Tips Aman Transaksi ATM Versi BI

Senin



Tips Aman Transaksi ATM Versi BI

Terkait adanya kejahatan perbankan yakni menguras tabungan nasabah yang dilakukan pihak tertentu, Bank Indonesia meminta masyarakat untuk tenang. Dari situs resmi bank Indonesia, menginformasikan hal-hal berikut:

Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan perbankan serta Kepolisian untuk menuntaskan permasalahan tindak pidana yang terdapat dalam kasus tersebut.

  1. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan bijak serta berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, khususnya menggunakan kartu ATM.
  2. Dari hasil penyelidikan awal diketahui bahwa telah terjadi pencurian data kartu ATM melalui proses skimming/taping dan pengintipan PIN oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu pihak bank sudah melakukan langkah pengamanan yang diperlukan.
  3. Bank Indonesia telah memperoleh komitmen dari bank bersangkutan untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu sesegera mungkin.
  4. Bank Indonesia akan meminta pula kepada seluruh bank untuk kembali mengevaluasi dan mendeteksi seluruh mesin ATM termasuk mesin EDC (Electronic Data Capture) yang terdapat diberbagai lokasi dan merchant untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan atas mesin-mesin tersebut.
  5. Bank Indonesia juga menghimbau agar nasabah selalu meneliti dan memperhatikan kondisi saat menggunakan mesin ATM maupun EDC dan memastikan bahwa di mesin-mesin tersebut tidak terdapat tambahan alat lain.
  6. Bagi nasabah yang memiliki permasalahan dimaksud, kiranya dapat segera menghubungi bank bersangkutan untuk dapat diselesaikan masalahnya.
  7. Beberapa kiat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menghindari praktek ilegal atas kartu ATM oleh pihak yang tidak berhak, adalah dengan cara rutin mengganti PIN, menutup angka saat memasukkan nomor PIN dan alternatif lain dengan memasukkan kembali kartu ATM ke mesinnya seusai melakukan transaksi dan memasukkan nomor PIN lain yang salah untuk mengecoh dan kemudian membatalkan proses tersebut.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Tips Aman Transaksi ATM Versi BI”

Bebas Berkomentar..