Facebook dan Kepribadian Narsistik

Sabtu


Kompas.com - Dalam ilmu psikologi, mereka yang memiliki kepribadian narsistik merupakan orang yang jauh lebih mencintai dirinya daripada orang lain. Akibatnya seringkali mereka sulit berempati kepada orang lain.

Kecuali narsis, orang yang tidak mampu mencintai juga egois, mau enak sendiri dan kurang percaya diri. Mereka juga sulit terikat dalam komitmen jangka panjang dengan satu pasangan. Makanya orang tipe ini sulit mengikatkan diri pada perkawinan monogami.

Menurut para ahli dari American Psychiatric Association, pada umumnya orang narsistik juga memiliki gangguan kepribadian lainnya, seperti histrionic personality disorder yang sangat ekspresif dalam menunjukkan emosinya.

Meski sebagai awam sulit mengenali ciri-ciri orang yang narsistik, namun sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University Georgia, Amerika, menyebutkan bahwa laman profil di situs jejaring sosial Facebook bisa mengungkap kepribadian narsis seseorang.

Dalam studi yang mereka lakukan terhadap 130 pengguna Facebook ditemukan jumlah teman dan postingan dinding (wall post) berkaitan erat dengan tingkat kenarsisan seseorang. Orang yang narsis biasanya memiliki jumlah teman yang banyak namun sebenarnya tidak punya relasi yang dalam dengan orang-orang tersebut.

"Dalam kehidupan nyata juga demikian, mereka punya banyak teman tapi tidak ada yang dekat secara personal. Yang penting untuk mereka adalah kuantitas, bukan kualitas," kata Laura Buffardi, Ph.D, ketua peneliti yang risetnya dipublikasikan dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin.

Facebook juga dipakai sebagai sarana untuk mempromosikan diri orang yang narsis. Karena itu mereka suka memasang foto profil yang menarik dan berbeda untuk membuat orang lain terpesona.

"Orang yang narsistik mungkin terlihat sebagai orang yang menarik hati namun sebenarnya mereka merasa diri lebih hebat. Mereka juga suka menggunakan orang lain untuk keuntungannya sendiri, dalam jangka panjang mereka akan melukai orang lain dan dirinya sendiri," kata W.Keith Campbell, salah seorang peneliti.

Meski begitu, Campbell mengatakan bukan berarti penggemar Facebook adalah orang yang narsis. "Orang yang narsistik menggunakan Facebook seperti mereka menggunakan relasi sosial lainnya, hanya untuk mempromosikan dirinya," katanya.


FULL STORY >>

Perlukah Bayi Disunat?


KOMPAS.com — "Bayi saya baru berumur 10 bulan. Beberapa hari yang lalu dia panas tinggi. Sudah sempat cek darah, tapi tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan. Ketika dibawa ke dokter, dokter bertanya soal kebiasaan pipis anak saya. Saya bilang pipisnya normal. Setelah diperiksa, ternyata kulit yang menutup penisnya tidak bisa dibuka secara sempurna. Beliau menyarankan agar bayi saya disunat. Sebenarnya, di usia berapakah sebaiknya sunat itu dilakukan?" (Surat dari Kinar, Kampung Ambon)

Sebelum membahas soal sunat, mungkin sebaiknya dibahas dulu mengenai demam yang membuat Anda harus membawa si kecil ke dokter. Sayang tidak disebut berapa lama demam terjadi, dan kapan pemeriksaan darah dilakukan. Menurut dr Fransisca Handy, SpA, dokter anak dan konsultan laktasi, demam—seperti halnya batuk dan pilek—adalah penyakit yang sehari-hari terjadi pada anak, terutama balita. Penyakit-penyakit ringan ini merupakan bagian dari tumbuh kembang anak. Inilah "ajang pelatihan" bagi daya tahan tubuh si anak sekaligus pertanda bahwa daya tahan tubuh anak sedang bekerja.

Penyakit-penyakit ringan ini sebagian besar disebabkan oleh virus yang bersifat sel limiting disease (sembuh sendiri). Demam yang tinggi tidak menggambarkan bahwa penyakitnya lebih berat daripada demam yang rendah karena demam akibat virus umumnya justru tinggi. Pemeriksaan penunjang (laboratorium) biasanya dilakukan bila demam telah berlangsung lebih dari tiga hari.

Bila dari pemeriksaan fisik dan hasil lab darah tidak ditemukan kelainan, pada anak di bawah 2 tahun infeksi saluran kemih (ISK) memang perlu dicurigai. Selanjutnya kecurigaan ini tentu perlu dibuktikan terlebih dahulu sebelum menentukan pengobatannya. ISK dibuktikan dengan melakukan pembiakan (kultur) terhadap air seni yang biasanya memerlukan waktu antara 3-7 hari. Bila dari hasil pembiakan terbukti bahwa didapat bakteri dengan jumlah koloni >100.000/ml, diagnosis ISK baru dapat ditegakkan.

Melekatnya kulit penutup penis dengan penis itu sendiri (dikenal dengan istilah fimosis) memang merupakan salah satu faktor risiko ISK. Membuang sebagian kulit penutup penis (yang dilakukan pada sunat) tentu menjadi salah satu cara mengurangi risiko ISK tersebut.

Tetapi, bayi laki-laki secara normal sebagian besar memang mengalami fimosis. Pada usia 2 tahun fimosis akan dengan sendirinya mulai berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya kulit penutup penis tersebut akan mudah disingsingkan dan dibersihkan.

Bila ISK memang terbukti, selain pengobatan antibiotik, pencegahan amat perlu. Pencegahan utama adalah dengan melakukan toilet training, tidak menggunakan diaper atau popok, dan segera mengganti celana bayi bila basah. Bersihkanlah daerah anus dan alat kelamin dari arah depan ke belakang (dari alat kelamin ke anus) dengan air biasa (bukan dengan tisu basah karena mengandung pewangi atau alkohol). Bila ISK berulang perlu dipertimbangkan untuk menghilangkan pelekatan penis dengan kulit penutupnya. Tidak harus dengan sunat, bisa juga dengan tindakan melonggarkan pelekatan yang terjadi (oleh dokter).

Pada dasarnya sunat adalah keputusan pribadi masing-masing yang biasanya juga didasari alasan kepercayaan. Tidak ada pedoman batasan usia untuk melakukan sunat. Secara medis, sunat memang memberi beberapa keuntungan, seperti mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual lainnya. Namun, sunat bukan satu-satunya cara untuk mengurangi risiko-risiko tersebut dan dengan sunat tidak berarti pasti bebas dari risiko penyakit tersebut. Nah, sebelum Anda memutuskan sunat atau tidak, buktikan dulu adanya ISK.

http://health.kompas.com/read/2010/05/21/11150582/Perlukah.Bayi.Disunat.


FULL STORY >>

Daftar Beberapa Situs Berita Online Di Indonesia

Jumat

Anda suka baca berita?
Berikut ini adalah beberapa daftar situs berita online yang ada di Indonesia

antara
koran internet
detik
liputan6
kompas
beritabola
beritasore
beritajakarta
metro tv
okezone
kapanlagi
jaknews
vivanews
kedaiberita
inilah

FULL STORY >>

Berwisata Ke Hutan Persembunyian Vietkong

ELVINI EFFENDI Hutan persembunyian Vietkong jadi objek wisata di Vietnam.

BUKAN ke China tapi Ho Chi Minh, Vietnam. Pemberitahuan HRD akhirnya mematahkan gosip yang beredar sejak Desember. "Wah, lihat apa ya di sana?" kata mereka yang pada tahun-tahun sebelumnya sudah ke Hongkong, Thailand atau Malaysia. "Ngumpulin ranjau sisa perang sama selongsong peluru Rambo," jawab yang lain bercanda. Tour tahunan perusahaan yang saya ikuti pertama kali ini dibagi dalam 3 group, staf dari berbagai departemen di perusahaan kami. Staf laki-laki boleh membawa istri, tapi anak tidak.

Saya masuk group kedua yang berangkat tanggal 7 April. Maka Kamis pagi pukul 4 itu saya kalang-kabut memberesi rambut yang masih basah karena bus jemputan yang saya kira datang setengah jam lagi sudah berdiri di depan rumah. Kami berangkat ke Bandara Polonia. Berhenti untuk sholat subuh di Perbaungan 1,5 jam setelahnya. Rute hari ini adalah Medan-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Ho Chi Minh dengan pesawat Malaysia Airlines.

Setelah sempat ngopi dan sarapan kami boarding juga pukul 9.00. Saya menikmati penerbangan ke Malaysia ini, menikmati pemandangan indah pramugara-pramugara tampan yang wara-wiri ha-ha-ha… Sampai di Sepang Kuala Lumpur International Airport, transit lumayan lama, kami bisa Dzuhur dulu di sana.

Lumayan ramai siang itu, banyak rombongan umroh dari Medan-Indonesia. Bersama bu Ria dan bu Munthe saya berkeliling area bandara sebentar. Tidak beli apa-apa meski ada coklat aneka rupa. Ibu-ibu itu sempat ngeceng di gerai tas-tas mahal. Oh ya, saya agak ill fill tadi, waktu di pesawat sempat mendengar sepotong instrumentalia lagu Minang diputar di kabin, medley dengan lagu-lagu melayu, ah sudahlah…

Kami keluar Bandara Tan Son Nhat sekitar pukul setengah lima sore, 1 jam 55 menit dari KL. Wow, ramai sekaliii…. bule di mana-mana. Dollar yang kami bawa berganti Vietnam Dong di money changer di samping pintu kedatangan, 1 USD = 20.900 VND. Sambil menunggu bus yang akan mengantar ke hotel Blue Diamond tempat menginap 3 hari itu suasana dihebohkan dengan kegiatan foto-foto. Semua yang berbau Vietnam jadi korban termasuk gadis pencatat antrean taksi yang berbaju tradisional, mendadak jadi model.

13040499341490082579

banyak sepeda motor kayak kita, tapi mereka tertib

Hotel Blue Diamond lumayan bagus. Meski terjepit diantara gedung lain tapi cukup komplit dan nyaman untuk ukuran hotel berbintang 3. Semakin menarik lagi karena ada di pusat keramaian, dekat pasar, dikelilingi toko-toko. Dan tentu kami langsung mencari objek yang tepat untuk shopping! Ha-ha-ha...

Setelah istirahat sebentar, sholat ashar (waktu Vietnam sama dengan Indonesia) kami ke halal restoran untuk makan malam. Masakan melayu, enak tapi sayangnya porsinya sedikit untuk ukuran orang Indonesia, tidak ada “tambuah ciek”, uniknya lagi makanannya datang satu-satu. Habiskan nasi dan ikan lalu baru sayur datang ha-ha-ha….yah, beda bangsa beda cara lah…

13040500021294510455

Halal Restaurant

Menunggu bos-bos yang masih bercengkrama kami bergerombol di depan restoran. Tak lama pedagang souvenir berdatangan. Ada kotak perhiasan, kipas, topi, t-shirt, ayunan gantung. Melihat kami yang bersemangat makin banyak saja pedagang yang datang. Tapi begitulah makin malam harga makin turun, kotak perhiasan yang tadinya ditawarkan Rp 100.000 per buah menjadi Rp 100.000 per 4 buah. Ternyata para pedagang ini juga menerima rupiah. Bu Munthe ngedumel juga karena terlanjur beli satu Rp 50.000, ha-ha-ha…


13040500641348092065

Pagi pertama di depan Blue Diamond

Pagi esok kami diajak ke terowongan pertahanan Vietkong pada masa perang melawan Amerika, Cu Chi Tunnel. Terowongan bersejarah ini berada dipinggir kota. Area yang berupa hutan dan telah disulap agar lebih menarik dikunjungi ini menampilkan satu sisi perang Vietnam, please check http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Vietnam. Terlihat meriam, rudal yang pasti milik Amerika dulunya. Guide menjelaskan berbagai modifikasi senjata dan jebakan yang dibuat bangsanya pada masa itu.

Saya lampirkan beberapa foto di sana, banyak rombongan bule, berkeluarga kayaknya, nenek-kakek cucu….

130405062533495948


Mencoba salah satu lubang persembunyian

13040501891084519588

Penasaran, akhirnya masuk terowongan juga

Hutan persembunyian jadi objek wisata
1304050314691895427

Disuguhi makanan Vietkong, ada teh aroma kenanga

Acara di Cu Chi tunnel ini melelahkan juga. Berkeliling hutan, saya yang single dan muda ini mendadak lebih lincah mencobai terowongan gelap yang ditempuh dengan jalan jongkok. Keringetan plus ngos-ngosan, tapi puass…

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2011/05/05/09351350/Ngos-ngosan.Memasuki.Terowongan.Vietkong

FULL STORY >>

Sevilla, Kota Perpaduan Islam dan Kristen

Setelah Madrid, Barcelona, dan Valencia, Sevilla merupakan kota terbesar keempat di Spanyol. Terletak di antara pegunungan Sierra Morena dan sungai besar Betis atau Guadalquivir (diambil dari bahasa Arab, Guad el Kevir) menjadikan Sevilla sebagai kota yang sangat strategis di Spanyol.

Ciri-ciri yang sangat mudah ditemukan di kota ini adalah keindahan alam, atraksi, makanan, pohon berbunga aneka warna, rumah-rumah berwarna putih kuning, patio, dan monumem-monumen bersejarahnya.

Kota ini dibangun dengan arsitektur romawi oleh bangsa Romawi yang menaklukkan Sevilla di tahun 500 dan arsitektur Arab yang merebut kota ini dari Romawi pada tahun 712. Bangsa Arab memerintah Sevilla dari tahun 712 hingga 1248 atau lebih dari 5 abad.

Tidak mengherankan kota ini merupakan satu dari kota terindah di dunia karena perpaduan tersebut. Seniman-seniman terkenal dunia pun banyak yang berasal dari kota ini, seperti Velazquez, Murillo, Juan de Mesa, Zurbaran, Becquer, Merimee, dan Rossini.

Bangunan-bangunan yang indah menghiasi kota ini dimulai, dari Katedral Giralda yang dibangun pada tahun 1184 pada masa pendudukan Romawi, kemudian sempat dijadikan masjid pada saat pendudukan bangsa Arab, dan akhirnya pada tahun 1558, arsitek terkenal Hernan Ruiz melengkapinya dengan 25 menara bel dan patung yang dinamakan Giraldillo sehingga akhirnya gereja ini dinamakan Giralda.

Gereja ini merupakan gereja terbesar dan terindah ke-3 di dunia setelah St Peter di Roma dan St Paul di London. Namun, Giralda adalah gereja Katolik pertama di dunia karena St Peter merupakan basilika dan St Paul adalah gereja anglikan.

Giralda memang sangat indah karena dibangun dengan gaya arsitektur Arab dan Eropa, mulai gaya Baroque, Renaissance, Gothic, dan Classic mengingat masa pembangunannya yang lebih dari empat abad tersebut. Terdapat dua altar dari kayu berlapis emas dan lainnya berlapis perak hasil dari perjalanan Columbus di benua Amerika.

Apakah karena ini ya Amerika kehabisan emas sampai mengambil gantinya dari Papua melalui perusahaannya, Freeport?

Bicara Columbus, ia merupakan figur yang sangat penting bagi Spanyol dan khususnya Sevilla. Peti matinya pun bisa dilihat di Katedral Giralda yang dipanggul oleh empat orang yang menggambarkan empat suku besar di Spanyol, yaitu Castillian, Cataluna, Aragon, dan Navarro.

Cerita lucu terjadi pada bangsa Spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika. Dia berpikir bahwa benua itu adalah benua Asia sehingga menamakannya La India. Baru pada saat dia meninggal, ahli geografi Spanyol menyadari bahwa benua itu adalah benua lain yang kemudian diberi nama Amerika.

Karena jasanya, tulang-tulang mayat Columbus dibagi-bagi ke negara-negara Dominica, Kuba, dan Spanyol. Namun pada saat Dominica dan Kuba memerdekakan diri, tulang-tulang tersebut dibawa untuk digabung di Sevilla.

Bangunan monumental berikutnya adalah arena adu banteng yang merupakan arena kedua yang dibangun di Spanyol setelah Malaga.

Ada pula istana Alcazar yang merupakan istana raja Arab yang memerintah Sevilla dari abad ke-13 hingga abad ke-16. Dapat dilihat di sini, indahnya seni pahat kayu oleh seniman-seniman yang didatangkan dari Syria, sampai kaligrafi di atas batu marmer dan granit yang sangat spektakuler.

Banyaknya patio di tengah bangunan yang dipadukan dengan air mancur melengkapi keindahan istana tersebut. Bangunan ini dapat dikatakan merupakan Al Hambra versi kecil di Granada.

Sevilla juga dikenal sebagai kota expo dunia dan itu dapat terlihat dari bangunan indah Plaza Espana yang merupakan anjungan Spanyol pada saat expo. Di sana, kita juga dapat melihat anjungan-anjungan indah lainnya dari negara Brasil, Dominika, dan Argentina.

Hal lain yang menjadi ciri khas kota ini adalah taman-taman indah dengan hardscape yang fenomenal, seperti Maria Luisa Park dan Murillo Garden.

Cari makanan enak tapi tidak mengenyangkan? Cari saja tapas dan churros. Hmm... panganan ini enak jika dipadukan dengan secangkir kopi panas atau minuman sangria. Coba deh!

http://travel.kompas.com/read/2011/05/03/18514098/Sevilla.Perpaduan.Islam.dan.Kristen

FULL STORY >>

Perbedaan Es Yang Dibuat Dari Air Matang Dan Mentah

Selasa

Es dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas yang terperangkap di dalamnya. Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini jelas-jelas tidak baik dikonsumsi, terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar.

Es air matang :
Es dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya, es seperti ini disebut es kristal. Sekarang, menurut pengamatan TS, es kristal sudah banyak dipakai, TS nyebut nya es batu bolong, soalnya berbentuk pipa gitu, bolong di tengah.

Bahaya es dari air mentah:
Dalam air mentah ada banyak bakteri e coli (lebih lengkap tentang e coli disini), kita tahu itu. Ada penelitian di Florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet, hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet (lebih lengkap disini). Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia, yang notabenenya es batu dibuat dari air mentah. Ada juga di Jakarta yang pabrik es batunya di dekat kali Ciliwung, memakai air mentah dari sungai dan dicampur dengan pemutih.

http://bacaananda.blogspot.com/2011/04/membedakan-es-yang-terbuat-dari-air.html


FULL STORY >>

Ritual Unik Suku Toraja

Minggu

Oleh Andari Karina Anom

Tana Toraja di Sulawesi Selatan sudah lama terkenal dengan alam pegunungannya yang permai serta ritual adatnya yang unik. Yang paling tersohor, tentu saja, pesta Rambu Solo yang digelar menjelang pemakaman tokoh yang dihormati. Tiap tahun pesta yang berlangsung di beberapa tempat di Toraja ini senantiasa mengundang kedatangan ribuan wisatawan.

Selain Rambu Solo, sebenarnya ada satu ritual adat nan langka di Toraja, yakni Ma’ Nene’, yakni ritual membersihkan dan mengganti busana jenazah leluhur. Ritual ini memang hanya dikenal masyarakat Baruppu di pedalaman Toraja Utara — sebuah kabupaten baru. Biasanya, Ma’ Nene’ digelar tiap bulan Agustus.

Saat Ma’ Nene’ berlangsung, peti-peti mati para leluhur, tokoh dan orang tua, dikeluarkan dari makam-makam dan liang batu dan diletakkan di arena upacara. Di sana, sanak keluarga dan para kerabat sudah berkumpul. Secara perlahan, mereka mengeluarkan jenazah (baik yang masih utuh maupun yang tinggal tulang-belulang) dan mengganti busana yang melekat di tubuh jenazah dengan yang baru.

Mereka memperlakukan sang mayat seolah-olah masih hidup dan tetap menjadi bagian keluarga besar.

Ritual Ma’ Nene’ oleh masyarakat Baruppu dianggap sebagai wujud kecintaan mereka pada para leluhur, tokoh dan kerabat yang sudah meninggal dunia. Mereka tetap berharap, arwah leluhur menjaga mereka dari gangguan jahat, hama tanaman, juga kesialan hidup.

Dari mana asal muasal ritual Ma’ Nene’ di Baruppu? Kisah turun-temurun menyebutkan, pada zaman dahulu terdapatlah seorang pemburu binatang bernama Pong Rumasek. Saat sedang berburu di kawasan hutan pegunungan Balla, bukannya menemukan binatang hutan, ia malah menemukan jasad seseorang yang telah lama meninggal dunia. Mayat itu tergeletak di bawah pepohonan, telantar, tinggal tulang-belulang.

Merasa kasihan, Pong Rumasek kemudian merawat mayat itu semampunya. Dibungkusnya tulang-belulang itu dengan baju yang dipakainya, lalu diletakkan di areal yang lapang dan layak. Setelah itu, Pong Rumasek melanjutkan perburuannya.

Tak dinyana, semenjak kejadian itu, setiap kali Pong Rumasek berburu, ia selalu beroleh hasil yang besar. Binatang hutan seakan digiring ke dirinya. Bukan hanya itu, sesampainya di rumah, Pong Rumasek mendapati tanaman padi di sawahnya pun sudah menguning, bernas dan siap panen sebelum waktunya.

Pong Rumasek menganggap, segenap peruntungan itu diperolehnya berkat welas asih yang ditunjukkannya ketika merawat mayat tak bernama yang ditemukannya saat berburu.

Sejak itulah, Pong Rumasek dan masyarakat Baruppu memuliakan mayat para leluhur, tokoh dan kerabat dengan upacara Ma’ Nene’.

Dalam ritual Ma’ Nene’ juga ada aturan tak tertulis yang mengikat warga. Misalnya, jika seorang istri atau suami meninggal dunia, maka pasangan yang ditinggal mati tak boleh kawin lagi sebelum mengadakan Ma’ Nene’ untuknya.

Ketika Ma’ Nene’ digelar, para perantau asal Baruppu yang bertebaran ke seantero negeri akan pulang kampung demi menghormati leluhurnya. Warga Baruppu percaya, jika Ma’ Nene’ tidak digelar maka leluhur juga akan luput menjaga mereka. Musibah akan melanda, penyakit akan menimpa warga, sawah dan kebun tak akan menghasilkan padi yang bernas dan tanaman yang subur.

http://id.custom.yahoo.com/paling-indonesia/tradisi-unik-artikel/article-ma%E2%80%99-nene%E2%80%99-ritual-unik-suku-toraja-138


FULL STORY >>

Waspadai 9 Cara Pencurian Pasword


Ada banyak cara untuk mendapatkan suatu password. Beberapa diantaranya tidak membutuhkan keahlian khusus. Berikut adalah cara-cara yang paling umum dan paling sering digunakan : …..

[1]. Social Engineering
[2]. KeyLogger
[3]. Web Spoofing
[4]. Menghadang Email
[5]. Password Cracking
[6]. Session Hijacking
[7]. Menjadi Proxy Server
[8]. Memanfaatkan Kelalaian User Dalam Penggunaan FiturBrowser
[9]. Googling

[1]. Social Engineering
Social Engineering adalah nama suatu tehnik pengumpulan informasi dengan memanfaatkan celah psikologi korban. Atau mungkin boleh juga dikatakan sebagai 'penipuan' Sosial Engineering membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian agar sang korban tidak curiga. Kita dituntut untuk kreatif dan mampu berpikiran seperti sang korban.

Social Engineering merupakan seni 'memaksa' orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan harapan atau keinginan anda. Tentu saja 'pemaksaan' yang dilakukan tidak secara terang-terangan atau diluar tingkah laku normal yang biasa dilakukan sang korban. Manusia cenderung untuk percaya atau mudah terpengaruh terhadap orang yang memiliki nama besar, pernah (atau sedang berusaha) memberikan pertolongan, dan memiliki kata-kata atau penampilan yang meyakinkan. Hal ini sering dimanfaatkan pelaku social engineering untuk menjerat korbannya. Seringkali sang pelaku membuat suatu kondisi agar kita memiliki semacam ketergantungan kepadanya.Ya, tanpa kita sadari dia mengkondisikan kita dalam suatu masalah dan membuat ( seolah – olah hanya ) dialah yang bisa mengatasi masalah itu. Dengan demikian,tentu kita akan cenderung untuk menuruti apa yang dia instruksikan tanpa merasa curiga.

Sosial Engineering adakalanya menjadi ancaman serius. Memang sepertinya tidak ada kaitan dengan teknologi, namun sosial engineering tetap layak diwaspadai karena bisa berakibat fatal bagi sistem anda. Why?? Karena bagaimanapun juga suatu komputer tetap saja tidak bisa lepas dari manusia. Ya, tidak ada satu sistem komputerpun di muka bumi ini yang bisa lepas dari campur tangan manusia. sehebat apapun pertahanan anda, jika anda sudah dikuasai oleh attacker melalui social engineering, maka bisa jadi anda sendirilah yang membukakan jalan masuk bagi sang attacker.

[2]. KeyLogger
KeyLogger adalah software yang dapat merekam aktivitas user. Hasil rekaman itu biasa disimpan berupa teks atau gambar. KeyLogger bekerja berdasarkan ketukan keyboard user. Aplikasi ini mampu mengenali form-form sensitif seperti form password misalnya.

Ada cara aman untuk menghindari keyloger:
1. Gunakan password dengan karakter special seperti !@#$%^&*(){}[]. Kebanyakan keyloger akan mengabaikan karakter ini sehingga sang pelaku (pemasang keyloger) tidak akan mendapatkan password anda yang sebenarnya.

2. Persiapkan password dari rumah, simpan dalam bentuk teks. Saat ingin memasukkan password, tingal copy-paste ajah. Keyloger akan membaca password anda berdasarkan ketukan keyboard. Namun cara ini agak beresiko. Mengapa? karena saat anda melakukan copy, data anda akan tersimpan di clipboard. Saat ini banyak dijumpai software-software gratis yang bisa menampilkan data dalam clipboard.

[3]. Web Spoofing
Masih ingat kasus pecurian Account sejumlah nasabah Bank BCA? Ya, itulah salah satu contoh nyata dari Web spoofing. Inti dari tehnik ini ialah dengan memanfaatkan kesalahan user saat mengetikkan alamat situs pada address bar. Pada dasarnya, Web Spoofing adalah usaha untuk menipu korban agar mengira dia sedang mengakses suatu situs tertentu, padahal bukan.

Pada kasus bank BCA, pelaku membuat situs yang sangat mirip dan identik dengan situs aslinya sehingga sang korban yang terkecoh tidak akan merasa ragu mengisikan informasi sensitif seperti user name dan Passwordnya. Padahal, karena situs tersebut adalah situs tipuan, maka semua informasi berharga tadi terekam oleh webserver palsu, yaitu milik sang pelaku.

[4]. Menghadang Email
Menghadang email? Ya, dan sangat mudah untuk melakukan hal ini. Salah satu cara adalah dengan menggunakan mailsnarf yang terdapat pada utility dsniff. Cara kerja Mailsnarf adalah dengan menghadang paket data yang lewat di Internet dan menyusunnya menjadi suatu email utuh.

Dsniff dan mailsnift merupakan software bekerja atas dasar WinPcap (setara dengan libcap pada Linux) yaitu suatu library yang menangkap paket-paket data. Paket-paket yang ditangkap ini akan disimpan dalam bentuk file oleh Windump, sedangkan Dsniff dan MailSnarf bertindak lebih jauh lagi yaitu menganalisa paket-paket data ini dan menampilkan password (dsniff) atau isi email (mailsnarf).

[5]. Password Cracking
'Hacking while sleeping.' itulah ungkapan yang biasa dipakai oleh orang-orang yang melakukan password cracking. Mengapa? Karena pada umumnya dibuthkan waktu yang lama untuk melakukan pasword cracking. Bisa berjam-jam, bahkan berhari – hari! Semua itu tergantung dari target, apakah sang target menggunakan password yang umum, password memiliki panjang karakter yang tidak biasa, atau password memiliki kombinasi dengan karakter-karakter special.

Salah satu software yang biasa digunakan untuk melakukan hal ini ialah dengan mengunakan Brutus, salah satu jenis software remote password cracker yang cukup terkenal. Brutus bekerja dengan teknik dictionary attack atau bruce-force attack terhadap port-port http, POP3,ftp, telnet, dan NetBIOS.

Dictionary Attack bekerja dengan mencobakan kata-kata yang ada dalam kamus password. Sedangkan brute – force attack bekerja dengan mencobakan semua kombinasi huruf, angka, atau karakter.

Brute Force Atack bekerja sangat lambat dan membutuhkan waktu yang lama tergantung dari jenis spesifikasi komputernya dan panjang karakter passwordnya. Saat ini telah banyak situs yang menutup akses terhadap akses terhadap usaha login yang secara terus-menerus tidak berhasil.

[6]. Session Hjacking
Session hijacking dewasa ini semakin marak dikalangan para attacker. Session Hijacking biasa dilakukan dengan melakukan peniruan cookies. Jadi pada intinya, kita harus bisa meniru cookies sang korban untuk mendapatkan sesi loginnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan cookies sang korban?

1. Dengan analisa Cookies.
Cara ini relatif sulit dilakukan.
2. Mencuri Cokies.
Misalnya Sang Attacker ingin mendapatkan account si A. Sang Attacker bisa dengan mudah membuat semacam script Java Script yang disisipkan dalam email untuk dikirim ke korban.Saat korban membuka email itu, tanpa sadar cookiesnya akan dicuri dan direkam ke suatu webserver dengan memanfaatkan suatu script PHP.

Belakangan ini yang paling sering menjadi incaran adalah account Friendster. Ada yang menyisipkan suatu scipt lewat testimonial, ada yang menyisipkannya di profilnya sendiri untuk mencuri cookies sang korban dan lain sebagainya. Saya memiliki tips untuk ini:

1. Jangan menggunakan browser Internet Explorer
Saat ingin membuka profil orang lain, jangan menggunakan Internet Explorer. Catat alamat profil yang ingi anda lihat,logout terlebih dahulu dari account anda dan bersihkan semua cookies, baru kemudian bukalah profil Friendster tujuan.

2. Periksa Source CODEnya
Ketika menerima testimonial, periksa terlebih dahulu source codenya. Apakah disana terdapat script asing atau kata-kata yang identik dengan pembajakan seperti :

'HACKED', 'DEFACED', 'OWNED'.. dll..
Jika ragu-ragu……. reject ajah..

3. LogOUT tiba-tiba.
Waspada ketika tanpa suatu alasan yang jelas tiba-tiba anda logout dengan sendirinya dari account anda. Saat anda diminta memasukkan username dan password, lihat dulu addressbar anda! apakan anda sedang berada di situs yang semestinya atau tidak. Periksa source code halaman tersebut.Lihat pada form action, kemana informasi anda nantinya akan dikirim.

Sebenarnya session hijacking bisa dicegah jika saja sang penyedia layanan memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menetapkan session identifier yang unik
2. Menetapkan sistem identifier berpola acak
3. Session identifier yang independen
4. Session identifier yang bisa dipetakan dengan koneksi
client side.
Fenomena lain adalah, hingga saat artikel ini diterbitkan, ternyata masih banyak dijumpai para user yang tidak melakukan sign out setelah membuka accountnya. Dengan demikian, orang lain yang mengunakan komputer itu dan membuka website yang sama dengan yang telah dibuka oleh orang pertama akan otomatis login ke account sang korban.

[7]. Menjadi Proxy Server
Kita bisa mengumpulkan informasi dengan menjadi proxy server bagi korban untuk dapat berselancar. Dengan menjadi proxy server, seluruh identitas sang peselancar bisa menjadi milik kita.

[8]. Memanfaatkan Kelalaian user dalam penggunaan fiturbrowser
Setiap browser tentunya memiliki fitur yang ditujukan untuk kemudahan dan kenyamanan penggunanya dalam berselancar. Diantaranya ialah dengan adanya cache dan Password Manager.

Di Internet tentunya banyak suatu website yang isinya tidak berubah dalam beberapa hari (Contohnya spyrozone.tk nich.. hehehe Nah, untuk situs yang seperti ini cache menjadi hal yang sangat berguna. Cache akan menyimpan file-file hasil browsing sehinga nantinya jika anda berkunjung lagi ke situs tersebut browser tidak perlu lagi melakukan download untuk kedua kalinya dari server sehingga setiap halaman situs yang telah anda buka sebelumnya akan terbuka dengan lebih cepat. Semua itu biasanya diatur oleh header time to live.

Lho, bagaimana dengan situs-situs penyedia berita yang selalu up to date? Untuk site yang seperti itu, time to live-nya akan di set=0 sehinga nantinya anda akan terus melakukan download setiap kali berkunjung.

Cukup nyaman bukan? Ya, tapi ancaman mulai timbul. Cobalah kini anda jelajahi opsi-opsi yang berkaitan dengan cache pada browser anda. Tentu anda bisa menemui bahwa ada fasilitas untuk menentukan berapa besarnya file temporary yang bisa disimpan di harddisk. Cari juga lokasi dimana file-file tersebut akan disimpan.

Coba anda buka folder tersebut, anda akan menemui file-file html & file-file gambar dari site-site yang sudah anda kunjungi. Pada Browser IE, anda bisa melihat lokasi file cache dengan menjelajahi menu Tools — Internet options — Settings

Lalu apa yang bisa didapatkan?? toh cuma file-file 'sampah'?? Hmm… sekarang coba anda copy semua file yang ada di sana ke suatu folder. Lalu bukalah salah-satu file htmlnya. Jika itu komputer publik,anda bisa mengetahui situs apa saja yang telah diakses oleh oleh orang sebelum anda.

Hmm.. hanya dengan melihat file temporary anda bahkan bisa melihat password dan dll. Banyak saya temui situs yang menyimpan password dan menampilkannya pada url. Tentunya anda juga pasti sering membacanya di berbagai tutorial.

Kebanyakan browser pada saat ini memiliki fasilitas untuk menyimpan password. Misalnya saat meggunakan Mozilla Firefox, anda pasti sering menerima kotak dialog konfirmasi yang menanyakan apakah anda ingin password anda disimpan atau tidak oleh PasswordManager. Kebanyakan user cenderung untuk memilih opsi YES, entah itu dengan penuh kesadaran atau memang mereka tidak tau ( baca: tidak mau tau) apa maksud dari kotak dialog itu.

Orang lain yang kemudian mengunakan browser itu bisa dengan sangat mudah mendapatkan password korban dengan memasuki menu Tools — Options — Security – Saved password.

Contoh lain adalah fasilitas wand password yang dimiliki oleh browser Opera. Saat anda memasukkan user name dan password pada suatu form dan menekan tombol submit, opera secara default akan meminta konfirmasi kepada anda apakah anda ingin browser menyimpan id dan password anda atau tidak. Lagi dan lagi… kebanyakan netter ceroboh, mereka cenderung untuk memilih opsi 'YES'.

Lalu?? Orang lain yang kemudian menggunakan browser itu bisa melihat situs apa saja yang telah diakses oleh user, arahkan browser ke situs tersebut, letakkan cursor pada form isian user name, tekan [ALT]+[ENTER] dan BOOOMM!!!! Kenapa?? Jangan kaget dulu!! Hehehe.. form login akan otomatis terisi dengan user name korban lengkap dengan passwordnya (It's fun enough..

Ini hanya sebagian kecil contoh, jelajahi fitur-firtur browser lain!

[9]. Googling
Google.com. Banyak sudah situs yang runtuh, password dan nomor – nomor kartu kredit yang dicuri akibat dari ulah orang yang menyalahgunaan kesaktiannya Dahulu, hal ini mudah dilakukan.Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan user name dan password, anda bisa memanen ratusan password user melalui google. Tapi sekarang tampaknya anda harus gigit jari jika menggunakan cara diatas.

Jangan sedih dulu karena Google baru saja menelurkan produk barunya, yaitu Google Code Search. Ancaman baru mulai timbul, 'si pintar' ini kini dapat meng-crawl hingga kepada archive file yang berada di public directory web server. Hati-hati yang punya kebiasaan untuk menyimpan informasi penting di dalamnya (password, dan info berharga lainnya) Sebaiknya mulai sekarang kebiasaan itu dihilangkan. Selalu proteksi folder-folder yang sensitif agar situs anda bisa hidup lebih lama. Kalo nggak… yach.. tunggu ajah ada orang yang memanfaatkan produk baru google ini untuk mengeruk informasi sensitif dari web server anda. dan jika itu sudah terjadi… maka bersiaplah.. 'taman bermain' anda akan diambil alih olehnya..

sumber


FULL STORY >>

Cara Belut Listrik Menghasilkan Aliran Listrik Di Tubuhnya

http://4.bp.blogspot.com/_GZhVRz6yU3o/TQXB660UAII/AAAAAAAAAcY/9rTWnDsIRLQ/s1600/BELUT+LISTRIK.jpg

Tuhan telah menunjukkan segala kebesarannya, menciptakan belut yang mempunyai aliran listrik di tubuhnya. Berbagai macam mahkluk diciptakan memiliki kelebihannya masing-masing, dari sifat yang wajar hingga yang tak wajar.

Beberapa ratus spesies ikan memiliki organ penghasil listrik, namun hanya sedikit yang dapat menghasilkan daya listrik yang sangat kuat. Organ penghasil listrik yang dimiliki oleh kebanyakan ikan tersusun dari sel saraf dan sel otot yang telah mengalami perubahan penting.

Bentuk organ listrik seperti piringan kecil yang memproduksi lendir disebut elektrosit, tersusun dan menyatu di bagian atas dari susunan lain yang sejajar. Pada umumnya, semua piringan menghadap arah yang sama yang memuat 150 atau 200 piringan setiap susunannya.

Misalnya, pada ikan torpedo terdapat 140 sampai 1000 piringan listrik pada setiap kolom. Pada ikan torpedo yang sangat besar, jumlah seluruh piringan sampai setengah juta.


http://2.bp.blogspot.com/_jXvSDllTodo/TH0IZW-pFRI/AAAAAAAAAOk/Avw0zYMzZq4/s1600/1.jpg


Prinsip kerja piringan listrik ini mirip dengan cara kerja baterai. Ketika ikan beristirahat, otot-otot yang tidak berhubungan belum aktif. Namun jika menerima pesan dari saraf, akan segera bekerja secara serentak untuk mengeluarkan daya listrik.

Pada saat itu, voltase semua piringan listrik atau elektrosit menyatu, sehingga mampu menghasilkan daya listrik sampai 220 volt pada ikan torpedo atau sampai 650 volt pada belut listrik yang memiliki nama ilmiah electrophorus electricus .

Pada umumnya semua spesies ikan tawar hanya menghasilkan listrik ringan, kecuali sembilang listrik dan belut listrik. Ikan listrik yang hidup di laut memiliki tenaga listrik yang lebih kuat dan berbahaya, karena air laut mengandung garam yang membuat dirinya lebih tahan terhadap arus listrik. Posisi dan bentuk organ listrik ini bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Selain ikan yang dipersenjatai dengan muatan listrik potensial, ada jenis ikan lain pula yang menghasilkan sinyal bertegangan rendah 2 hingga 3 volt. Jika ikan-ikan ini tidak menggunakan sinyal listrik lemah semacam ini untuk berburu atau mempertahankan diri, lalu digunakan untuk apa?




Ikan ini memanfaatkan sinyal lemah ini sebagai alat indera. Tuhan menciptakan sistem indera dalam tubuh ikan ini, yang menghantarkan dan menerima sinyal-sinyal tersebut.

Ikan ini menghasilkan pancaran listrik dalam suatu alat khusus di ekornya. Listrik ini dipancarkan melalui ribuan pori-pori di punggung makhluk ini dalam bentuk sinyal yang untuk sementara menciptakan medan listrik di sekitarnya.

Benda apapun dalam medan ini membiaskannya, sehingga ikan ini mengetahui ukuran, daya alir dan gerak dari benda tersebut. Pada tubuh ikan ini, ada pengindera listrik yang terus menentukan medan ini seperti halnya radar.

Pendeknya, ikan ini memiliki radar yang memancarkan sinyal listrik dan menerjemahkan perubahan pada medan yang disebabkan oleh benda yang menghambat sinyal-sinyal di sekitar tubuhnya. Ketika kerumitan radar yang digunakan oleh manusia masih kita kembangkan, penciptaan mengagumkan dalam tubuh ikan seperti ini akan menjadi jelas.


http://4.bp.blogspot.com/_jXvSDllTodo/TH0JDLxkzMI/AAAAAAAAAO0/6FbBx5Gnaro/s1600/1.jpg


Bentuk tubuh belut listrik unik, hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah.

Tegangan listrik tiap baterai kecil ini tidak besar, tetapi kalau semua baterai dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt (bandingkan dengan batu baterai yang hanya 1,5 volt).

Ujung ekor bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negatif. Belut listrik dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar.

Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. Tetapi ketika berhadapan dengan musuh atau mangsanya, belut listrik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh atau mangsanya itu.


http://3.bp.blogspot.com/_jXvSDllTodo/TH0JUnrlM6I/AAAAAAAAAO8/_CnEpRcqEVo/s1600/1.gif


Arus listrik sekitar 1 ampere yang ditimbulkan oleh tegangan listrik yang tinggi ini, akan mengalir dan membunuh mereka. Namun, hewan lain tidak terganggu, karena mereka tidak bersentuhan langsung dengan ekor dan kepala belut.

Sumber : apakabardunia.com


FULL STORY >>

Seragam Militer NATO Made In Indonesia

Pernahkah anda menduga bahwa seragam militer anggota NATO dibuat oleh anak bangsa? Ternyata, puluhan hingga ratusan ribu anggota militer di sejumlah negara, baik Eropa, Amerika, dan Asia termasuk anggota militer dalam negeri, mengenakan seragam buatan pabrik tekstil yang berlokasi di salah satu sudut kota di Kabupaten Sukoharjo.


Produk tekstil PT Sri Rejeki Isman (Sritex) ini diakui telah memenuhi standar North Atlantic Treaty Organization (NATO) sehingga dipercaya memproduksi seragam militer anggota NATO. Tidak hanya seragam, tetapi juga seragam tempur, jaket, cover all, rompi, tenda, sepatu dan lain-lain.


Hingga awal 2010 ini, PT Sritex melayani pembuatan seragam militer untuk 25 negara, yakni, Indonesia, Australia, Brunei, Kamboja, Siprus, Inggris, Jerman, Kuwait, Lebanon, Nepal, Oman, Papua, Filipina, Qatar, Singapura, Somalia, Sudan, Swiss, Arab, Zimbabwe, Austria dan terakhir Timor Leste. Karena masuk pasar ekspor, harga jual produk di luar negeri pun menyesuaikan.

Corporate Secretary PT Sritex, M. Taufik Adam, saat menunjuk salah satu jaket militer anti infra red yang siap dikirim ke Jerman, mengatakan satu jaket itu di jual dengan harga rata-rata US$150 atau senilai Rp 1.395.000 (1US$=Rp 9.300). ”Tapi, kalau di pasang di outlet di Solo, mungkin hanya Rp 150.000 per jaket,” ujar Taufik membandingkan. Begitu pula dengan seragam militer yang siap dikirim ke Abu Dhabi. ”Kalau seragam ini, di jual ke Abudhabi dengan harga rata-rata US$300.”

Untuk proses pengerjaan, dilakukan secara parsial atau per komponen. Misalnya, satu tenaga kerja hanya bertugas membuat pola saja, memasang kancing baju saja, membuat mata itik saja dan seterusnya. Taufik menambahkan, memproduksi seragam militer ini lebih memiliki tingkat kesulitan di banding produk garmen lainnya. Sehingga, satu kali proses perlu ada quality control. ”Pengerjaan harus lebih detail dan disesuaikan dengan desain yang diminta masing-masing negara.”

sumber : IndonesiaProud


FULL STORY >>