis Rising Online menyebutkan bahwa bola-bola batu ini memiliki bulatan yang sempurna dalam diameter keliling hingga 2 milimeter tingkat kesalahan dalam pembuatannya...! Diperkirakan bahwa yang terbesar beratnya lebih dari 15 ton.
Ratusan bola batu yang terserak telah didokumentasikan di Kosta Rika, ukuran diameter mulai dari beberapa sentimeter hingga lebih dari dua meter . Hampir semuanya terbuat dari granodiorite yang keras, sejenis batu berapi. Obyek ini tidak berasal semula jadi buatan dari alam, tidak seperti bola batu di Jalisco, Meksiko yang dijelaskan dalam artikel National Geographic 1965. Sebaliknya, batu-batu ini adalah patung monolitik yang dibuat oleh tangan manusia.



Samuel Lothrop mencatat total sekitar 186 bola yang sempat dipublikasi pada tahun 1963. Namun, diperkirakan bahwa mungkin ada beberapa ratus dari bola batu seperti ini yang sekarang tersebar di seluruh Kosta Rika. Dilaporkan bahwa satu situs di dekat Jalaca memiliki sebanyak 45 bola, namun kabar terkini telah dipindahkan ke lokasi lain. Samuel Lothrop, seorang staf arkeolog Peabody Museum Arkeologi dan Etnografi di Harvard University, melakukan studi lapangan utama mengenai bola batu ini pada tahun 1948. Laporan akhir pada studi ini diterbitkan oleh pihak Museum pada tahun 1963. Berisi peta situs di mana bola batu itu ditemukan, deskripsi rincian tembikar dan benda logam yang ditemukan di dekat mereka, dan banyak juga menampilkan foto-foto, pengukuran, dan gambar dari bola batu ini, formasi dari bola batu ini dan juga stratigrafik konteks. Penelitian tambahan bola batu ini dilakukan juga oleh arkeolog Stirling Matius dan sempat dilaporkan di halaman National Geographic pada tahun 1969. Pada akhir 1970-an, survei arkeologi di Isla del Cano (diterbitkan pada 1986) mengungkapkan konteks tentang bola batu di lepas pantai. Situs dengan bolabatu ini yang diselidiki dan dilaporkan pada tahun 1980 oleh Robert Drolet dalam proses survei dan penggalian di Térraba Valley. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Claude Baudez dan mahasiswa dari Universitas Paris kembali ke lokasi sebelumnya di lapangan delta Diquís dimana Lothrop pertama kali melakukan penyelidikan dan kemudian mereka melakukan analisis lebih hati-hati mengenai tembikar. disekitar ditemukannya bola batu. Penelitian ini diterbitkan dalam bahasa Spanyol pada 1993, dengan ringkasan bahasa Inggris yang muncul pada tahun 1996. Juga di awal 1990-an, mereka melakukan studi lapangan di sekitar Golfito, mendokumentasikan keberadaan contoh timur bola ini. . Studi yang paling hati-hati dari bola, batu ini dilakukan dari 1990-1995 oleh arkeolog Ifigenia Quintanilla di bawah naungan Museum Nasional Kosta Rika. Dia mampu menggali beberapa bola di situ, mendokumentasikan proses pembuatannya dan asosiasi budaya dari bola batu tersebut. Penelitian Quintanilla telah menjadi bidang studi paling lengkap benda-benda ini sejak Lothrop.




Bola - bola batu ini mungkin dibuat oleh nenek moyang orang-orang pribumi yang tinggal di wilayah ini saat terjadinya penaklukan Spanyol. Penduduknya berbicara dalam bahasa Chibchan dan berkaitan dengan masyarakat adat dari timur Honduras hingga utara Kolombia. Keturunan modern mereka yang masih ada termasuk suku Boruca, Téribe, dan Guaymí. Kebudayaan dari peradaban ini tinggal sedikit ,dari yang tersisa tidak lebih besar dari sekitar 2000 orang. Masyarakatnya hidup dari memancing dan berburu, serta dari pertanian. Mereka menanam jagung, ubi kayu, kacang-kacangan, labu, kelapa, pepaya, nanas, alpukat, cabai, coklat, dan banyak buah-buahan lainnya serta tanaman obat. Mereka tinggal di rumah-rumah yang biasanya berbentuk bulat, dengan pondasi yang terbuat dari batuan sungai berbentuk bulat.



Banyak bola yang ditemukan berada dalam formasi, yang terdiri dari garis lurus dan melengkung, serta berbentuk segitiga dan berbentuk jajaran genjang. Satu kelompok dari empat bola ternyata diatur dalam garis berorientasi ke utara magnetik. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa bola batu ini mungkin telah diatur oleh orang-orang yang akrab dengan penggunaan kompas magnetik, atau astronomi . Sayangnya, semua bola batu kecuali beberapa formasi yang sempat tersisa ini hancur, ketika bola dipindahkan dari lokasi aslinya, sehingga pengukuran yang dilakukan hampir lima puluh tahun yang lalu tidak dapat diperiksa kembali keakurasiannya. Banyak dari bola batu ini, beberapa di antaranya masih ditemukan dalam formasi diatas gundukan tanah rendah. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa batuan ini mungkin telah disimpan di dalam rumah yang dibangun di atas gundukan tanah. Dengan pengecualian bola yang terletak di Isla del Cano, sebagian besar bola yang terletak terlalu jauh dari laut telah berguna sebagai alat navigator kelautan .



Karena bola batu ini tidak bisa dilakukan penanggalan secara langsung dengan metode seperti penanggalan radiokarbon( yang hanya dapat diterapkan secara langsung hanya untuk bahan-bahan organik ), cara terbaik untuk mementukan penanggalannya adalah dengan stratigrafik konteks dan artefak - artefak yang terkait. Lothrop telah menggali salah satu bola batu yang berada di lapisan tanah yang dipisahkan dari tanah yang mendasarinya, dan menemukan bantalan dari tembikar yang berisi tembikar khas budaya Aguas Buenas (200 SM - 600 M). Didalam tanah di bawah bola ini ia juga menemukan patung kepala manusia yang rusak yang dicat dari jenis polikrom Buenos Aires, yang memiliki penanggalan radiokarbon 1000 M-1500 M(contoh telah dilaporkannya masa telah ditemukan alat-alat besi). Ini menunjukkan bahwa bola batu itu dibuat antara kurun waktu antara tahun 600 M dan 1500 M.



Artikel Lainnya



0 komentar to “Stone Sphere dari Kostarika”

Bebas Berkomentar..