Satu Rudal Menelan Biaya Sekitar Rp2,5 Miliar

Jumat

Amril Amarullah

Departemen Pertahanan Republik Indonesia sudah mulai melakukan riset dan merintis pengembangan tentang rudal. Dengan demikian, dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki rudal atau peluru kendali buatan dalam negeri.


Karena itu, dengan diluncurkannya roket RX 420 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Kamis 2 Juli 2009, diharapkan dapat mendukung mengembangkan pembuatan rudal dalam negeri.

Walaupun, roket RX-420 masih jadi pertimbangan Departemen Pertahanan, apakah mampu menjadi salah satu senjata penangkal di darat yang dapat diandalkan sehingga, Indonesia tidak memerlukan armada kapal atau senjata perang lainnya, selain faktor biaya yang dominan besar.

"Faktor biaya sangat menentukan, apakah pengembangan rudal berpangkal di darat lebih murah dibanding dengan membeli alutsista seperti kapal atau pesawat," ujar Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono di Jakarta.

Penelusuran VIVAnews di Departemen Pertahanan, ide produksi rudal dalam negeri mulai tercetus tahun 2005. Dana sebesar Rp 2,5 miliar digelontorkan untuk proyek pembuatan rudal pada tahun itu, dan bila itu terwujud Dephan akan menggandeng PT Pindad Indonesia, pabrik senjata dalam negeri yang melakukan penelitian hulu ledak kaliber 122 milimeter.

Bila didukung dengan biaya yang cukup, LAPAN dan Departemen Pertahanan akan terus melakukan perbaikan dan evaluasi untuk mewujudkan rudal dengan kaliber 70 milimeter sebagai roket militer yang dilengkapi hulu ledak.

Saat ini, LAPAN telah berhasil meluncurkan roket dengan kekuatan jarak tempuh 100 kilometer, dan memiliki kecepakatan luncur awal 4 kali kecepatan suara.

• VIVAnews



FULL STORY >>

Indonesia Akan Produksi 1000 Roket


Peluncuran roket

Indonesia akan memproduksi roket R122 secara masal seiring dengan keberhasilan uji coba peluncuran roket tersebut di Baturaja, Sumatera Selatan, beberapa waktu lalu. Pada tahap pertama yang akan diproduksi sebanyak 1.000 roket.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menjelaskan, Kementerian Pertahanan menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam memproduksi roket yang memiliki daya jelajah 15 kilo meter dan dapat digunakan sebagai amunisi artileri tersebut.

"1.000 roket sebetulnya akan kami pakai untuk multiple launcher, atau meluncur bersama-sama," ujar dia dalam acara penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Kementerian Pertahanan dan BPPT di Jakarta, Kamis 17 Maret 2011.

Purnomo mengungkapkan, Roket R122 tersebut memiliki daya jelajah sejauh 15 kilometer, dan dapat digunakan sebagai amunisi arteleri. Proyek itu akan mulai dikerjakan pada 2012, dan selesai pada 2014. "1.000 roket sebetulnya akan kami pakai untuk multiple launcher."

Selain pembangunan seribu roket, pemerintah saat ini juga tengah mengembangkan remote pilot vehicle, dan area vehicle, yang ditujukan sebagai pendukung alusista pertahanan Indonesia. Menhan berharap adanya nota kesepahaman dengan BPPT dapat membangkitkan industri pertahanan yang sempat mandeg karena krisis ekonomi pada tahun 1998.

• VIVAnews


FULL STORY >>

Patung-patung Budha Yang Terkenal di Dunia

Selasa

11. Borobudur Buddha Statue

Patung-patung Buddha di Borobudur adalah mahakarya dari para seniman kuno Indonesia. Semua patung Buddha di sini berada dalam posisi duduk tetapi dengan sikap tangan yang berbeda. Dari awalnya terdapat 504 patung Buddha, 300 di antaranya rusak dan 43 hilang. Sejak penemuan kembali candi ini, sudah banyak kolektor gelap yang mencuri kepala patung Buddha.


10. Hussain Sagar Buddha Statue

Patung Buddha ini terletak di tengah-tengah sebuah danau buatan di kota Hyderabad, India. Patung ini berdiri setinggi 17 meter dan seberat 320 ton. Ini merupakan patung monolitik terbesar di India, yang dipahat oleh para seniman hanya dari sebongkah batu besar. Tragisnya, pada saat pemasangan patung Buddha pada tahun 1992, patung ini jatuh ke dalam danau dan menyebabkan kematian 8 orang pekerja. Pemerintah kemudian memperbaiki patung dan sekarang menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota Hyderabad.


9. Tian Tan Buddha Statue

Buddha Tian Tan terletak di Pulau Lantau, Hong Kong. Terbuat dari perunggu dan selesai tahun 1993. Patung ini merupakan daya tarik utama dari Vihara Po Lin, yang mensimbolkan harmonisasi antara manusia, alam, masyarakat dan agama. Patung ini dinamakan Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Patung dengan sikap duduk ini memiliki tinggi 34 meter dan mengambil postur yang melambangkan ketenangan.


8. Monywa Buddha

Monywa adalah sebuah kota di tengah Myanmar yang terletak di pinggiran Sungai Chindwin. Di sini anda dapat melihat Monywa Buddha, patung Buddha berbaring terbesar di dunia. Patung ini memiliki total panjang 90 meter. Kepala patung ini memiliki tinggi 60 kaki. Patung Buddha Monywa ini dibuat tahun 1991 dan berlubang didalamnya, sehingga pengunjung bisa masuk ke dalam.

7. Ayutthaya Buddha Head

Kota Ayutthaya di Thailand memiliki salah satu patung Buddha yang tidak biasa di dunia. Di antara reruntuhan Wat Mahathat (Vihara Relik Agung) terdapat sebuah patung yang seluruh badannya telah lenyap oleh waktu dan hanya tersisa kepalanya saja di antara belitan pepohonan. Ini adalah salah satu patung yang sangat indah yang tercipta oleh berlalunya waktu.

6. Gal Viharaya

Terletak di Sri Lanka, Polonnaruwa merupakan situs salah satu patung Buddha yang paling terkenal di dunia. Vihara batu ini dibuat oleh Parakramabahu Agung di abad 12 Masehi. Di tengah-tengah vihara terdapat 4 patung Buddha berukuran besar. Di antara ke-4 patung Buddha ini adalah sebuah patung Buddha berbaring sepanjang 14 meter dan sebuah patung Buddha berdiri setinggi 7 meter.

5. Ushiku Daibutsu


Ushiku Daibutsu terletak di kota Ushiku, Jepang. Selesai tahun 1995, patung ini merupakan salah satu patung tertinggi di dunia, bediri setinggi 120 meter termasuk 10 meter pondasi dan 10 meter platform berbentuk teratai.


4. Temple of the Reclining Buddha



Terletak di Bangkok, Wat Pho terkenal dengan patung Buddha berbaringnya yang besar. Vihara ini merupakan salah satu vihara terbesar dan tertua di Bangkok, dibangun sekitar 200 tahun setelah Bangkok menjadi ibukota Thailand.


3. Great Buddha of Kamakura



Buddha Agung Kamakura atau dalam bahasa Jepang biasa disebut Daibutsu Kamakura, merupakan sebuah patung perunggu monumental dari Amida Buddha (Buddha Amitabha) di kota Kamakura, Jepang. Patung ini berdiri dengan damai di atas tanah Kotokuin yang merupakan sebuah kuil buddhis aliran Tanah Suci, dan patung Buddha ini menjadi salah satu ikon penting dalam pariwisata dan kehidupan sosial masyarakat Jepang.


2. Temple of the Emerald Buddha



Vihara terkenal lain di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Vihara Buddha Zamrud. Di dalam vihara ini terdapat patung Buddha Zamrud, salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia. Menurut legenda, patung ini dibuat di India sekitar 43 SM di kota Pataliputra dan berada di sana selama 300 tahun. Pada abad ke-4 M, patung ini dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu buddhis untuk menyelamatkannya dari peperangan yang terjadi. Kemudian patung ini dibawa ke Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew di tahun 1779.

1. Leshan Giant Buddha


Patung Buddha raksasa Leshan adalah sebuah mahakarya umat manusia. Patung Buddha ini dipahat di sebuah lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina. Mulai dibuat selama Dinasti Tang tahun 713, patung ini baru selesai tahun 803 (90 tahun) dan melibatkan usaha dari ribuan seniman dan pemahat. Sebagai salah satu patung terbesar di dunia, patung ini juga disebut-sebut dalam puisi, lagu dan cerita.

FULL STORY >>

Bukit Salib Di Lithuania

Bukit Salib atau“Kryžių kalnas” adalah sebuah situs ziarah yang berada sekitar 12 km di sebelah Utara Kota Šiauliai, di Lithuania Utara. Awal mulanya tidak diketahui dengan pasti, tetapi dianggap bahwa salib-salib pertama ditempatkan pada bekas Bukit Benteng Jurgaičiai atau Domantai setelah Perlawanan tahun 1831.

http://www.qedata.se/bilder/gallerier/litauiskt-galleri/korskullen/korskullen-oversikt.jpg

http://ivandsamudra.files.wordpress.com/2010/02/hill-1.jpg

Selama berabad-abad, tidak hanya salib-salib biasa, namun juga salib-salib raksasa, patung-patung kayu dari para pahlawan Lithuania, patung-patung Yezus Kristus dan Bunda Perawan Maria dan ribuan patung mini dan rosario diletakkan di tempat itu oleh para peziarah Katolik. Jumlah salib-salib yang ada tidaklah diketahui, namun diperkirakan berjumlah sekitar 50,000 batang. Selama berabad-abad, tempat ini telah menjadi simbol kesinambungan iman Katolik Rakyat Lithuania melewati berbagai tantangan yang harus dihadapinya sepanjang sejarah.

http://4.bp.blogspot.com/_a2Ac_i7cQNk/SwU0JNbA_MI/AAAAAAAADa8/Y33q49kuimw/s1600/Hill+2.jpg

http://www.sacredsites.com/europe/lithuania/images/hill-crosses-01-500.jpg

Setelah Persemakmuran Polandia-Lithuania pecah pada tahun 1795, Lithuania menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia. Rakyat Polandia dan Lithuania bangkit menentang penguasa Rusia dalam Perlawanan November 1831 dan Perlawanan Januari 1863, namun gagal. Kedua gerakan perlawanan itu berhubungan dengan permulaan Bukit Salib: karena sanak-famili dari para pejuang yang gugur, yang tidak dapat menemukan jenazah anggota keluarga mereka, mulai menempatkan salib-salib simbolik di sebuah bukit bekas tempat pertahanan.

http://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/ScnJvpfLazI/AAAAAAAAI_E/fBl5E95zL54/s400/Hill-of-Crosses-4.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/ScnJvswWWuI/AAAAAAAAI_U/uflv40xuK54/s400/Hill-of-Crosses-2.jpg

Tatkala struktur politik lama dari Eropa Timur runtuh pada tahun 1918, Lithuania sekali lagi memproklamasikan kemerdekaannya. Selama waktu itu, Bukit Salib digunakan oleh Rakyat Lithuania sebagai tempat untuk berdoa bagi perdamaian, bagi tanah air mereka, bagi orang-orang terkasih yang telah hilang dari mereka selama Perang Kemerdekaan Lithuania.

sumber : http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/


FULL STORY >>

Lapor Situs Porno Agar Di Blokir

Fakta;
1. Penculikkan Anak Gadis di bawah umur, digunakan oknum terkait untuk penjualan seks. Cara-cara yang dipastikan adalah penjualan video porno melalui website.
2. TKI/TKW dibawah umur alias masih Muda, digunakan oknum terkait untuk memperkerja mereka untuk pembuatan video porno.
3. Tidak ada laporan mengenai mereka menjadi korban seks atas tampilan video porno mereka di website.


Untuk Melaporkan Website Porno, Disini...

sumber: forum vivanews




FULL STORY >>

Cara Masyarakat Dayak Membatasi Pembakaran Hutan

Cara Masyarakat Dayak Membatasi Pembakaran Hutan
Muhammad Arie Taufan/Fotokita.net
Masyarakat Dayak Kendayan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, punya cara untuk membuat api tidak meluas saat pembakaran. Teknik itu mereka sebut "nataki".

Masyarakat Dayak Kendayan punya tradisi membuka lahan dengan cara membakar. Tradisi itu sudah turun-temurun dilakukan sejak sejak nenek moyang mereka. Tetapi, mereka menolak dibilang merusak hutan. "Itu bukan untuk merusak hutan. Nenek moyang kami mengajarkan bagaimana caranya membuka lahan yang aman," kata Felisianus Kimsong, tetua adat Subsuku Gajekng di Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang.

Masyarakat Dayak Kendayan juga mengatakan bahwa abu pembakaran batang-batang pohon di lahan yang akan dibuka itu sangat cocok menjadi pupuk alami. Hasil pertaniannya tetap bagus walaupun hanya menggunakan pupuk alami dari abu itu."Makanya, kami biasanya meninggalkan lahan itu setelah satu musim, lalu kembali lagi setelah tujuh atau delapan tahun kemudian. Saat itu, lahan sudah kembali rimbun dan kami membakarnya lagi," kata Kimsong.

Nataki
Nataki biasanya dilakukan bersama-sama oleh satu kelompok masyarakat. Caranya dengan merobohkan pepohonan, belukar, atau ilalang di sekeliling lahan yang hendak dibakar. Lebar batas api itu antara tiga hingga lima meter. Nataki diperlukan agar api tidak menyambar lahan di luar kawasan yang hendak dibuka untuk bertani.

Setelah dirobohkan, ilalang atau belukar biasanya disapu ke arah lahan yang hendak dibakar. Itu dilakukan supaya batas api itu benar-benar bersih. Pekerjaan itu tidak mudah karena pembersihan batas api harus dilakukan di sekeliling lahan. Padahal, lahan yang dibuka kadangkala hingga beberapa hektare sekaligus jika akan dikerjakan bersama oleh beberapa petani sekaligus.

Setelah batas api bersih, mereka baru memulai membakar lahan. Sebelum membakar lahan, mereka biasanya juga mengamati arah angin. Mereka akan membakar searah tiupan angin, tetapi ujung lahan biasanya sudah dibakar sedikit supaya jika tiba-tiba angin membesar, api tidak keluar dari batas api.

Lahan dibakar selama tiga atau empat hari. Saat abu sudah mengendap, petani baru menanami lahan dengan tanaman pangan atau sayur-sayuran.

Dulu, tradisi buka lahan ini dirangkai dengan upacara adat. Sekarang, seperti dijelaskan oleh salah satu warga, meskipun tradisi nataki masih dipegang teguh, tak semuanya tradisi buka lahan dirangkai dengan upacara adat yang rumit.

Masyarakat adat umumnya masih patuh terhadap hukum adat terkait pembakaran lahan. Warga adat yang diketahui membakar lahan dengan sengaja dan mengakibatkan kebakaran hebat akan terkena denda adat. Selain itu, warga tersebut juga akan diajukan ke penegak hukum untuk mendapatkan hukum pidana.

Kearifan lokal
Staf Pengajar Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia M. Iqbal Djajadi mengatakan, masyarakat Dayak di Kalimantan Barat termasuk etnis yang memiliki banyak kearifan lokal. "Sayangnya, kearifan lokal itu sering dibenturkan oleh ketidakarifan nasional dan global," tutur Djajadil.

Ia menyebut masuknya investor nasional dan internasional ke Kalimantan Barat dalam satu sisi menjadi semacam ketidakarifan bagi masyarakat lokal. "Walaupun diakui ada banyak manfaat, masuknya investasi besar-besaran dan migrasi masyarakat luar ke Kalimantan Barat telah mengancam eksistensi kearifan lokal masyarakat," kata Djajadi dalam Kongres Kebudayaan Kalbar di Kabupaten Ketapang beberapa waktu lalu.

Ketidakarifan nasional dan global, dalam kaitannya dengan kearifan lokal membuka lahan termanifestasi dalam adopsi cara membakar lahan yang salah. Tidak sedikit perusahaan yang membuka lahan di Kalimantan Barat dengan cara mem bakar lahan. Tanpa membuat batas api, perusahaan-perusahaan itu membakar lahan. Akibatnya, kebakaran meluas.

"Dulu pernah ada perusahaan yang membakar lahan hingga mengakibatkan kebakaran hingga ratusan hektare. Itu karena perusahaan mengabaikan cara membuka lahan seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Kendayan," kata seorang warga adat.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/683/cara-masyarakat-dayak-membatasi-pembakaran-hutan

FULL STORY >>

Sejarah Tari Perut


Oriental dance (nama yang benar untuk Tari Perut) sebenarnya bukalah tarian penggoda yang dilakukan oleh para selir untuk merangsang Sultan atau sang Raja. Hal ini berlawanan dengan kepercayaan banyak orang barat.

Peranan Oriental dance (belly dance) dalam kehidupan social Negara Timur Tengah yang sudah berlangsung berabad-abad, bahwa dari tarian rakyat itu orang-orang dapat melakukannya dengan penuh kegembiraan pada kesempatan tertentu seperti pada pesta pernikahan, kelahiran bayi, festival dalam komunitas tertentu, dan acara acara lainnya yang membawa orang-orang dalam sebuah kebersamaan acara pesta.

Tarian dalam Kehidupan Sosial Muslim
Seiring pertumbuhan Islam, masyarakat hidup dalam rumah tangga yang terpisah-pisah. Laki laki hidup dalam satu bagian didalam rumah sedangkan wanita dan anak-anak hidup dalam bagian lain pada rumah tersebut. Kata “Harem” bukan merujuk ke beberapa kamar erotik penggoda yang berisi dengan wanita telanjang tergolek di atas bantal menunggu kesempatan mereka untuk menggoda Sultan.

Melainkan semata-mata penunjuk ke bagian rumah dimana wanita melakukan kegiatan mereka sehari-hari seperti memasak, menjahit, bergosip dengan teman-teman dan memikirkan anak-anaknya. “Harem” berasal dari kata “Haram” yang artinya terlarang. Laki-laki yang bukan bagian dari keluarga secara langsung atau Muhrimnya dilarang memasuki daerah markas wanita ketika mereka mengunjungi temannya.

Berkenaan dengan acara pesta yang akan dilakukan, wanita akan merayakan dengan sesama wanita lainnya, dan laki-laki melakukan pesta yang terpisah dengan sesama laki-laki. Sejarahnya, laki-laki dan perempuan tidak bercampuran. Dalam beberapa Negara Muslim, itu masih terjadi sampai hari ini.

Pada sore hari, selesai memberi makan suami mereka dengan makanan sore yang besar, tarkadang wanita itu berkumpul di rumah saudaranya, tante, sepupu, teman atau neneknya untuk menikmati waktu bersama-sama.

Dalam kebersamaan yang tidak resmi itu, mereka mungkin bangkit dan mengambil kesempatan untuk menari satu sama lainnya. Disinilah salah satu kesempatan bagi seorang ibu yang mempunyai anak laki-laki bujang untuk mencari gadis yang memenuhi syarat bagi anaknya didalam komunitas tersebut.

Pada saat itu tidak ada kostum yang spesial untuk dipakai, orang-orang menari tari perut dalam pakaian pestanya. Sehingga tarian bukan sesuatu pertunjukan yang dilakukan oleh orang yang kita bayar secara profesional, tetapi adalah sesuatu yang didapatkan dan dilakukan orang secara spontanitas.

Abad ke 20
Waktu berubah, dan orang-orangpun berubah seiring berjalannya waktu. Pada abad ke 20 telah membawa beberapa perubahan bahwa bentuk dan peranan tarian dalam kehidupan sosial di negara negar Timur Tengah yakni sebagai berikut:

  • Penjajahan dari eropa telah membawa gaya kebarat-baratan mereka mempengaruhi Timur Tengah, yang mana di dalam beberapa negara telah menghancurkan garis pemisah tradisional antara laki laki dan wanita pertemanannya menjadi bercampur baur didalam kehidupan sosialnya.
  • Telah tumbuhnya Night Club sebagai tempat orang orang untuk mencari hiburan.
  • Composer seperti Mohammed Abdel yang telah menciptakan music gaya baru dengan pengaruhnya yang berat sekali pada suara orkestra barat.
  • Telah munculnya Cairo dan Beirut sebagai pusat kebudayaan penting didalam dunia Arab.
  • Pada awalnya industri perfilman mesir tertuju pada Samia Gamal, Tahia Carioca, dan pada penari penari lainnya sebagai bintang-bintang Internasional, dan Hollywood telah terinspirasi pada costume kutang dan ikat pinggang yang dibuat dipenuhi dengan kerlap kerlip perhiasan dan mote-mote pada pemunculannya yang pertama.
  • ”Industri hiburan” sepenuhnya telah menyapu dunia untuk mengambil keuntungan dari film, radio dan teknologi pertelivisian.

Hari ini
Hari ini walaupun masih ada pengecualian, sebagian besar di negara Timur Tengah tidak ada lagi pemisahan antara pria dan wanita. Tidak ada lagi yang melakukan pesta terpisah antara pria dan wanita pada resepsi perkimpoian juga pada kesempatan spesial lainnya.

Wanita-wanita muslim yang masih konsevatif masih ragu-ragu untuk menari dalam posisi dimana laki laki yang bukan suaminya dapt melihat mereka, walaupun itu dalam acara sosial sehari-hari. Demikian wanita yang mungkin pergi ke suatu acara yang bercampur antara wanita dan prianya, tetapi mereka mungkin tidak akan menari.

Penari proffesioanal masih melakukan pertunjukan di night club, dan sering dipanggil untuk pertunjukan pada acara pernikahan dan juga acara acara spesial lainnya.

Mungkin telah terjadi pada banyak pribadi tertentu yang telah menggunakan tarian perut ini untuk keperluan pribadi sebagai alat yang menggoda. Tetapi itu bukan sebagaimana cara orang Timur Tengah yang memikirkannya sebagai Tarian Oriental, dan itu tidak seperti peranan yang mereka lihat dalam kehidupan sosial yang mereka miliki. Bagi mereka, tarian ini mengingatkan dengan sungguh sungguh pada suatu dunia dimana orang orang segala umur melakukannya dengan sukacita ketika mereka berkumpul bersama.

Penari penggoda yang menari dengan maksud menggoda, jelas sekali tidak mengerti latar belakang kebudayaan tari perut ini. Atau, bisa jadi memang tidak peduli dengan tari timur tengah yang juga disebut tari oriental.

sumber: http://www.dalimunthe.com/2010/02/sejarahasal-mula-tari-perut.html


FULL STORY >>

4 Cara Mengatasi Bayi Menangis


Menangis adalah cara bayi berkomunikasi dengan Anda untuk memberitahukan apa keinginannya. Namun terkadang, tangisan itu bisa membuat Anda panik dan bingung. Berikut ini empat cara mengatasi tangis bayi, seperti dilansir dari Fit Pregnancy.

1. Penuhi Kebutuhannya
Salah satu cara mengatasi tangis bayi adalah dengan memenuhi kebutuhannya. Cari tahu apakah bayi lapar? mengantuk? buang air kecil atau besar? Dengan mengecek kondisi bayi secara teratur dan memastikan dia baik-baik saja, Anda bisa mengurangi risiko dia akan menangis.

2. Mengurangi Stimulasi yang Berlebihan
Terkadang bayi menangis meskipun semua kebutuhannya sudah Anda penuhi. Hal ini biasanya terjadi karena dia terlalu banyak mendapatkan stimulasi. Stimulasi ini bisa bermacam-macam, seperti cahaya, suara dan orang-orang di sekitarnya.

Bayi selama ini berada di dalam kandungan selama hampir 10 bulan dan berada dalam lingkungan yang gelap. Begitu lahir, dia tiba-tiba berada di lingkungan yang terang, banyak suara dan dikelilingi banyak orang. Bayi baru lahir butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Oleh karena itu mereka bisa saja tiba-tiba menangis karena tidak nyaman.

Jika bayi Anda menangis tiba-tiba padahal semua kebutuhanya sudah dipenuhi, coba bawa bayi ke ruangan yang lebih tenang. Matikan televisi atau musik yang bisa membuatnya kesal. Gendong bayi dan usap-usap punggungnya untuk menenangkannya.

3. Menggendong Bayi
Menurut situs Instictive-Parenting, beberapa bayi menangis karena ingin merasa lebih baik. Mereka bisa saja menangis karena lingkungan yang membuatnya stres dan merasa kaget saat hidup di luar janin. Jika bayi menangis karena hal itu, gendonglah dia dan biarkan tangisan itu. Namun tunjukkan padanya kalau dia boleh menunjukkan emosinya. Jangan timang bayi terlalu keras. Cobalah alihkan perhatiannya dengan mainan. Dengan membiarkan bayi menangis untuk melepaskan stres yang dirasakannya, episode tangisan ini akan berangsur-angsur berkurang.

4. Kontrol Emosi Anda
Perlu diingat, bayi sangat sensitif pada lingkungannya. Jika Anda sebagai ibunya merasakan stres, cemas, sedih atau tidak sabar, bayi bisa merasakannya. Apalagi jika Anda merasakan perasaan-perasaan tersebut saat menggendongnya. Cobalah kontrol emosi Anda dan ubah rasa tidak nyaman itu menjadi rasa cinta.

sumber : http://www.wolipop.com/read/2011/03/12/131431/1590274/857/4-cara-mengatasi-bayi-yang-menangis





FULL STORY >>

Datang Ke Dunia


(PHOTOS.COM)
(PHOTOS.COM)
Jika Anda diminta menjawab pertanyaan apa tujuan kehidupan ini? Bagaimana Anda harus menjawab? Membeli sebuah rumah mewah beserta segala perabotnya? Mendapat keuntungan besar kemudian melewatkan hari tua di Bermuda?

Sebenarnya dalam hati setiap orang mengetahui, bahwa kehidupan itu bukan hanya itu saja. Menjadi manusia barulah hal yang paling penting, mobil BMW dan sepatu bermerek hanya sebagai hiasan untuk memperindah saja. Tetapi kadang kala, kita tidak bisa terhindar dari jalan yang menyimpang, perhatian terpecah pada kesibukan hal lain, hati selalu memikirkan sofa empuk dan perlengkapan hiburan terbaru.

Semua lagu dan film hampir bertema serupa, yakni memberikan perhatian terhadap sesama. Sebenarnya harus terjadi berapa tragedi tragis lagi, kita baru bisa menyadari hal-hal yang paling berharga di dalam kehidupan ini? Umumnya ketika hendak menemui ajal, tidak akan mengatakan kepada orang-orang yang mengasihinya, “Seandainya saya bisa mendapatkan keuntungan 100 ribu lebih banyak lagi!”

Mereka umumnya akan berkata, “Jaga baik-baik ibu dan anak-anak.” Juga tidak ada orang yang mengatakan, “Jangan lupa jaga baik-baik mobil saya.”

Adapun pertanyaan, “Mengapa kita datang ke dunia?” Sepertinya boleh dijawab, demi belajar untuk saling mengasihi.

Ada orang yang melakukan eksperimen di beberapa rumah sakit besar di AS, bayi-bayi yang baru lahir dipisahkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, bayi-bayi itu digendong dan dibelai-belai selama sepuluh menit sebanyak tiga kali sehari. Kelompok kedua, sama sekali tidak dibelai.

Hasilnya, pada bayi kelompok pertama kecepatan bertambah berat badan mereka dua kali lipat lebih cepat dari kelompok kedua. Terapi semacam ini memiliki istilah kedokteran yang sangat panjang, tetapi di sini kita hanya membutuhkan satu kata saja sudah bisa mengartikan keseluruhan istilah kedokteran tersebut, yakni kasih. Jika tidak ada cinta kasih, pertumbuhan bayi tidak akan tumbuh dengan baik. Tidak ada kasih, orang dewasa juga akan merasakan kesengsaraan yang sama.

Entah ada berapa banyak pria yang berkata, “Seumur hidup, saya hanya berharap bisa mendengar ayah berkata bangga terhadap saya. Seumur hidup saya selalu berharap ayah bisa mengatakan bahwa dia sangat menyayangi saya.”

Jika kita bisa menghadapi diri sendiri secara tulus dan jujur, akan menemukan bahwa setiap hal yang kita lakukan demi mendapatkan “kasih” yang lebih banyak. Setiap orang dijalan yang Anda jumpai, setiap orang yang pernah datang dan masuk ke dalam kantor Anda, semua orang mendambakan mendapatkan kasih serta dapat diterima. Namun ada sebagian orang bahkan melakukan tindakan gila-gilaan demi mendapatkan kasih.

Mengapa harus mencemaskan hal tersebut? Agar kehidupan ini bisa lebih berarti, lalu ingin tahu tujuan dari kehidupan ini. Jika Anda tidak menyetujui bahwa “saling mengasihi” itu adalah tugas utama dari kehidupan, maka Anda harus memilahkan dengan jelas hal apa yang paling penting bagi Anda, dan pasti bisa membantu Anda.

Jika Anda setuju, maka Anda boleh menggunakan standar ini untuk mengukur setiap hal yang Anda lakukan. “Jika saya melakukan hal ini, apakah bisa memberikan kasih yang lebih banyak bagi kehidupan, keluarga, teman atau tetangga saya?”

Mencintai seseorang itu bukan harus mencium atau memeluknya setiap kali berjumpa. Cinta atau kasih itu adalah membiarkan seseorang mengenakan pakaian yang hendak dia pakai, melewatkan kehidupan ini sesuai dengan keinginannya, menjadi sosok yang dia kehendaki dan tidak mengritiknya.

http://www.epochtimes.co.id/kehidupan.php?id=609


FULL STORY >>