Pulau-pulau Terbesar Dunia

Sabtu

1. Greenland ( Tanah Hijau )

Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km². Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk


2. Papua
Pulau Papua atau Irian atau Guinea Baru (Bahasa Inggris: New Guinea) adalah pulau terluas kedua di dunia dengan luas 800.000 km² yang terletak di sebelah utara Australia.

Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Istilah "Papua" digunakan untuk merujuk kepada pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata New Guinea, nama yang diberikan oleh orang Barat, yang di-Indonesiakan. Mereka dahulu berpendapat bahwa tanah Papua mirip Guinea, sebuah wilayah di Afrika. Jadi mereka sebut Guinea baru.

Istilah "Papua" sekarang juga digunakan untuk merujuk kepada provinsi di Papua bagian barat yang dikuasai oleh Indonesia, yaitu Papua dan Papua Barat.

Di pulau ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (5.030 m)



3. Kalimantan
Kalimantan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah Barat Pulau Sulawesi. Terbagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia dan Malaysia. Merupakan pulau terluas ke tiga di dunia dengan luas 726.000 km²

Seringkali pulau ini secara keseluruhan disebut Borneo sedangkan wilayah Indonesia disebut Kalimantan, lalu wilayah Malaysia disebut Sarawak dan Sabah. Selain itu ada pula kesultanan Brunei. Pada zaman dahulu, Borneo adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda, sedangkan nama pulau Kalimantan digunakan oleh penduduk Indonesia. Dalam bahasa Indonesia dahulu, Kalimantan Utara adalah sebutan untuk Borneo Utara (Sabah), tetapi dalam pengertian sekarang Kalimantan Utara adalah Kalimantan Timur bagian utara. Jadi dalam arti luas Kalimantan meliputi seluruh pulau Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.




4. Madagaskar, Afrika
Pulau Madagaskar adalah sebuah pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia dengan luas 578.000 km².
Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.

Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.




5. Baffin, Kanada
Pulau Baffin adalah anggota terbesar dari Kepulauan Arctic Kanada. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kanada dan pulau terbesar kelima di dunia, dengan luas 507.451 km2 (195.928 sq mi) dan memiliki populasi 11.000 Jiwa(2006), Dinamai setelah dijelajahi penjelajah Inggris William Baffin.

Pada bulan September 2008, Nunatsiaq News melaporkan adanya arkeologi sisa-sisa benang, tikus, penghitungan tongkat, kayu berukir budaya Dorset masker Kaukasia menggambarkan fitur, dan kemungkinan arsitektur tetap, yang menempatkan pedagang Eropa dan mungkin pemukim di Pulau Baffin sejak AD 1000.




6. Sumatra, Indonesia
Sumatera (juga dieja Sumatra) yang terletak di Indonesia, merupakan adalah pulau keenam terbesar di dunia, dengan luas 443.065,8 km2. Penduduk pulau ini sekitar 42.409.510 jiwa (2000).

Di Sumatera pernah terdapat kerajaan Samudera (sekarang Aceh). Konon pada kunjungannya ke pulau tersebut Ibnu Batutah (cendekiawan Islam asal Maroko) selalu melafalkan kata Samudera menjadi Sumatera, semenjak saat itu nama Sumatera dikenal luas sebagai nama pulau tersebut.

Selain dikenal dengan nama Sumatra, pulau tersebut dikenal dengan nama pulau Andalas atau pula Suwarnadwipa. Suwarnadwipa artinya ialah "pulau emas". Naskah Negarakertagama dari abad ke-14 menyebut "Bumi Malayu" untuk pulau ini.




7. Honshu, Jepang
Honshū (本州) adalah pulau terbesar Jepang. Ia terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Jika diukur dengan seluruh dunia, Honshu merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia dan pulau terpadat kedua di dunia setelah Jawa.

Panjang Honshu sekitar 1.300 km dan lebarnya bervariasi antara 50 hingga 230 km. Total wilayahnya adalah 230.500 km², sekitar 60% total luas wilayah Jepang. Garis pantainya sepanjang 5.450 km.

Honshu yang bergunung dan banyak mempunyai gunung berapi sering dilanda gempa bumi (Gempa Bumi Besar Kanto pada September 1923 merusak Tokyo dengan berat); puncak tertingginya ada di Gunung Fuji (3.776 m) yang berapi dan masih aktif. Terdapat banyak sungai termasuk Sungai Shinano, sungai terpanjang di Jepang.

Jumlah penduduknya adalah 98.352.000 (pada 1990, 89.101.702 (1975)); kebanyakan bermukim di dataran rendah, terutama di Hamparan Kanto di mana 25% dari seluruh penduduk tinggal dan di sekitar Tokyo dan Yokohama. Kota lainnya termasuk Kyoto, Osaka, Kobe, Hiroshima, Sendai, dan Nagoya. Pulau ini biasanya dibagi menjadi lima daerah dan berisi 34 prefektur, termasuk Tokyo metropolitan.

3/4 dari kota-kota besar dan modern Jepang, termasuk 23 distrik khusus Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kobe, Kyoto, Akita, Sendai, Fukushima, Niigata, dan Hiroshima. Pusat budaya juga terletak di Honshu, seperti Kyoto (yang modern namun juga menyimpan bersifat kebudayaan), Nara, dan Kamakura.




8. Britania Raya
Britania Raya adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat sebelah barat laut. Pulau ini memiliki luas 218.595 km² dan secara keseluruhan merupakan wilayah Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Di pulau ini terletak tiga negara bagian atau wilayah negara kesatuan ini yaitu: Skotlandia, Inggris dan Wales.

Britania Raya disebut Raya untuk membedakannya dengan Britania yang lain yaitu région Bretagne di Perancis. Nama Britania Raya berasal dari bahasa Perancis Grand-Bretagne. Dan karena bahasa resmi pemerintahan Inggris mulai dari tahun 1066 adalah bahasa Perancis, maka nama ini dipakai terus sampai bahasa Inggris menjadi bahasa resmi kembali. Oleh para sejarawan nama "Bretayne the grete" dipakai pada tahun 1338. Namun secara resmi nama ini baru dipakai oleh raja James I (James VI of Scots and I of England and Ireland) pada 20 Oktober 1604. Kala itu ia menyatakan sumpah bahwa ia adalah "Raja Britania Raya" dan tidak hanya "Skotlandia" dan "Inggris" saja sebab Wales juga termasuk wilayahnya.




9. Pulau Victoria, Kanada
Pulau Victoria merupakan salah satu dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest, Kanada. Ini merupakan salah satu pulau terbesar di dunia, dan dengan ukuran 217,291 km persegi menjadikannya pulau kedua terbesar di Kanada, dua kali besarnya Newfoundland. Sepertiga bagian barat dari pulau ini merupakan bagian dari Inuvik, Teritori Northwest dan sisanya merupakan bagian dari Kitikmeot, Nunavut. Selat Lebar Melville terletak di sebelah utara, dan Kanal Clintock serta Selat Victoria di sebelah timur. Bagian Teritori Northwest berlanjut ke daratan di seberang selatan, Selat Pease. Di barat terdapat Gurun Amundsen dan Pulau Banks.

Populasi penduduk pulau ini adalah 1,707; 1,309 di Nunavut dan 398 di Teritori Northwest (2001). Kependudukan terbesar, Semenanjung Cambridge, terletak di pesisiran sebelah tenggara. Holman ada di pesisiran sebelah barat.

Walau Pulau Victoria terletak di Kanada, ini bukan berarti pulau ini dekat kota Victoria, British Columbia, Kanada; Kota tersebut terletak di Pulau Vancouver yang juga sebaiknya tidak disamakan dengan letak dari Vancouver, British Columbia ataupun dengan letak dari kota Vancouver, Washington, A.S., yang juga tidak jauh dari sana.



10. Ellesmere, Kanada
Pulau Ellesmere adalah bagian dari Qikiqtaaluk Daerah di provinsi Nunavut di Kanada. Ianya terletak di Kanada Arctic Laut dan pulau milik Kepulauan Ratu Elizabeth. Cape Columbia adalah titik paling utara dari Kanada. Kawasan pulau adalah 196,235 km ². Kebanyakan dari pulau zabýrají Arctic Kordiléry, sangat bergunung-gunung. Arctic willow adalah pohon hanya tumbuh di pulau itu. Yang pertama adalah penduduk sekitar tahun 1000 - 2000 misalnya, n l. pemburu karibu, muskox, dan mamalia laut. Lebih dari lima pulau terdiri dari Taman Nasional Quttinirpaaq dengan fjords, glaciers dan danau Danau Hazen, danau terbesar di Amerika Utara Arctic Circle.


FULL STORY >>

Tips Sahabatan Sama Cewek

Sahabatan sama cewek tuh asik, soalnya cewek perhatiannya lebih gede. Cuma sobatan sama cewek susah-susah gampang, jack. Pasalnya, berantem dikit aja rentan bubaran (alias musuhan)! Makanya elo mesti pinter-pinter menjaga hubungan persahabatan.

Sahabatan sama cewek nggak sama rasanya dengan sahabatan sama cowok. Soalnya, ada beberapa perbedaan khas antara karakter cewek pada umumnya dengan karakter cowok pada umumnya. Perbedaan-perbedaan ini kadang suka jadi benturan. Lantaran beda pikiran, kita dan sobat pun jadi salah paham. Ngotot-ngototan atau diem-dieman sampe akhirnya hubungan persahabatan jadi renggang.

Mestinya sih keadaan ini nggak perlu terjadi. Toh, biarpun berbeda kita masih bisa kok cari jalan tengah untuk menyelesaikan masalah. Tapi yang paling asik ya mencegah jangan sampe ada clash. So, gimana caranya supaya kita bisa menghindari clash sama sobat cewek? Baca do’s and don’t dibawah ini!

Yang boleh di lakukan:

1. Curhat!
Man, lo tau kan kalo cewek itu lebih perasa daripada cowok? Makanya mereka ini asik banget buat diajak berbagi rasa. Mereka sendiri juga ngerasa lebih dibutuhin kalo lo mau nyeritain segala kebahagiaan, kesedihan, juga kemarahan lo.

2. Bersikap melindungi.
Sobat cewek lo tergolong “mahluk” yang lembut? Atau termasuk cewek tough dan mandiri? Gimanapun karakternya, satu hal yang perlu lo inget, yang namanya cewek tetap ingin dilindungi sama cowok, apalagi sama sang sahabat. Soalnya, lo kan orang yang paling deket sama dia, lebih deket mungkin ketimbang pacarnya. Jadi sebisa mungkin lo jagain deh dia, terutama dari pengaruh-pengaruh “setan” disekitarnya.

3. Ngertiin saat-saat sensitifnya.
Udah rahasia umum kalo cewek itu sensitif dan gampang berubah mood. Gawatnya, dalam satu bulan ada beberapa hari yang cewek jauh lebih sensitif (hmm, tau kan lo kapan saat-saat itu? Kalo nggak tau, biasanya dia sensitif saat lagi “dapet”). Nah, kalo sobat cewek lo lagi sensitif gini, mending nggak usah cari gara-gara deh. Kalo dia tiba-tiba jutek atau diem kayak patung, ya dimaklumi aja lah. Bersikap cool adalah jalan paling aman.

4. Kalo lo punya pacar, jangan lupa dikenalin.
Ini bisa jadi sumber masalah dikemudian hari. Dude, pacar lo kan cewek, sobat lo juga cewek. Cewek sama cewek kalo deket sama satu orang cowok yang sama, rentan kena “penyakit” jealous. Biarpun status keduanya jelas-jelas berbeda, tapi kalo salah satu ngerasa elo lebih mentingin yang lain, pasti yang satu lagi langsung merasa disisihkan. Jadi sebelum kondisi nggak enak ini terlanjur terjadi, mending dari awal lo kenalin deh pacar lo ke sobat cewek lo. Terus, usahakan supaya mereka juga deket satu sama lain.

5. Biasain ngomong jujur.
Di pikiran sebagian besar kaum hawa udah kadung bercokol doktrin bahwa cowok itu suka omdo. Jago ngeles dan jago nyenengin hati perempuan lewat kata-kata. Padahal kadang-kadang lain di mulut lain yang dikerjain. Sebagai sobat sebisa mungkin hindari deh kebiasaan omdo ini. Kalo elo lagi nggak nyaman ngomong atau jalan bareng sobat lo, bilang aja terus terang alasannya. Nggak usah takut-takut, dia pasti bakal lebih ngerti deh. Soalnya, perasaan deketnya seorang sobat beda kok dengan perasaan deketnya seorang pacar.

Yang tidak boleh dilakukan:

1. Jangan mengkritik terlalu keras.
Kalo ada kelakuan atau omongan sobat cewek lo yang nggak kena di hati, sah-sah aja kalo elo berniat mengkritiknya. Cuma aja, tolong deh cara nyampeinnya jangan terlalu to the point. Soalnya, seperti yang udah sering dibilang di atas, cewek itu “mahluk” yang sensitif, cewek itu “mahluk” yang perasa! Makanya kalo elo kelewat keras menyampaikan kritik, sobat lo bukannya jadi ngerti, malah mikir yang nggak-nggak. Jadi, mending lo ajak dia berdiskusi dan giring pikirannya supaya dia bisa menanggapi complain lo dengan lebih rasional.

2. Jangan cuekin pendapatnya.
Setiap orang selalu butuh second opinion, apalagi kalo lagi kebelit masalah. Nah, sobat adalah orang yang paling tepat dimintai pendapat, karena dia pasti lebih kenal kita ketimbang temen yang lain. Cuma aja, karena sobat cewek mikirnya suka lebih banyak dengaan perasaan, pendapat yang diutarakannya kadang nggak seperti yang kita mau. Tapi, pendapat mereka belum tentu nggak bener kok. Kalo lo teliti lagi lebih jauh, pasti di antara sekian banyak pendapatnya ada aja yang bener dan bisa dipake. So, kalo sobat lo ngasih pendapat, jangan buru-buru nolak atau nyuekin.

3. Jangan paksa dia ngikutin semua kegiatan lo.
Cewek yang bisa jadi sobat lo pasti orangnya asik. Bisa ngerti dunia cowok dan bisa beradaptasi dengan lifestyle cowok. Tapi, sebisa-bisanya sobat cewek lo ngikutin aktivitas elo, nggak semuanya lah bisa dia ikuti. Biar gimanapun ada aja kebiasaan atau kegiatan cowok yang nggak bisa dia terima dan dia nikmati. Dan elo harus menghargai ini. Toh, elo juga kayak gitu. Elo juga nggak bakal betah kan seharian muterin mal cuma buat window shopping atau duduk berjam-jam di cafe dengan acara ngegosip doang.

4. Jangan cuekin dia saat curhat.
Kalo lo lagi curhat, sobat cewek lo pasti bakal duduk anteng dan selalu menunjukkan tampang perhatian. Yup, katanya sih cewek emang pendengar yang baik ketimbang cowok. Mereka tuh lebih sabar lho. Tapi, saat dia curhat, dia juga pengen orang yang dijadiinnya “tong sampah” bersikap seperti itu. Makanya elo mesti bisa begitu. Yah, emang sih kadang-kadang bete juga, apalagi kalo isi curhat doi mellow banget. Tapi jangan dicuekin lah, kasian! Mending elo coba alihkan pembicaraan aja.

5. Jangan coba-coba merayunya.
Jack, namanya cowok berhadapan sama lawan jenis kadang-kadang suka aja muncul pikiran iseng. Alih-alih pengen ngetes, coba-coba deh ngeluarin jurus-jurus pemikat. Eits, don’t do this! Cewek tuh punya satu kelemahan, gampang terbuai gombalan cowok. Sekali aja rayuan lo kena dihatinya bisa-bisa perasaan dia ke elo berubah, tadinya sobatan sekarang pengen jadi pacar! Kalo begini kan bisa runyam coy. Iya kalo elo beneran cinta, lha kalo nggak, gimana nolaknya?


FULL STORY >>

Password Laptop Dengan Scan Wajah

Jumat

Veryface Recognition adalah software yang berfungsi sebagai password yang akan memproteksi komputer anda dari ancaman pembobolan.

Kalau biasanya komputer dilengkapi dengan password kombinasi angka dan huruf, tetapi jika anda menggunakan software ini wajah andalah yang akan menjadi passwordnya. Keren bukan ?

Ini screenshot dari Veryface Recognition.
(Khusus Windows XP)

Bila anda tertarik silahkan Download DISINI


FULL STORY >>

Cinta Yang Sesungguhnya

Rabu

Semula aku tidak pernah percaya cinta. Setelah pernikahanku berakhir dengan perceraian, aku mulai berpaling dari cinta. Aku menjalani kesendirianku dengan penuh penderitaan, apalagi aku harus jauh dari dua buah hatiku yang ikut dengan ibunya. Kesepian itu semakin menyiksaku. Bukan karena ketiadaan pendamping, tapi aku kehilangan celoteh riang dua balitaku.

Empat tahun sendiri membuatku kehilangan arah, hingga aku bertemu Buana. Teman lama yang seperti hantu, tiba-tiba muncul di hadapanku. Pertemuan yang tak disengaja itu berujung pada komunikasi yang intens. Jujur, jauh sebelum aku bercerai, aku sempat mengagumi wanita ini. Ia tegar menghadapi semua masalahnya sendirian. Saat itu memang ia masih sendiri dan ketika kami bertemu sebulan lalu, ia juga masih sendiri.

Darinya aku banyak tahu kenapa ia masih ’betah’ sendiri. “Aku mau menikah dengan orang yang bisa memahami duniaku dan tidak membuatku jadi orang lain.“ Itu salah satu alasannya. Tentunya masih banyak alasan-alasan yang lain. “Kalau aku yang mengajakmu menikah, bagaimana?“ selorohku.

Buana hanya menatapku sejenak dan meluncurlah pertanyaan yang membuatku terbahak, “Kenapa istrimu? Sudah bosan kamu padanya?“ Dari sini aku mulai bercerita soal perjalanan hidupku termasuk kegagalan pernikahanku. Buana bengong dan menggeleng, “Sepuluh tahun kalian menikah dan berakhir begitu saja?“

Sejak itu hubungan kami kian erat dan aku tetap mengajukan pertanyaan yang sama, mengajaknya menikah. Aku tidak pernah bosan mengatakannya, karena makin hari aku makin menyukai Buana. Hingga suatu hari aku merasa bahwa aku tidak akan bisa hidup tanpanya. Entah mengapa rasa cinta itu tiba-tiba hadir dan aku merasa nyaman bila berada di dekatnya.

Untuk kesekian kalinya aku menyatakan keinginanku menikah dengannya, namun dengan suasana yang berbeda. Bila sebelumnya aku mengatakan hanya sambil lalu, kali ini aku mengajaknya ke sebuah coffee shop. Panjang lebar aku utarakan maksudku serta sederet plus minus jika kami nanti menikah.

Sementara Buana hanya duduk diam sembari menyimak ulasanku. Setelah selesai, sambil tersenyum ia berkata, ”Kamu bikin aku seperti orang bodoh. Untuk hal ini kamu harus mengulang ajakan menikah itu hampir lima puluh kali selama empat bulan pertemuan kita. Apakah kamu tidak menangkap sinyal dariku?“ Gantian aku yang bengong sambil menggeleng. Buana menghela nafas, “Aku menerima ajakanmu, tapi dengan syarat...“ Aku sudah tidak mendengar lagi sederet persyaratan Buana saking senangnya mendengar jawaban gadis itu.

Pada akhirnya kami memang menikah dan menurutku kehidupanku jauh lebih membahagiakan ketimbang pernikahan pertamaku. Makin hari aku makin mencintai Buana dan aku sering merasa berdosa saat melihatnya tertidur pulas di sebelahku dengan wajah kelelahan. Ia bekerja terlalu keras, bahkan sering pulang larut. Sebagai suami, mestinya aku yang gigih mencari uang untuk keluarga, nyatanya, Buana yang getol mencari proyek agar bisa menutupi biaya hidup kami.

Aku memang bekerja, sebagai PNS penghasilanku tentu saja pas-pasan dan aku tidak punya ’ruang’ agar bisa mencari sambilan pekerjaan. Sementara Buana punya waktu luas mencari pekerjaan sambilan dan ini sangat menyita waktunya. Aku memang tidak menuntutnya agar bisa menjadi istri yang baik dengan meladeni suami, tapi aku sering kasihan jika melihatnya terlalu lelah.

Suatu malam kuutarakan kecemasanku tersebut. “Jangan terlalu memaksakan diri, aku tidak ingin melihatmu sakit, sayang.“ Buana hanya menatapku dan mencium tanganku, sebutir air matanya jatuh. “Aku ingin agar kita punya tabungan buat anak-anak kita kelak,“ jawabnya lirih. “Iya, tapi kalau kamu terlalu lelah, jangankan tabungan, malah aku gak kebagian waktu untuk bikin anak denganmu,“ candaku.

Sejak itu, Buana mulai mengatur waktunya. Meski gila kerjanya tidak hilang, tapi ia selalu menyediakan waktu khusus untukku. Aku sempat tidak percaya, perempuan tegar satu ini masih memiliki perasaan cinta. Buana memang bukan tipe perempuan manja dan dia juga bukan perempuan yang rajin mengungkapkan perasaannya. Tapi aku tahu, cinta yang dimilikinya lebih besar dari cinta yang kumiliki.

Selanjutnya kami menjalani hidup kami dengan penuh cinta, meski bukan cinta slapstik yang biasa dimiliki para remaja jaman sekarang. Kami tetap memiliki ungkapan cinta yang hanya bisa dimengerti oleh hati kami masing-masing.

Buana adalah perempuan yang sanggup membangkitkan cinta dalam diriku dan ia memperkenalkan sebentuk cinta tanpa pamrih. Meski aku melakukan kesalahan atau hal yang tak disukainya, ia selalu siap memaafkan meski aku tidak memintanya. Buana, betapa beruntungnya aku memilikimu. Aku berjanji akan selalu memelihara cinta ini untuk kita.


FULL STORY >>

Liburan Ke Irlandia

Pernahkah Anda membayangkan Irlandia sebagai salah satu pusat liburan Anda jika belum, coba kulik sedikit informasi kali ini. Mungkin sudah saatnya Anda memasukkan Irlandia sebagai destinasi liburan Anda berikutnya. Irlandia merupakan pulau yang terletak disebelah barat laut benua Eropa. Pulau yang berpenduduk lebih dari 4 juta jiwa ini terbagi menjadi dua negara, yaitu Republik Irlandia yang beribukota Dublin, dan juga Irlandia Utara yang beribukota Belfast.

Sebagai pulau terbesar ketiga di Eropa dan urutan 20 didunia, Irlandia juga memiliki beragam tempat wisata yang memang sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Berbagai jenis wisata yang memang Anda ingin lakukan semua tersedia disini. Pegunungan, padang bunga, tebing, danau dan laut merupakan beberapa dari wisata alam yang dapat dinikmati. Atau Anda lebih memilih untuk berbelanja, mungkin Dublin bisa menjadi tempat persinggahan Anda. Menikmati Irlandia layaknya Anda menikmati hot chocolate ditemani cookies di sore hari. So let’s browse the indulgent of Ireland now !

Republik Irlandia Negara dengan ibukota Dublin ini memang sangat mengagumkan untuk urusan liburan, wisata dan belanja. Berbagai tempat lama dengan cita rasa yang mengagumkan ada disini. Dublin Castle, Trinity College, The Custom House, O'Connell Street, dan masih banyak lagi. Namun satu tempat yang cukup legendaris dan dikenal masyarakat dunia yaitu Temple Bar. Selain sebagai jantung dari kota Dublin itu sendiri, Temple Bar juga merupakan pusat budaya dan pusat keriaan bagi masyarakat disana. Hal ini yang menjadikan Temple Bar wilayah bagian yang paling hidup dengan tingkat kedinamisannya yang cukup tinggi.

Mulai dari pagi sampai malam seluruh hiburan yang ada merupakan hal yang tidak akan dapat dibayangkan sebelumnya. Berbeda dengan bangunan-bangunan tua yang terdapat di Jakarta, Temple Bar memiliki arsitektur tersendiri dari segi desain abad 18. Keindahan dan kenyamanan yang didukung oleh iklim Irlandia yang sejuk dan lingkungan yang bebas dari sampah merupakan suatu perpaduan yang serasi sebagai tempat wisata. Keteraturan masyarakat yang hidup disini merupakan nilai tambah yang sangat langka untuk Anda nikmati. Berbagai tempat belanja yang bisa Anda kunjungi, mulai toko khusus menjual pakaian wanita, sepatu, perhiasaan, olahraga hingga toko yang menjual barang-barang khas Irlandia. Toko- toko yang ada disini buka dari Senin sampai Sabtu dari pukul 9 pagi hungga 6 sore. Dan pada khususnya hari Kamis mereka buka sampai pukul 8 malam.

Untuk hari Minggu mereka buka mulai pukul 12 siang hingga 6 sore. Temple Bar tidak hanya menyuguhkan pertokoansaja, namun juga bar, pub, dan restoran-restoran terbaik yang ada di Dublin. Cow’s Lane merupakan pusat perbelanjaan di Dublin yang menjual semua perlengkapan fashion, sampai barang-barang seni yang cukup bernilai. Bagi kalangan fashionista, Cow’s Lane memang sudah cukup dikenal karena disini merupakan pusat barang-barang para disainer ternama bisa didapat. Anda bisa mendapatkan barang-barang yang dibuat oleh para pengerajin di Dublin dan juga koleksi-koleksi terbaru yang up to date. Tentu Anda tidak boleh melewatkan Cow’s Lane jika berada disini.

Westbury Shopping Mall. Ini merupakan mall yang paling eksklusif dan terkenal di Dublin. Pusat perbelanjaan yang terhubung dengan hotel bintang lima ini menyediakan berbagai pilihan toko pakaian, aksesoris, coffee shops, hingga toko perhiasaan. Disini terdapat satu toko yang memang khusus menjual pakaian dari para desainer Irlandia dan Eropa. Toko bernama Angels ini juga menjual perhiasan-pehiasan unik yang dapat dipesan berdasarkan selera.

Negara dengan penduduk yang ramah, suasana yang tenang, dan pemandangan yang indah, itulah kesan yang Anda dapatkan jika berkunjung ke Irlandia Utara. Dengan beribukotakan Belfast, orang-orang Irish, sebutan untuk penduduk Irlandia, membangun negeri mereka tanpa meninggalkan peran alam sebagai salah satu aset. Dimana pegunungan, pantai, dan pemandangan di desanya terasa hidup, terlebih jika Anda berkunjung di musim panas. Oleh karena itu banyak turis maupun wisatawan, baik dari benua Eropa dan benua lain yang berkunjung setiap tahunnya ke negara yang masih merupakan bagian dari Britania Raya ini.

Selain pemandangan yang lebih terasa hidup, di musim panas Anda bisa mendapatkan berbagai promosi untuk jasa transportasi. Cukup dengan beberapa poundsterling saja Anda sudah dapat menikmati perjalanan sejauh yang Anda suka, selama masih dalam batas teritori Irlandia Utara. Disebelah utara pulau ini terdapat pemandangan yang sangat indah, yaitu daerah Antrim Coast. Jika Anda menuju Antrim Coast dengan menggunakan kereta, disepanjang perjalanan Anda bisa melihat betapa indahnya pemandangan di Irlandia Utara ini.

Pegunungan, biri-biri yang dibiarkan bebas, dan juga karang-karang terjal yang menjorok kearah laut. Dan jika Anda berada di tebing-tebingnya Anda akan merasa seperti sedang di videoklip Westlife. Memang Irlandia telah menghasilkan cukup banyak artis dan band kenamaan seperti U2, The Canberries, The Corrs, Boyzone yang merupakan beberapa diantaranya. Dan juga si ganteng Colin Farell dan Pierce Brosnan.

Castle Court ini merupakan pusat perbelanjaan pertama di Irlandia Utara. Dibuka pada tahun 80-an. Hingga kini sudah ada kurang lebih 60 outlets lokal maupun internasional yang berada didalamnya. Debenhams merupakan departement store-nya. Adapun brand seperti GAP, Laura Ashley, Easons, Principles, Next, Angel Paris sampai Exhibit turut memeriahkan pusat perbelanjaan ini. Tempat lain di Irlandia Utara yang memang patut anda kunjungi lainnya adalah Portstewart. Suara deburan ombak dan kemeriahan warna tiang-tiang dari seluruh kapal disana merupakan suatu penyambutan yang sangat indah.


FULL STORY >>

Makati, Filiphina

Jangan datang ke Manila kalau tidak sempat mengunjungi Makati. Itu yang selalu dikatakan para Pinoy, sebutan untuk orang Filipina. Kenapa? Makati memang kota yang ramah. Kata Tagalog "mabuhay" yang terpampang begitu kita masuk ke wilayah tersebut secara harafiah memang berarti "selamat datang".

Jadi, siapapun yang berkunjung ke Global City, Makati, sambutan hangat siap menanti di situ. Makati sering dicitrakan sebagai wilayah yang menawarkan kenikmatan dan keglamouran Kota Manila. Sebab, kenyataannnya Makati adalah pusat bisnis dan hiburan terbesar di Manila.

Itu kalau Anda lebih suka pergi ke suatu tempat untuk tujuan bisnis atau menghibur diri. Tapi bila Anda begitu gandrung sesuatu yang berkenaan dengan hal-hal historis, ucapan para Pinoy bisa saja seperti ini: "Jangan datang ke Manila kalau tidak sempat berkunjung ke Intramuros."

Apa pasal? Intramuros adalah bangun bersejarah bagi masyarakat Filipina. Bangunan itu serupa sebuah benteng di sisi aliran Pasiq River. Dan yang pasti, di dalam bangunan itu tersimpan sejumlah situs dan catatan-catatan sejarah Filipina mulai dari Kerajaan Islam, zaman pendudukan Spanyol, Amerika Serikat, dan Jepang. Tak termungkiri, catatan dan bukti historis tentang "arus perrubahan zaman" Filipina dapat dibaca di dalam Intramuros.

Sebelum jatuh ke tangan Spanyol, Filipina menjadi negara merdeka yang sangat dipengaruhi oleh budaya Melayu. Hingga sekarang, meski budaya Spanyol sudah sangat dalam memengaruhi kebudayaan Filipina (khususnya wilayah Utara), tetapi masih banyak budaya Melayu yang melekat dalam kehidupan masyarakat.

Sampai saat inipun kita masih dapat menemukan begitu banyak kesamaan bahasa antara bahasa Tagalog dan Indonesia yang sama-sama berakar pada budaya Melayu. Misalnya sebutan untuk payung, putih, kumpul-kumpul, dan lain-lain. Atau yang sangat mirip misalnya landas (jalan, Indonesia: landasan), lalaki (lelaki), dingding (dinding), dan masih banyak lagi.

Sejarah Inramuros dimulai ketika bulan Juni 1571 Spanyol di bawah Miguel Lopez de Legazpi mendirikan kota Manila yang menjadi pusat kekuasaan Spanyol di Filipina selama lebih dari 300 tahun. Untuk menghindari serangan dari bajak laut China, Jepang dan serangan Belanda serta Portugis, Legazpi membangun benteng untuk melindungi kota tersebut. Tembok pertahanan yang tebalnya lebih dari satu meter itu memiliki panjang 4,5 kilometer, dan kokoh berdiri di atas tanah seluas 64 hektar.

Benteng itu kukuh membentengi kota. Makanya kota di dalam benteng itu kemudian dikenal dengan nama Intramuros. Dalam bahasa Spanyol, Intramuros berarti 'di dalam dinding atau benteng'. Intramuros menjadi wilayah yang sangat penting karena di dalam kota kecil tersebut Raja Spanyol Philip II menempatkan semua pusat politik, budaya, pendidikan, perdagangan, dan agama. Intinya di situlah pusat kekuasaan Spanyol di wilayah Timur bertakhta. Bukan itu, saja. Semua orang kaya di Asia ditempatkan di kota yang juga dikenal sebagai Ciudad Murada atau Kota Bertembok.

Jejak-jejak kemasyuran Intramuros masa lalu masih dapat ditemukan. Gedung pemerintahan Spanyol masih berdiri dengan sangat megah tidak jauh dari Gereja Katedral Manila yang dulunya merupakan pusat keagamaan Intramuros dan Spanyol di Timur secara keseluruhan.

Dalam hal keagamaan, posisi Katedral Manila di dalam Intramuros menjadi lebih penting karena jasad semua Kardinal Manila dimakamkan di sana sejak Kardinal Sing memilih dikuburkan di sana.

Sekolah-sekolah tua seperti Manila High School juga masih berbaris rapi di samping Mapua Institute of Technology. Sekolah-sekolah itu dulunya sebuah lembaga pendidikan bagi anak-anak Intramuros. Bahkan sebelum Jepang menghancurkan Intramuros, salah satu universitas tertua di Asia, Ateneo de Manila University juga berada di dalam Intramuros sebelum dipindahkan ke Quenzon City.

Selain itu, Manila Buletin, salah satu surat kabar tertua di Asia juga berada di sini, tepatnya di samping Pamantasan ng Lungsod ng Maynila (Universitas Kota Manila). Manila Buletin menjadi sumber informasi penting ketika kekuasaan terkonsentrasi di Intramuros.

Sejarah kemerdekaan Filipina mencatat nama Intramuros dengan huruf emas. Betapa tidak, Fort of Santiago yang merupakan bagian dari Intramuros pernah menjadi rumah tahanan bagi Dr. Jose Rizal, sang pahlawan kemerdekaan Filipina. Bahkan pada zaman Jepang, para pejuang kemerdekaan Filipina yang tertangkap dipenjara dan dibantai di tempat tersebut. Karena banyaknya pejuang Filipina yang tertangkap, Rumah Sakit yang dibangun Amerika Serikat ketika menjajah Filipina pun dialihfungsikan sebagai menjadi penjara.

Semua situs penting di Intramuros itu dapat kita kunjungi dengan menggunakan semacam andong yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan andong di Indonesia, khususnya di Jawa. Hal yang menarik adalah, semua kusir andong di dalam Intramuros dapat berbahasa Inggris secara fasih.

Dengan membayar 500 Peso atau sebesar Rp. 98.000 kita dapat berkeliling Intramuros. Kusir andong tersebut dapat sekaligus berfungsi sebagai pemandu wisata yang secara rinci mampu menjelaskan setiap jengkal wilayah Intramuros. Uniknya, mereka bukan pegawai negeri, tetapi orang biasa yang menyewakan andongnya untuk keperluaan pariwisata di dalam Intramuros.


FULL STORY >>

Hanya karena SMS

Lewat teman aku dikenalkan seorang pria, katanya pria tersebut kalem dan baik serta penyabar walaupun tampilannya tak seheboh pemuda sekarang. Tentu saja aku menyambut gembira . Benar saja di suatu coffee shop aku bertemu dengan temanku yang membawa Mas Didi pria kalem tersebut. Wah ternyata tak jelek-jelek amat wajah Mas Didi lumayanlah, Engga malu-maluin banget kalo diajak jalan dan ketemu teman-teman.Walaupun memang tidak seganteng Wisnu, Abi, Reiky atau Alfons cowok cowok yang naksir aku.

Singkat kata kami mulai pdkt alias pendekatan. Mas Didi sesekali mengajakku bertemu di Mall guna nonton atau ngopi bareng sambil cerita-cerita tentang pekerjaannya. Sedangkan aku baru saja selesai S1 sedang mencari kerja. Aku bertanya-tanya ke Mas Didi tentang karirnya dan Mas Didi menjelaskan dengan penuh semangat sehingga lama-lama aku makin menyukainya, apalagi Mas Didi tergolong pemuda sopan yang tangannya engga jahiliyah ( baca; jahil).

Hubungan kami makin akrab sehingga aku ingin mengenalkan ke orang tua, karena Mas Didi sendiri juga menginginkan sebuah hubungan kearah yang lebih serius, seperti pertunangan. Maka kuajaklah Mas Didi mampir kerumahku di bilangan Tomang Jakarta. Mas Didi tertegun melihat besarnya rumah orang tuaku dan kaget melihat 4 buah mobil terpakir di garasi. Selama ini aku tidak pernah mengungkapkan kepada Mas Didi bahwa aku adalah anak tunggal dari seorang pengusaha. Kulihat mas Didi ragu-ragu namun kuyakinkan bahwa aku menyukai Mas Didi apa adanya. Barulah Mas Didi yakin dan masuk melangkah kedalam rumahku.

Sejak perkenalan yang hangat dengan orang tuaku, hubunganku dengan Mas Didi makin erat lagi, setiap malam kami ber sms-ria mengungkap segala macam hal. Mulai pekerjaannya hingga rasa kasih sayangnya yang tertuang lewat pesan pendeknya. Begitu pula aku, aku dengan senang hati menjawab sms-sms nya hingga kantuk menerpa. Pernah lho saking asyiknya kami bersms-an dari pukul 22.00 hingga pukul 03.00 pagi. Isinya Cuma ungkapan-ungkapan kasih semata. Kini aku benar- benar jatuh cinta kepadanya.

Kuakui, walaupun menyandang gelar S1 dan sudah bekerja 2 tahun namun pengetahuan Mas Didi agak kurang. Banyak hal yang ingin kudiskusikan masalah-masalah tertentu seperti politik, ekonomi yang ada di koran atau di majalah tak dimengertinya. Biasanya aku mengalihkan pembicaraan lain saja agar beralih topik lain yang difahaminya. Aku perempuan yang mempunyai banyak sekali teman diskusi, sekaligus salah satu kegemaranku adalah membaca hingga banyak sekali buku yang sudah kulahap bukan hanya novel saja namun juga satra filsafat serta buku-buku mengenai mangemen, malah yang terbaru tentang strategi bisnis mafia Italia.

Begitu juga dengan teman, aku mempunya banyak kelompok teman yang berhubungan secara intensif. Mas Didi mengetahuinya. Acapkali kuajak Mas Didi bergabung atau menjemputku bila aku sedang bergabung dengan teman-temanku. Aku mengajak Mas Didi agar ia tak salah menfsirkan pergaulanku dan ia dapat mengenal serta berdiskusi dengan teman-temanku lain pikirku.

Hubungan kami menginjak usia setahun hingga aku diterima kerja disebuah perusahaan pialang. Namun makin lama kami makin lengket saja, sms-an kami seharinya mencapai 20 sms. Ungkapan cinta tiap hari mewarnai handphone kami.

Hingga suatu malam aku ber sms dengan mas Didi tentang harga saham salah satu perusahaan yang siangnya baru go public, isi smsku begini “ sayang, aku capek banget krn bank yang go pulic td siang diserbu pembeli ampe sahamnya ludes”. Dan begini jawaban Mas Didi “ Lho, bank apa yang ludes, emang ada bank yang dijual ecer sampe diserbu pembeli ?’. Karena aku faham bahwa Mas Didiku agak bolot masalah penjualan saham, maka aku berniat mengalihkan pembicaraan sms kami dengan kata-kata “ OOT, Mas udah makan apa belum ? kangen nih, peluk dong”. Rayuku lewat sms jawaban.

Kaget alang kepalang aku membaca jawaban sms Mas Didi “ JUJUR, KAMU SMS SIAPA ? KAMU SALAH KIRIM SMS. BACA LAGI SMS KM UTK OOT. JELASKAN SIAPA OOT ?”. Ungkapnya marah yang ditunjukkan lewat huruf besar. Tertegun aku membacanya dan mulailah hilang hormatku untuknya. Jelas-jelas OOT adalah salah satu bahasa sms seperti BTW ( By the way), OTW ( On the way) GBU ( God bless you) sedangkan OOT adalah kependekan dari Out of topic. Aku memberi tahunya mengalihkan pembicaraan dari saham ke hal yang baru agar diskusi kami dapat terjalin baik..

Aku mulai sebal dan merasa lelah jika harus terus menerus memahaminya. Apalagi masalah kasus ini Mas Didi benar-benar marah karena menganggapku berselingkuh dengan OOT. Berulang kali kujelaskan tentang arti dan maksud OOT tersebut namun Mas Didi tak juga faham malah menuduhku mencari pembenaran karena tertangkap basah.

Maksudku jika memang Mas Didi tak faham kan dapat ditanyakan dengan baik, bukannya menuduh aku berselingkuh dan berkeras mempercayai pendapatnya sendiri. Yang terakhir, malah ia memutuskan hubungan denganku karena menuduhku perempuan tidak setia, sehingga aku terjebak dengan ulah perselingkuhanku sendiri, cercanya kepadaku.

Ketika orang tuaku menanyakan ketidak hadiran Mas Didi dimalam minggu aku juga tak mau menjelaskan yang sebenarnya. Aku malu untuk menjelaskannya. Biar sajalah aku yang tau sendiri sehingga nanti suatu kali jika Mas Didi mendapat bahasa sms yang ada OOTnya ia baru sadar dengan apa yang telah dilakukannya. Namun aku sudah kehilangan selera berhubungan dengannya.

perempuan.com

FULL STORY >>

Sumber Mata Air Paling Panas di Dunia

Selasa

Sumber mata air panas dihasilkan/berasal dari kerak bumi, berada di berbagai belahan dunia. Sebagian besar dari sumber mata air ini tercipta sejak 20 sampai 45 juta tahun yang lalu akibat dari aktivitas vulkanik serta memiliki suhu hingga 350°C (662°F).

1. The Grand Prismatic Spring: America’s largest



Sumber air panas Amerika yang paling besar dan ketiga terbesar di dunia, Grand Prismatic Spring di Yellowstone National Park memiliki luas sekitar 250 x 300 kaki (75 x 91 meter) dan kedalaman 160 kaki (49 meter), menghasilkan 560 galon (2000 liter) bersuhu 160°F (71°C) air/menit.
Warna yang muncul pada musim semi sangat bervariasi, mulai dari hijau, merah cemerlang dan jingga yang diakibatkan oleh ganggang dan pigmen bakteri yang bertambah besar sekitar pinggir air, banyaknya warna bergantung atas rasio klorofil. Pusat genangan mata air terasa sangat panas. (Foto: Magadelic Rock dan Bonnie Sue).

2. Mammoth Hot Springs: largest carbonate-depositing spring in the world

Berada di Yellowstone, Mammoth Hot Springs terkenal paling besar, menyerupai campuran air soda. (Foto: Mila Zinkova, C Amalia dan Thegreenj).

3. Blood Pond Hot Spring: welcome to hell

Blood Pond Hot Spring adalah salah satu “neraka” (jigoku) di Beppu, Jepang, sembilan sumber air panas alami yang menakjubkan untuk dilihat daripada mandi/berendam. “Blood Pond Hell” begitu orang menyebutnya, menampilkan kolam air merah yang panas. Menurut perkiraan ini adalah yang paling fotogenik di antara sembilan neraka. (Foto: L Plater dan phototravel).

4. Blue Lagoon: Iceland’s geothermal spa

The Blue Lagoon geothermal spa adalah salah satu tujuan wisata yang paling besar di Eslandia. Perairan yang pengap seolah menunjukkan pembentukan lahar, dan kolam renang besar yang dipanaskan dengan dialiri air melalui pembangkit tenaga listrik terdekat.
Mandi di Laguna Biru dapat dijadikan terapi, dipercaya dapat menyambuhkan orang yang menderita penyakit kulit seperti penyakit psoriasis. Suhu air di kolam renang kira-kira 40°C (104°F). Sumber air mineral terletak di Grindavík, Reykjanes Peninsula, barat-daya Eslandia. Daerah ini terletak sekitar 24 mil (39 kilometer) dari ibu kota Reykjavík. (Foto: Diamanx dan Sandro Mancuso).

5. Glenwood Springs: world’s largest natural hot springs swimming pool

Glenwood Springs di Colorado, AS, merupakan kolam renang yang bersumber dari mata air panas pegunungan dengan laju aliran sebanyak 143 liter/detik. Anda bisa berendam di genangan sambil melakukan terapi bersama air bercampur mineral yang asin dengan suhu 104°F (40°C), maupun berenang di kolam yang sangat besar dengan suhu 98°F (36°C). (Foto: christoph.schrey dan fishingfoolcool).

6. Jigokudani Hot Springs: home to the japanese Snow Monkeys

Jigokudani Hot Springs di Nagano Prefecture, paling terkenal di Jepang yang biasa disebut “snow monkeys”, yaitu kera liar Jepang yang menikmati perairan yang panas secara alami di samping para pengunjung. Lebih dari seratus Macaques (kera asli Jepang) yang tinggal di Jigokudani Monkey Park, yang terletak di “Hell Valley” (Lembah Neraka). (Foto: Duchamp dan Tim Kelf).

7. Deildartunguhver: highest flow hot spring in Europe

Deildartunguhver terletak di Reykholtsdalur, Eslandia, memiliki karakteristik laju aliran yang sangat tinggi untuk sumber air panas (180 liter/detik) dan bersuhu 97 °C, aliran yang paling tinggi di Eropa. Sebagian dari air dipergunakan untuk memanaskan, pipa berukuran 34 kilometer disalurkan ke Borgarnes dan 64 kilometer kepada Akranes.


FULL STORY >>

Kisah Murid Sunan Ampel

Mbah Soleh
Bila ke Surabaya, mampirlah di kompleks Makam dan Masjid Sunan Ampel. Tempat ini banyak menyimpan sejarah Islam di tanah Jawa. Banyak kisah menarik di sini. Di antaranya kisah tentang Mbah Soleh, Murid Sunan Ampel. Kisah Mbah Soleh erat kaitannya dengan sembilan kuburan yang ada di sebelah timur Masjid Agung Sunan Ampel.

Bila Berziarah ke Makam Sunan Ampel, sungguh, jangan lupa, ziarahi juga makam Mbah Soleh.

Mbah Soleh, semasa hidupnya punya keistimewaan yang tak dipunyai lain-lain orang. Ia tukang sapu Masjid Ampel saat Sunan Ampel hidup. Kalau menyapu, bersih sekali. Orang yang sujud di masjid ini dan tak pakai sajadah merasa nyaman karena merasa bersih tanpa debu sama sekali.

Usia manusia, siapa yang tahu. Mbah Soleh wafat. Ia dikubur di depan masjid.

Kematiannya sangat ditangisi. Ia meninggalkan warisan amat penting: kerja adalah ibadah. Bila pekerjaan dilakukan dengan iklas, hasilnya memuaskan. Begitulah Mbah Soleh. Tak ada seorang pun yang sanggup menyamai hasil kerjanya. Semakin lama, masjid yang dulunya bersih terasa semakin kumuh dan kumuh. Sunan Ampel sangat prihatin. Sunan Ampel pun berkata," Bila Mbah Soleh masih hidup, pasti masjid ini selalu bersih."

Tiba-tiba yang hadir dikejutkan sosok Mbah Soleh kembali menyapu di dekat tempat Imam biasa memimpin salat. Wow, Mbah Soleh kembali hidup. Masjid pun kembali bersih.

Tapi lagi-lagi, Allah mencabut nyawa Mbah Soleh. Lantas Mbah Soleh pun dikubur di samping kuburannya dulu.

Sepeninggal Mbah Soleh, masjid kembali kotor. Sunan Ampel pun bicara seperti dulu: "Seandainya Mbah Soleh masih ada..."

Ajaib, Mbah Soleh kembali hidup dan bersih-bersih. Masjid kembali tak ditempeli debu. Dan, Mbah Soleh, sekali lagi meninggal dan dikubur di dekat kuburan yang pernah menguburnya. Masjid kotor kembali. Sunan Ampel kembali prihatin dan berucap bila Mbah Saleh hidup. Ya ampun, Mbah Saleh hidup kembali.

Peristiwa itu berulang terus sampai delapan kali. Berarti Mbah Soleh hidup lagi kali ke-delapan. Nah, pada kehidupan Mbah Soleh yang ini, Sunan Ampel wafat. Setelah Sunan Ampel wafat, Mbah Soleh menyusulnya, dan ia dikuburkan di dekat kuburannya dulu. Jadi, total kuburan Mbah Soleh ada sembilan. Kuburan terakhir di ujung paling Timur.

Mbah Bolong
Selain Mbah Soleh yang memiliki kisah fantastis, murid Sunan Ampel ada juga yang memiliki kisah yang juga ajaib. Namanya Mbah Sonhaji. Namun, ia sering pula disebut Mbah Bolong. Makamnya ada di depan Masjid Agung Sunan Ampel. Kenapa Mbah Sonhaji disebut Mbah Bolong? Begini ceritanya.

Sewaktu pembangunan Masjid Sunan Ampel, Sonhaji diserahi Sunan Ampel untuk memegang peran sangat penting, yakni mengatur lokasi pengimanan. Tentu saja peranan ini butuh keakuratan. Tidak main-main, tugasnya adalah menentukan posisi arah kiblat. Jangan sampai melenceng semiliderajat pun dari Kabah.

Banyak orang meragukan kemampuannya menentukan posisi arah kiblat. Tak jarang orang minta bukti bahwa pengimaman pada masjid yang baru jadi itu benar-benar pas menghadap kiblat.

Sonhaji tidak marah meski kemampuannya diragukan. Ia melobangi dinding pengimaman dan meminta orang yang meremehkan untuk melihat ke dalam lubang. Astaga, orang yang melihat ke dalam lubang ternyata langsung melihat Kabah yang ada di Mekah.

Sejak itu Mbah Sonhaji mendapat julukan Mbah Bolong.

(Kisah terjadi pada abad ke-15: Sunan Ampel wafat tahun 1478)

FULL STORY >>

Suku Tengger

Suku Tengger yang beragama Hindu hidup di wilayah Gunung Bromo, Jawa Timur. Ada banyak makna yang dikandung dari kata Tengger. Secara etimologis, Tengger berarti berdiri tegak, diam tanpa bergerak (Jawa). Bila dikaitkan dengan adat dan kepercayaan, arti tengger adalah tengering budi luhur. Artinya tanda bahwa warganya memiliki budi luhur. Makna lainnya adalah: daerah pegunungan. Tengger memang berada pada lereng pegunungan Tengger dan Semeru. Ada pula pengaitan tengger dengan mitos masyarakat tentang suami istri cikal bakal penghuni wilayah Tengger, yakni Rara Anteng dan Joko Seger.

Hikayat Rara Anteng dan Jaka Seger
Alkisah, pada zaman dahulu, ada seorang putri Raja Brawijaya dengan Permaisuri Kerajaan Majapahit. Namanya Rara Anteng. Karena situasi kerajaan memburuk, Rara Anteng mencari tempat hidup yang lebih aman. Ia dan para punggawanya pergi ke Pegunungan Tengger. Di Desa Krajan, ia singgah satu windu, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pananjakan. Ia menetap di Pananjakan dan mulai bercocok tanam. Rara Anteng kemudian diangkat anak oleh Resi Dadap, seorang pendeta yang bermukim di Pegunungan Bromo.

Sementara itu, Kediri juga kacau sebagai akibat situasi politik di Majapahit. Joko Seger, putra seorang brahmana, mengasingkan diri ke Desa Kedawung sambil mencari pamannya yang tinggal di dekat Gunung Bromo. Di desa ini, Joko Seger mendapatkan informasi adanya orang-orang Majapahit yang menetap di Pananjakan. Joko Seger pun melanjutkan perjalanannya sampai Pananjakan.

Joko Seger tersesat dan bertemu Rara Anteng yang segera mengajaknya ke kediamannya. Sesampai di kediamannya, Rara Anteng dituduh telah berbuat serong dengan Joko Seger oleh para pinisepuhnya. Joko Seger membela Rara Anteng dan menyatakan hal itu tidak benar, kemudian melamar gadis itu. Lamaran diterima. Resi Dadap Putih mengesahkan perkawinan mereka.

Sewindu sudah perkawinan itu namun tak juga mereka dikaruniai anak. Mereka bertapa 6 tahun dan setiap tahun berganti arah. Sang Hyang Widi Wasa menanggapi semedi mereka. Dari puncak Gunung Bromo keluar semburan cahaya yang kemudian menyusup ke dalam jiwa Rara Anteng dan Joko Seger. Ada pawisik mereka akan dikaruniai anak, namun anak terakhir harus dikorbankan di kawah Gunung Bromo.

Pasangan ini dikarunia 25 anak sesuai permohonan mereka, karena wilayah Tengger penduduknya sangat sedikit. Putra terakhir bernama R Kusuma.

Bertahun-tahun kemudian Gunung Bromo mengeluarkan semburan api sebagai tanda janji harus ditepati. Suami istri itu tak rela mengorbankan anak bungsu mereka. R Kusuma kemudian disembunyikan di sekitar Desa Ngadas. Namun semburan api itu sampai juga di Ngadas. R Kusuma lantas pergi ke kawah Gunung Bromo. Dari kawah terdengar suara R Kusuma supaya saudara-saudaranya hidup rukun. Ia rela berkorban sebagai wakil saudara-saudaranya dan masyarakat setempat. Ia berpesan, setiap tanggal 14 Kesada, minta upeti hasil bumi. Cerita lain menunjukkan saudara-saudara R Kusuma menjadi penjaga tempat-tempat lain.

Kini upacara itu terkenal dengan nama Kesada. Pada upacara Kesada, dukun selalu meriwayatkan kisah Joko Seger – Rara Anteng.

blog-sejarah.blogspot.com

FULL STORY >>

Setting Manual GPRS

Senin

GSM

Telkomsel (Simpati, AS,dan HALO)
Tahap 1 : Aktivasi GPRS pada SIM Card
- Untuk Simpati dan AS kirim sms dengan ketik GPRS 16 nomor dibelakang kartu, contoh GPRS 6210003404062311 kemudian kirim ke 6616. Untuk HALO ketik GPRS kirim ke 6616.
Tahap 2 : Setting GPRS pada Handphone
Setting otomatis (OTA)
- Untuk Simpati dan AS kirim sms dengan ketik S Merek HP Tipe HP, contoh S NOKIA 7610, kemudian kirim ke 5432. Untuk HALO ketik GPRS kirim ke 6616.
Atau jika handphone tidak mendukung untuk setting otomatis (OTA) maka bisa dilakukan setting manual sebagai berikut:
- Account name : Telkomsel
- Account type : GPRS
- APN : telkomsel
- Username : wap
- Password : wap123
- IP Address : 10.0.89.130
- Port number : 9201
- Home page : http://wap.telkomsel.com/
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service Simpati dan AS di nomor 116 sedangkan kartu Halo di nomor 111 untuk menanyakan cara melakukan setting GPRS.
Untuk mengaktifkan 3G, ketikkan 3G lalu kirim ke nomor 3636, selanjutnya tunggu konfirmasi bahwa nomor Anda sudah aktif untuk layanan 3G. Layanan aktif ditunjukkan dengan indikator 3G di handphone. Layanan 3G dapat digunakan jika Anda di area layanan 3G dan mendapat sinyal 3G.

Indosat
a. Mentari
Tahap 1 : Aktivasi GPRS pada SIM Card
- Kirim SMS dengan ketik ACT GPRS, kemudian kirim ke nomor 888.
Tahap 2 : Setting GPRS pada Handphone
Setting otomatis (OTA)
- Kirim SMS dengan ketik GPRS Merek HP Tipe HP, contoh GPRS SE K800, GPRS NOKIA 7610, kemudian kirim ke nomor 3000.
Setting manual
- Account name : indosatgprs
- Account type : GPRS
- APN : indosatgprs
- Username : indosat
- Password : indosat
- IP Address : 10.19.19.19
- Port number : 8080
- Home page : http://wap.klub.mentari.com/
Untuk layanan time based (durasi) maka buatlah setting baru dengan APN = indosatgprs, Username dan Password = indosat@durasi, sedangkan lainnya sama.
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service di nomor 222 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.

b. IM3
Untuk kartu IM3, GPRS langsung aktif pada saat melakukan registrasi nomor, sehingga hanya melakukan setting GPRS pada handphone.
Setting GPRS pada Handphone
Setting otomatis (OTA):
- Kirim sms dengan ketik GPRS Merek HP Tipe HP, contoh GPRS SE K800, kemudian kirim ke 3939.
Setting manual:
- Account name : indosatgprs
- Account type : GPRS
- APN : indosatgprs
- Username : kosongkan
- Password : kosongkan
- IP Address : 010.019.019.019
- Port number : 8080
- Home page : http://wap.indosat.com/
Untuk layanan time based (durasi) maka buatlah setting baru dengan APN = indosatgprs, Username dan Password = indosat@durasi, sedangkan lainnya sama.
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service IM3 di nomor 300 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.

c. Matrix
Tahap 1 : Aktivasi GPRS pada SIM Card
- Ketik ACT GPRS kirim ke 888.
Tahap 2 : Setting GPRS pada hanphone
Setting otomatis (OTA):
- Melalui SMS dengan ketik GPRS Merek HP Tipe HP, contoh GPRS NOKIA 7610, kemudian kirim ke 3000.
Setting manual:
- Account name : satelindo
- Account type : GPRS
- APN : satelindogprs.com
- Username :
- Password :
- IP Address : 202.152.162.250
- Port number : 8080
- Home page : http://wap.matrix.centro.com/
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Care di nomor 222 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.
Untuk setting 3G Indosat, ketikkan REG 3G lalu kirim ke nomor 777, selanjutnya tunggu konfirmasi bahwa nomor Anda sudah aktif untuk layanan 3G.

XL (Jempol, Bebas, dan Xplor)
GPRS pada kartu XL langsung aktif pada saat melakukan registrasi nomor, sehingga hanya melakukan setting GPRS pada handphone.
Setting GPRS pada Handphone
Setting otomatis (OTA):
- Kirim sms dengan ketik GPRS Merek HP Tipe HP, contoh GPRS NOKIA N70, kemudian kirim ke 9667.
Setting manual:
- Account name : XL-GPRS
- Account type : GPRS
- APN : www.xlgprs.net
- Username : xlgprs
- Password : proxl
- IP Address : 202.152.240.50
- Port number : 8080
- Home page : http://wap.xl.co.id
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service di nomor 818 atau 817 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.
Untuk 3G secara otomatis akan aktif ketika registrasi nomor, pada handphone tinggal mengubah ke mode 3G.

Three (3)
GPRS akan aktif pada saat registrasi dan akan terkirim setting sesuai dengan hanphone Anda.
Setting manual:
- Account name : 3-GPRS
- Account type : GPRS
- APN : 3gprs
- Username : 3gprs
- Password : 3gprs
- IP Address : 10.4.0.10
- Port number : 3128
- Home page : http://wap.three.co.id/
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service di nomor 123 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.
Untuk 3G secara otomatis akan aktif ketika registrasi nomor, pada handphone tinggal mengubah ke mode 3G.

Axis
Setting manual:
- Account name : AXIS
- Account type : GPRS
- APN : AXIS
- Username : AXIS
- Password : 123456
- IP Address : 10.8.3.8
- Port number : 8080
- Home page : http://wap.axisworld.co.id
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service Axis di nomor 838 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.


CDMA

Flexy (Telkom)
Setting manual:
- Data bearer : GPRS
- Username : wap
- Password : wap
- IP Address : 10.177.7.7
- Port number : 8088
- Home page : http://wap.telkomflexy.com
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service di nomor 147 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.

Star One (Indosat)
Setting manual:
- Data bearer : GPRS
- Username : starone
- Password : indosat
- IP Address : 192.168.50.60
- Port number : 9401
- Home page : http://wap.mystarone.com
Jika Anda mengalami kesulitan bisa menghubungi Customer Service di nomor 111 dari hanphone Anda untuk menanyakan cara setting GPRS.

Fren
Setting manual:
- Data bearer : GPRS
- Username : m8
- Password : m8
- IP Address : 10.021.005.201
- Port number : 8088
- Home page : http://wap.mobile-8.net

Esia
Setting manual:
- Data bearer : GPRS
- Username : wap
- Password : wap
- IP Address : 10.177.7.7
- Port number : 8088
- Home page : http://wap.myesia.com


FULL STORY >>

Kalaash, Dunia Terpencil Yang Mempesona

Pernah membayangkan berada di lokasi yang terpencil di dunia dimana jauh dari keramaian kota dan polusi produk manusia? Nggak ada televisi, radio, nggak bisa nge-blog (boro-boro ada internet). Tapi mungkin saja kedamaian bisa ditemukan di sana.Kalaash adalah tempat yang sangat mempesona. Berlokasi di ujung paling utara Pakistan, lokasi ini benar-benar terisolasi dari dunia luar. Tidak ada televisi, radio, apalagi internet.


Lembah Kalaash berada di kota Chitral, tempat bermukim orang-orang Kalaash, yang sebagian masyarakat Pakistan menyebut mereka sebagai black infidels. Di Chitral orang-orang Kalaash adalah satu-satunya kelompok non-muslim dan masih menyembah berhala (patung).Pakaian mereka baik laki-laki maupun wanitanya, panjang-panjang dan berwarna hitam dan mereka mengepang rambut mereka dengan cara yang unik, memakai kalung manik-manik dan hiasan-hiasan di kepala.




Konon, orang-orang Kalaash ini adalah keturunan dari Alexander Agung (Alexander The Great), pahlawan besar dari masa 2000 tahun yang lalu. Mereka tidak memiliki warna kulit zaitun kecokelatan seperti orang Pakistan dan daerah Utara kebanyakan. Mereka justru lebih mirip orang Eropa, mata berwarna biru dan hijau, dan rambut dengan warna-warna muda.Di Chital mereka punya cara hidup sendiri, kepercayaan (animisme) sendiri, bahasa, ritual-ritual dan kegiatan, dan identitas yang tersendiri pula. Kabarnya orang-orang Kallash ini sangat ramah, dan seperinya tidak akan ada masalah jika lokasi ini menjadi lokasi impian untuk dikunjungi.






FULL STORY >>

Bahan Pertimbangan Sebelum Menikah

Banyak orang yang berkata bahwa “pernikahan atau perkawinan adalah sebuah pertaruhan, ibarat main judi”. Pernyataan tersebut tak sepenuhnya salah, namun hal tersebut akan terjadi apabila perkawinan itu tidak didahului dengan perhitungan dan perbincangan serta disepakatinya beberapa komitmen yang sepantasnya dilaksanakan saat perkawinan berlangsung.

Oleh sebab itu, sebelum perkawinan terlaksana, kita melakukan penjajakan atau penyesuaian saat masa pacaran. Lebih baik putus saat masa pacaran ketimbang bercerai setelah menikah karena konsekuensinya lebih banyak.

Apa saja yang pantas dan layak saya ungkapkan dan sepakati saat pacaran berlangsung? Sangat banyak dan semua itu berpulang kembali kepada Anda dan pasangan. Kemudian, apa yang tidak dibicarakan dan disepakati di awal semestinya bisa didiskusikan dan disepakati setelah pernikahan karena tidak semua hal dapat kita pikirkan dan kemukakan sebelum perkawinan. Beberapa hal pokok yang dapat Anda sampaikan dan diskusikan untuk dicarikan sebuah kesepakatan sebagai “acuan” dalam perjalanan perkawinan Anda berdua, antara lain:

1. Apakah setelah menikah, Anda harus keluar dari rumah keluarga?
Menurut saya, sebaiknya Anda dan pasangan mencari rumah kontrakan bila belum membeli rumah sendiri. Dengan Anda keluar dari rumah akan membuat Anda menjadi lebih mandiri dan memiliki otorisasi untuk menyelesaikan segala problematika rumah tangga Anda sendiri, tanpa campur tangan orangtua.

2. Apakah Anda setelah menikah tetap diperkenankan bekerja?
Jika setelah menikah Anda tetap bekerja, Anda bisa membantu meringankan beban suami dan mempercepat pengumpulan dana bagi masa depan keluarga, entah membeli rumah atau mempersiapkan dana pendidikan anak-anak. Terlebih sebelum memiliki anak, Anda akan lebih leluasa untuk meninggalkan rumah.

3. Berapa jumlah anak yang Anda sepakati untuk dimiliki? Bagaimana bila salah satu dari Anda ternyata tidak subur?

4. Bagaimana dengan pengelolaan keuangan keluarga?
Sepantasnya semua pendapatan dilebur menjadi satu. Kemudian dialokasikan untuk kebutuhan keluarga, lalu kebutuhan jangka panjang (rumah dan pendidikan anak) dan keperluan pribadi masing-masing sebesar 2,5 persen dari total pendapatan.

5. Siapa yang memegang dan mengawasi keuangan keluarga?
Sebaiknya dilakukan bersama karena jadi lebih adil dan lebih nikmat.

6. Apakah Anda menganut paham monogami atau poligami?
Anda sebaiknya menekankan bahwa Anda menginginkan sebuah perkawinan tunggal, utuh, dan totalitas untuk menjamin segala sumber daya pikiran, perasaan, dan ekonomi hanya mengalir ke satu tempat, yaitu keluarga Anda, dan tidak ada keluarga kedua atau kesekian.

Bila kondisi ekonomi Anda dan calon pasangan sangat berbeda, sebaiknya pikirkan untuk melakukan perjanjian pranikah, terkait aset atau harta yang Anda miliki. Untuk memutuskan ini, sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan pengacara atau perencana keuangan untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang kebaikan dan keburukannya, apalagi bila tidak mengetahui manfaat dari perjanjian semacam ini.

Selain 6 butir kesepakatan di atas, Anda bisa menambahkan apa saja yang perlu Anda dan calon pasangan sepakati lagi sebelum melangkah lebih jauh.


FULL STORY >>

10 Bank Terbesar Di Indonesia Versi BI

Bank Indonesia (BI) merilis daftar 10 bank terbesar di Indonesia berdasarkan nilai aset, kemarin (11/5). Berlandaskan data Maret lalu, ada beberapa bank yang mengalami pergeseran posisi.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), misalnya, nangkring di posisi kedua menggeser posisi PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sebelumnya, BCA selalu menduduki peringkat kedua. Namun pada akhir Maret 2009, aset BRI melonjak melebihi BCA.

Pertukaran posisi juga menimpa PT Bank Permata Tbk dan Citibank. Adapun Standart Chartered harus tersingkir dari daftar dan memberi jalan bagi Bank Internasional Indonesia (BII) masuk lagi, setelah tergusur bulan lalu.

Direktur Utama PT BRI Tbk Sofyan Basir mengatakan, naik turun aset merupakan hal biasa bagi bank. Ia mencontohkan, setiap awal tahun aset BRI turun karena ada penarikan Dana Pihak Ketiga. Tetapi di bulan Maret dana-dana itu kembali masuk.

Kepala Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, daftar BI itu bisa menjadi indikator agresivitas bank dalam menarik dana pihak ketiga dan menyalurkan kredit. " Dari daftar itu tampak saat ini BRI yang paling agresif," katanya. (Dyah Megasari, Arthur Gideon/Kontan/kompas)

Daftar Bank berdasarkan aset pada Maret 2009 (dalam triliun rupiah)
Nama Bank Total aset
1. PT Bank Mandiri Tbk 328,01
2. PT BRI Tbk 250,54
3. PT BCA Tbk 247,61
4. PT BNI Tbk 198,92
5. PT Bank Danamon Tbk 102,98
6. PT Bank CIMB Niaga Tbk 74,48
7. PT Pan Indonesia Bank Tbk 68,14
8. Citibank NA 55,49
9. PT Bank Permata Tbk 54,37
10 PT BII Tbk 53,09


FULL STORY >>

Pahami Beberapa Sikap Cowok Yang Naksir

Dia sepertinya menyukai Anda. Berkali-kali Anda memergoki dia sedang menatap Anda, bahkan ia juga sempat membelikan Anda syal saat musim hujan lalu.

Namun, hingga kini ia masih belum menunjukkan tanda-tanda hendak ‘menembak’. Jika Anda bertanya-tanya apakah seorang pria jatuh cinta, bahkan tergila-gila dengan Anda, maka ujilah ia lewat beberapa tanda berikut ini.

1. Dia ada di mana-mana
Entah saat Anda di kantin kantor, ujung lorong bersama teman-teman, dalam perpustakaan, bahkan di tempat ibadah, dia selalu ada di sana. Jika ia tampak ada di mana-mana, maka bisa jadi ia ingin agar Anda memperhatikan keberadaannya juga. Lemparkan sedikit senyuman, maka itu akan membuat dia makin tergila-gila.

2. Dia ingat semuanya
Hal sekecil apapun yang terjadi atau yang pernah Anda sebutkan, ia ingat semua itu. Bahkan hal yang Anda lupa pernah mengatakannya pun, seolah terekam jelas dalam ingatannya. Ini tanda kuat bahwa Anda penting baginya.

3. Dia terus menatap Anda
Entah saat ia sedang berbicara, atau saat mendengarkan Anda bicara, bahkan saat sedang sibuk sekalipun, matanya seolah selalu awas menatap dan tak pernah lepas dari Anda. Hanya Anda yang ada di mata dan hatinya. Jika lain kali

Anda menangkap basah tatapan matanya, lemparkan senyum. Bisa jadi hal itu akan membuatnya tersenyum balik, atau membuat ia membuang muka karena malu akibat ketahuan.

4. Dia sering memuji Anda
Belum mandi saja sudah dibilang cantik dan wangi. Meski mungkin tersimpan aneka kata-kata gombal dalam pujiannya, namun jika ia sering membanjiri Anda dengan pujian, maka bisa dipastikan hatinya pun sedang kebanjiran cinta untuk Anda.

5. Teman-temannya tahu nama Anda
Jika teman-temannya (yang bukan teman Anda) tahu nama Anda, maka hal ini berarti ia sering membicarakan Anda dengan mereka. Jika ia sering membicarakan Anda, maka dapat dipastikan ia sering memikirkan Anda pula.

6. Dia banyak bertanya
Dia ingin tahu pendapat Anda tentang kaos barunya, atau apakah Anda suka potongan rambutnya yang sekarang. Dia bahkan meminta nasehat Anda tentang tawaran pekerjaan terbaru. Jika ia membanjiri Anda dengan banyak pertanyaan, dan bukannya cenderung berbicara tentang diri sendiri, maka itu berarti sinyal hijau bahwa ia benar-benar suka pada Anda.

7. Dia memberi banyak komentar dalam situs jaringan sosial Anda
Facebook atau Twitter Anda penuh dengan komentar darinya. Ia bahkan tak takut orang lain mengetahui bahwa ia menyukai Anda.

8. Dia mengundang Anda dalam pertandingan/acara yang ia ikuti
Jika seorang pria menyukai Anda, maka ia cenderung ingin pamer kebolehan pada Anda. Jika dia seorang pemain basket, maka ia ingin Anda melihatnya saat beraksi. Jika dia anak band, maka ia akan memberikan tiket khusus agar Anda bisa menyaksikannya manggung. Berikan teriakan penyemangat dan ia pun siap jadi milik Anda.

9. Dia mendekati teman Anda
Bukan untuk menggoda mereka, melainkan untuk mencari tahu tentang Anda dari mereka.

10. Dia mengajak Anda kencan
Akhirnya setelah semua sinyal di atas, ia pun mulai berani mengajak Anda kencan. Mungkin ini hanya sekedar jalan berdua di mall dengan alasan mencari kado, atau minta ditemani ke tempat kerabat di luar kota, hingga mengajak Anda menemaninya nonton konser. Apapun itu, ini adalah tanda paling kuat bahwa hatinya telah memilih Anda.

Jika dia termasuk pemalu, maka tak ada salahnya Anda yang membuka jalan lebih dulu dengan mengajaknya keluar. Jadi, jelas bukan apa yang menjadi tanda bahwa seorang pria benar-benar menginginkan Anda. Tak usah menebak-nebak, karena pria sangat mudah dibaca.


FULL STORY >>

Tips Aman Transaksi ATM Versi BI

Terkait adanya kejahatan perbankan yakni menguras tabungan nasabah yang dilakukan pihak tertentu, Bank Indonesia meminta masyarakat untuk tenang. Dari situs resmi bank Indonesia, menginformasikan hal-hal berikut:

Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan perbankan serta Kepolisian untuk menuntaskan permasalahan tindak pidana yang terdapat dalam kasus tersebut.

  1. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan bijak serta berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, khususnya menggunakan kartu ATM.
  2. Dari hasil penyelidikan awal diketahui bahwa telah terjadi pencurian data kartu ATM melalui proses skimming/taping dan pengintipan PIN oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu pihak bank sudah melakukan langkah pengamanan yang diperlukan.
  3. Bank Indonesia telah memperoleh komitmen dari bank bersangkutan untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu sesegera mungkin.
  4. Bank Indonesia akan meminta pula kepada seluruh bank untuk kembali mengevaluasi dan mendeteksi seluruh mesin ATM termasuk mesin EDC (Electronic Data Capture) yang terdapat diberbagai lokasi dan merchant untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan atas mesin-mesin tersebut.
  5. Bank Indonesia juga menghimbau agar nasabah selalu meneliti dan memperhatikan kondisi saat menggunakan mesin ATM maupun EDC dan memastikan bahwa di mesin-mesin tersebut tidak terdapat tambahan alat lain.
  6. Bagi nasabah yang memiliki permasalahan dimaksud, kiranya dapat segera menghubungi bank bersangkutan untuk dapat diselesaikan masalahnya.
  7. Beberapa kiat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menghindari praktek ilegal atas kartu ATM oleh pihak yang tidak berhak, adalah dengan cara rutin mengganti PIN, menutup angka saat memasukkan nomor PIN dan alternatif lain dengan memasukkan kembali kartu ATM ke mesinnya seusai melakukan transaksi dan memasukkan nomor PIN lain yang salah untuk mengecoh dan kemudian membatalkan proses tersebut.

FULL STORY >>

Waspadai Situs Bisnis Online Penipu

Untuk newbie di bisnis online sudah sepatutnya waspada dengan banyaknya situs situs penipu dalam negeri…

Saya sebenarnya heran, kok tega teganya menipu bangsa sendiri…
Tapi entah sengaja atau tidak,sebenarnya untuk mengenali situs penipu ini caranya sangat mudah karena kebanyakan situs penipu ini menggunakan tampilan dan script website yang nyaris sama…

Bahkan ciri umum mereka juga hampir sama, dan asumsi saya merasa mereka dari kelompok penipu yang sama (mengatas namakan marketing untuk menjual produk sampah)

Berikut ini adalah contoh contoh situs situs penipu yang saya maksud :

http://www.rumahgratis.com

http://www.propertygratis.com

http://www.rahasia-online.com

http://www.kebunemas.com

sebenarnya masih banyak lagi yang lain, tapi tidak mungkin saya sebut satu persatu…

Ciri Umum yang harus di perhatikan saat melihat halaman website yang terindikasi penipu :

  • Membujuk dengan produk yang tidak rasional (misal mesin uang otomatis, atau rumah gratis dll)
  • Terdapat form autoresponder, dimana jika kita mengisi form tersebut kita akan dikirim email berisi bujukan untuk membeli produk sampah tersebut
  • Testimonial yang tidak masuk akal

Demikian artikel saya, semoga bermanfaat.. jika anda menemukan situs penipu lain segera posting disini agar segera bisa di berangus..

http://www.indrakurniawan.net


FULL STORY >>

Dukun Jaman Sekarang, Sudah Tidak Gaptek Lagi

BAGI ANDA YG INGIN MEMELIHARA BOCAH GHAIB/TUYUL & SILUMAN JABANG TETUKO ,ANAK AMBAR,TANPA TUMBAL DAN RESIKO APAPUN ANDA BISA GUNAKAN RAHASIA INI.


perhatian...!!!

dijamin kaya raya dan mendapat tuyul yg gesit tidak pemalas ,tidak menyusui, tidak makan tumbal, hanya sesajen saja dan ruang khusus. buktikan!

MAHAR Rp 5.000.000
hub/sms : 08388122125

anda pesan brg dan petunjuk kami antar via pos kilat.
rahasia terjamin.

ini thread ane ya lain gan,monggo dicek jika berkenan,jika tidak yah tidak apa-2.


Spoiler for mendatangkan uang secara ghaib:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3825649

Spoiler for mendatangkan uang versi kejawen:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4198873

Spoiler for tuyul hitam & siluman jabang tetuko:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3830005

Spoiler for Haekal keselamatan mutlak:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4658364

Spoiler for SOLUSI CEPAT MENUJU KEKAYAAN:
http://www.kaskus.us/showthread.php?...#post246688090

Spoiler for rahasia uang balik berkhadam jin:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3942110

Spoiler for cincin pelet yusuf manakib:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4834301

Spoiler for ikat pinggang keselamatan mutlak dan pukulan maut:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4833995


Dikutip dari komentar blog sebelah.

---
Ya ampiyun... Salut deh mbah, saya kirain yang namanya dukun cuma bisa komat kamit didepan keris sambil bakar kemenyan. Eh ternyata si mbah udah bisa browsing dan buka lapak di kaskus. Ada usul nih mbah, tuyulnya disuruh nyari pin rekening Abu Dhabi Group aja. Sehari dicuri 50jt juga Abu dhabi tidak akan merasa kehilangan tuh. hahaha


FULL STORY >>

Pesugihan Gunung Kawi

Pesugihan Gunung KawiDalam masalah pesugihan, sebelumnya pernah membahas tentang Ritual Mesum Pesugihan Gunung Kemukus, kali ini membahas mitos seputar Pesugihan Gunung Kawi. Disaat orang banyak disibukkan dengan kesulitan ekonomi, kadang semua cara digunakan termasuk diantaranya adalah ritual pesugihan.

Ada yang mencari uang dengan bisnis internet, namun karena tidak sedahsyat dengan pesugihan maka bagi orang yang malas akhirnya lebih memilih pesugihan. Mitos Pesugihan Gunung Kawi memang dikenal sebagai tempat untuk mencari kekayaan (pesugihan).

Konon, barang siapa melakukan ritual dengan rasa kepasrahan dan pengharapan yang tinggi maka akan terkabul permintaannya, terutama menyangkut masalah kekayaan. Mitos seputar pesugihan Gunung kawi ini diyakini banyak orang, terutama oleh mereka yang sudah merasakan "berkah" berziarah ke Gunung Kawi. Namun bagi kalangan rasionalis-positivis, hal ini merupakan isapan jempol belaka.

Biasanya lonjakan pengunjung yang melakukan ritual terjadi pada hari Jumat Legi (hari pemakaman Eyang Jugo) dan tanggal 12 bulan Suro (memperingati wafatnya Eyang Sujo). Ritual dilakukan dengan meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan.

Di dalam bangunan makam, pengunjung tidak boleh memikirkan sesuatu yang tidak baik serta disarankan untuk mandi keramas sebelum berdoa di depan makam. Hal ini menunjukkan simbol bahwa pengunjung harus suci lahir dan batin sebelum berdoa.

Selain pesarean sebagai fokus utama tujuan para pengunjung, terdapat tempat-tempat lain yang dikunjungi karena 'dikeramatkan' dan dipercaya mempunyai kekuatan magis untuk mendatangakan keberuntungan, antara lain:

1. Rumah Padepokan Eyang Sujo

Rumah padepokan ini semula dikuasakan kepada pengikut terdekat Eyang Sujo yang bernama Ki Maridun. Di tempat ini terdapat berbagai peninggalan yang dikeramatkan milik Eyang Sujo, antara lain adalah bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa, serta tombak pusaka semasa perang Diponegoro.

2. Guci Kuno

Dua buah guci kuno merupakan peninggalan Eyang Jugo. Pada jaman dulu guci kuno ini dipakai untuk menyimpan air suci untuk pengobatan. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama 'janjam'. Guci kuno ini sekarang diletakkan di samping kiri pesarean. Masyarakat meyakini bahwa dengan meminum air dari guci ini akan membuat seseorang menjadi awet muda.

3. Pohon Dewandaru

Di area pesarean, terdapat pohon yang dianggap akan mendatangkan keberuntungan. Pohon ini disebut pohon dewandaru, pohon kesabaran. Pohon yang termasuk jenis cereme Belanda ini oleh orang Tionghoa disebut sebagai shian-to atau pohon dewa. Eyang Jugo dan Eyang Sujo menanam pohon ini sebagai perlambang daerah ini aman.

Untuk mendapat 'simbol perantara kekayaan', para peziarah menunggu dahan, buah dan daun jatuh dari pohon. Begitu ada yang jatuh, mereka langsung berebut. Untuk memanfaatkannya sebagai azimat, biasanya daun itu dibungkus dengan selembar uang kemudian disimpan ke dalam dompet.

Namun, untuk mendapatkan daun dan buah dewandaru diperlukan kesabaran. Hitungannya bukan hanya, jam, bisa berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Bila harapan mereka terkabul, para peziarah akan datang lagi ke tempat ini untuk melakukan syukuran.

Siapakah sesungguhnya Eyang Jugo dan Eyang Sujo?

Yang dimakamkan dalam satu liang lahat di pesarean Gunung Kawi ini? Menurut Soeryowidagdo (1989), Eyang Jugo atau Kyai Zakaria II dan Eyang Sujo atau Raden Mas Iman Sudjono adalah bhayangkara terdekat Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1830 saat perjuangan terpecah belah oleh siasat kompeni, dan Pangeran Diponegoro tertangkap kemudian diasingkan ke Makasar, Eyang Jugo dan Eyang Sujo mengasingkan diri ke wilayah Gunung Kawi ini.

Semenjak itu mereka berdua tidak lagi berjuang dengan mengangkat senjata, tetapi mengubah perjuangan melalui pendidikan. Kedua mantan bhayangkara balatentara Pangeran Diponegoro ini, selain berdakwah agama islam dan mengajarkan ajaran moral kejawen, juga mengajarkan cara bercocok tanam, pengobatan, olah kanuragan serta ketrampilan lain yang berguna bagi penduduk setempat. Perbuatan dan karya mereka sangat dihargai oleh penduduk di daerah tersebut, sehingga banyak masyarakat dari daerah kabupaten Malang dan Blitar datang ke padepokan mereka untuk menjadi murid atau pengikutnya.

Setelah Eyang Jugo meninggal tahun 1871, dan menyusul Eyang Iman Sujo tahun 1876, para murid dan pengikutnya tetap menghormatinya. Setiap tahun, para keturunan, pengikut dan juga para peziarah lain datang ke makam mereka melakukan peringatan. Setiap malam Jumat Legi, malam eninggalnya Eyang Jugo, dan juga peringatan wafatnya Eyang Sujo etiap tanggal 1 bulan Suro (muharram), di tempat ini selalu diadakan erayaan tahlil akbar dan upacara ritual lainnya. Upacara ini iasanya dipimpin oleh juru kunci makam yang masih merupakan para keturunan Eyang Sujo.

Tidak ada persyaratan khusus untuk berziarah ke tempat ini, hanya membawa bunga sesaji, dan menyisipkan uang secara sukarela. Namun para peziarah yakin, semakin banyak mengeluarkan uang atau sesaji, semakin banyak berkah yang akan didapat. Untuk masuk ke makam keramat, para peziarah bersikap seperti hendak menghadap raja, mereka berjalan dengan lutut.

Hingga dewasa ini pesarean tersebut telah banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan dari berbagai lapisan masyarakat. Mereka bukan saja berasal dari daerah Malang, Surabaya, atau daerah lain yang berdekatan dengan lokasi pesarean, tetapi juga dari berbagai penjuru tanah air. Heterogenitas pengunjung seperti ini mengindikasikan bahwa sosok kedua tokoh ini adalah tokoh yang kharismatik dan populis.

Namun di sisi lain, motif para pengunjung yang datang ke pesarean ini pun sangat beragam pula. Ada yang hanya sekedar berwisata, mendoakan leluhur, melakukan penelitian ilmiah, dan yang paling umum adalah kunjungan ziarah untuk memanjatkan doa agar keinginan lekas terkabul.

Wisata Ziarah Pesugihan Gunung Kawi

"Gunung tidak perlu tinggi asal ada dewanya."

Pepatah populer di kalangan warga Tionghoa ini bisa menjelaskan kenapa Gunung Kawi di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sangat populer. Kawi bukan gunung tinggi, hanya sekitar 2.000 meter, juga tidak indah. Tapi gunung ini menjadi objek wisata utama masyarakat Tionghoa.

Tiap hari ratusan orang Tionghoa, termasuk orang pribumi naik ke Gunung Kawi. Masa liburan plus cuti bersama Lebaran ini sangat ramai. Karena terkait dengan kepercayaan Jawa, Kejawen, maka kunjungan biasanya dikaitkan dengan hari-hari pasaran Jawa: Jumat Legi, Senin Pahing, Syuro, dan Tahun Baru.

"Pokoknya selalu ramai, Mas," ujar Syaikoni (nama samaran) salah satu seorang pemandu wisata. Syaikoni memang tidak salah, saat berjalan kaki sejauh satu kilometer menuju pusat wisata utama (makam dan kelenteng), terlihat lautan manusia. Macam pasar malam. Pengemis ada sekitar seratus orang (anak-anak sampai orang tua). Toko-toko souvenir berdempetan hingga pesarehan.

Penginapan, kata Syaikoni, lebih dari 10 buah, dengan tarif Rp 30.000 hingga Rp 200.000. Restoran Tionghoa yang menawarkan sate babi dan makanan tidak halal (buat muslim) cukup banyak. Tukang ramal nasib. Penjual kembang untuk nyekar. Penjual alat-alat sembahyang khas Tionghoa. Belum lagi warung nasi dan sebagainya.

"Gunung kok ramai begini kayak di kota?" tanya salah seorang pengunjung yang baru pertama kesana pada Syaikoni.

"Gunung Kawi yang begini ini. Fasilitasnya sudah direnovasi oleh yayasan, ya, pakai uang sumbangan pengunjung. Mereka yang dapat rezeki, usahanya lancar, sumbang macam-macam. Akhirnya, dibuat bagus seperti sekarang," tutur Syaikoni, 33 tahun, asli Wonosari.

Dia sudah beberapa tahun menjadi pemandu wisata sekaligus pembawa barang-barang pengunjung. Syaikoni tahu banyak seluk-beluk Gunung Kawi. Usai kunjungan, kita bebas memberikan tips kepadanya. Tidak pakai tarif-tarifan buat guide ala Gunung Kawi.

Apa yang dicari orang-orang di Gunung Kawi? Kekayaan? Rezeki? Usaha lancar? Macam-macam niat orang. "Ya, kita olang mo beldoa semoga dikasih rejeki. Pokoke, usaha kita olang lancal lah," ujar seorang ibu asal Surabaya dengan logat khasnya tionghoa.

Jawaban sejenis disampaikan pengunjung lain. Karena itu, warga Jawa Timur kerap mencitrakan Gunung Kawi sebagai tempat pesugihan. Tapi, bagi kalangan kejawen, penggiat budaya Jawa, Gunung Kawi lebih dilihat sebagai tempat pelestarian budaya Jawa. Banyak ritual kejawen diadakan di sini secara teratur dan diikuti aktivis budaya Jawa di seluruh Pulau Jawa.

Kalau masuk makam dua makam tokoh yang telah dijelaskan diatas, pengunjung harus membeli kembang. Sebelumnya, bayar retribusi untuk Desa Wonosari Rp 2.000. Lalu, menyerahkan KTP (kartu tanda penduduk) atau identitas lain pada satpam untuk didaftar nama dan alamat. Sumbang lagi uang tapi sukarela. Jangan kaget kalau anda menjumpai banyak sumbangan atau retribusi di aset wisata Kabupaten Malang ini.

Saat saya masuk ke kompleks Gunung Kawi, hampir 99 persen warga keturunan Tionghoa. Anak-anak, remaja, profesional muda, hingga kakek-nenek. Orang-orang itu bersembahyang layaknya di kelenteng. Masuk ke makam, jalan keliling makam, sambil membuat gerakan menyembah macam di kelenteng. Tidak ada arahan atau instruksi, mereka semua melakukan gerakan-gerakan itu.

Hampir tidak ada Tionghoa itu yang beragama Islam. Kok begitu menghormati dan sembahyangan di depan makam Imam Soedjono dan Mbah Djoego? Apa mereka tahu siapa yang dimakamkan di situ? Belum lagi kalau kita bahas secara teologi Islam atau Kristiani tentang boleh tidaknya melakukan ritual di Gunung Kawi.

"Memang, Mas, semua orang yang datang pertama kali di Gunung Kawi pasti bertanya begitu. Saya juga nggak tahu kenapa. Yang jelas, sejak dulu ya begitu. Kalau sudah tradisi dan kepercayaan orang, ya, mau apa lagi?" kata Syaikoni dengan sangat sopan.

Para pemandu wisata di Gunung Kawi berusaha tidak menyinggung kepercayaan atau agama orang lain. Selain sensitif, mereka tak ingin bisnis mereka terganggu. Harus diakui, warga Desa Wonosari mendapat banyak berkah dari objek wisata Gunung Kawi. Tak sedikit penduduk mengais rezeki di kawasan Gunung Kawi mulai pemandu wisata, penjual bunga, warung, satpam, parkir, dan sebagainya.

Selain berdoa sendiri-sendiri, Yayasan Gunung Kawi menawarkan paket ritual tiga kali sehari: pukul 10.00, pukul 15.00, pukul 21.00. Ritual ini dipimpin dukun atau tukang doa setempat, namun harus pakai sesajen untuk selamatan. Siapa yang mau ikut harus mendaftar dulu di loket.

Tarif barang-barang selamatan ditulis jelas di loket yang bagus. Ada dua tipe selamatan agar keinginan anda (dapat rezeki, usaha lancar) tercapai. Bagi mereka yang percaya.

Pesugihan Gunung Kawi
Pengunjung antre membeli keperluan ritual

Berapa tarif selamatan? Berikut beberapa item yang umum digunakan, dan harga mengikuti kurs tentunya hehe..

  • Minyak tanah Rp 60.000
  • Solar Rp 100.000
  • Minyak goreng Rp 250.000
  • Beras Rp 400.000
  • Kambing Rp 500.000
  • Sapi Rp 7.500.000
  • Ayam Rp 25.000
  • Wayang kulit Rp 750.000
  • Ruwatan Rp 4.000.000

(Masih ditambah beberapa elemen lain yang sudah tentu menguras dompet pengunjung. Toh, antrean sangat panjang dari saudara-saudari kita yang hendak memburu rezeki di Gunung Kawi)

Melihat nilai rupiah itu, benar-benar membuat kita geleng-geleng kepala. Berdoa kok mahal amat? Apa ada jaminan jadi kaya? Apa Tuhan perlu begitu banyak sayur, makanan, daging, wayang kulit, ruwatan...? Kalau kita miskin, tak punya uang, apa harus utang untuk membeli barang-barang itu?

"Itu terserah pengunjung, Mas. Mereka yang percaya ya, nggak akan keberatan," jelas Syaikoni sambil tersenyum.

Di luar kompleks makam, ada Kelenteng Kwan Im. Lilin-lilin merah, besar, terus bernyala. Puluhan warga Tionghoa secara bergantian berdoa di sana. Disana juga ada ciamsi, ajang meramal nasib ala Tionghoa.

Sekitar enam kilometer dari kompleks makam ada pertapaan Gunung Kawi. Jalannya bagus. Kompleks ini pun penuh dengan ornamen Tionghoa. Di ruang utama ada tiga dukun yang siap menerima kedatangan tamu, berdoa agar rezeki lancar. Tapi sebelum itu si dukun membeberkan tarif selamatan yang jutaan rupiah seperti tertera di daftar harga di atas. Ah, keluar uang lagi!

warungbebas.com

FULL STORY >>