Peradaban Kuno Chachapoyas

Sabtu

Pada luasnya hutan Amazon, di pegunungan Andes, di kedalaman 500 km sebelah timur laut Lima, Peru, ada sebuah kebudayaan kota kuno, yang disebut dengan “Masyarakat Awan”. Kebudayaan ini telah hilang pada lebih 1000 tahun yang lalu. Hingga detik ini, ia masih menyimpan berjuta misteri.

Misteri peradaban kuno Chachapoyas “Masyarakat Awan” di puncak Amazon, Peru. Kota kuno Chachapoyas, negeri orang-orang awan yang hilang ratusan tahun lalu berhasil ditemukan.

Sebutan “masyarakat awan” mungkin karena mengacu pada pegunungan Andes yang selalu berselimut awan. Kehidupan dan kebudayaan kota kuno yang eksis sejak abad ke-9 ini, sampai sekarang masih misteri dan sulit diungkap, karena mereka tidak banyak meninggalkan catatan.



Meski hilang tanpa jejak selama ratusan tahun lamanya, namun jejak peradaban kota Chachapoyas yang kini masuk wilayah utara Peru, masih bisa ditemukan. Deretan patung-patung menghadap ke matahari terbit yang terkenal dengan sebutan “prajurit awan” tetap berdiri tegak hingga kini.

Patung-patung itu melambangkan keperkasaan masyarakat mereka di masa lalu. Situs Karija ini, dibangun hampir 1 milenium. Sebenarnya itu merupakan kuburan, setiap patung melambangkan tokoh yang di makamkan di sana. Mungkin bisa dibilang mirip dengan situs-situs makam di Tanah Toraja, Sulawesi, Indonesia.

Patung-patung itu terbuat dari clay dan plant matt, dimana di dalamnya berisi mumi para tokoh Chachapoyas. Yang uniknya posisi patung berisi mumi itu sangat sulit dijangkau.

Entah bagaimana masyarakat pada jaman itu membawa dan menempatkannya di sana. Sebab telah diteliti, tidak ada jalan yang bisa diakses menuju tempat itu. Kisah bangaimana kehidupan di Chachapoyas, nyaris menjadi misteri, karena tempatnya yang sangat terisolir.

Kota kuno Chachapoyas yang hilang ini, ditemukan tahun 2008 di hutan lebat Amazon, yang sangat terisolir, oleh tim ekspedisi arkeologi. Jaraknya sekitar 500 km sebelah timur laut Lima.

Tim arkeologi menemukan benteng-benteng dari batu serta bangunan-bangunan yang berada di tepi jurang, sisa-sisa tembok yang memuat lukisan-lukisan yang di pahat di bebatuan. Mungkin ini dibangun mereka untuk melindungi dari musuh.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu tentang keberadaan kota kuno Chachapoyas ini. Hanya sedikit catatan tentang hal itu, termasuk tentang kebudayaan mereka yang berkembang di abad ke-9.

Kenyataannya, kota kuno Chachapoyas itu berada di puncak ketinggian. Diduga, kota di ketinggian itu sengaja dikembangkan untuk pertahanan terhadap musuh. Akan tetapi, nasib mereka menjadi tak menentu, ketika kekaisaran Inca semakin berkembang dan berhasil menaklukkan mereka 500 tahun lalu.

Meskipun bangsa Chachapoyas sempat memberi perlawanan keras, namun kekuatan Inca tak tertandingi. Keberuntungan datang, ketika Spanyol datang pada 1535. Sisa-sisa suku Chachapoyas berpihak pada Spanyol untuk berperang melawan suku Inca. Namun kemudian, datang sebuah penyakit orang Eropa, yakni cacar, yang melenyapkan populasi mereka.

Penulis sejarah Cieza Pedro de León menulis, sosok orang-orang Chachapoyas berkulit putih dan tampan, kaum wanitanya cantik-cantik, itulah sebabnya banyak orang Inca ingin memperistrikan mereka.

Makam tokoh orang-orang awan ini di chullas, di sisi tebing yang dicat dengan atap runcing, khususnya yang ditemukan di Revash. Namun, yang paling mengesankan dari peninggalan konstruksi Chachapoyas adalah Kuelap, benteng monumental yang berada 9.500 meter di atas permukaan laut. Bangunan itu bagian luarnya dilindungi oleh batu-batu besar.

Di Kuelap ada sekitar empat ratus gedung yang mungkin ditempati oleh sekitar 3.500 jiwa. Bandingkan dengan bangunan milik bangsa Inca, Manchu Picchu yang terkenal. Kompleks ini (Kuelap) menunjukkan, bahwa bangsa Chachapoyas pada 1000 tahun lalu telah mampu membuat sesuatu yang luar biasa.

Siapa yang tahu, apalagi yang akan ditemukan di pedalaman Andes Amazon? Semua memang masih misteri, seperti misteriusnya Chachapoyas. Minimnya catatan tentang suku Chachapoyas ini, memunculkan pesimis bagi para peneliti, apakah bisa menguak kisah misterius “orang-orang awan” ini?


Sumber : jelajahunik.blogspot.com


FULL STORY >>

Samurai

Istilah yang lebih tepat adalah bushi (harfiah: "Orang Bersenjata") yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan "Ashigaru" atau tentara berjalan kaki.

Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut "Ronin" (harfiah: "Orang Ombak"). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut "Hanshi".



Samurai di dalam filosofinya harus sopan dan terpelajar. Semasa ke Shogunan Tokugawa, berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan samurai. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya, ialah kaki tangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka yang hanya bertujuan sebagai simbol adat istiadat saja.



Dengan adanya Reformasi Meiji (lebih dikenal dengan "Restorasi Meiji") pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat dan disiplin yang dikenal sebagai "Bushido" masih tetap ada di dalam diri masyarakat Jepang masa kini, sebagai aspek cara hidup mereka yang lain.


Etimologi



Perkataan samurai berasal pada masa sebelum zaman Heian di Jepang, yang mana apabila seseorang disebut sebagai "Saburai", itu berarti dia adalah seorang suruhan atau pengikut.

Hanya pada awal zaman modern, khususnya pada era Azuchi-Momoyama dan awal periode/era Edo pada akhir abad ke-16, dan awal abad ke-17 perkataan saburai bertukar dan diganti dengan perkataan "Samurai". Tetaplah pada masa itu, artinya telah lama berubah.



Pada era pemerintahan samurai, istilah awal "Yumitori" (“Pemanah”) juga digunakan sebagai gelar kehormatan bagi sejumlah kecil panglima perang, walaupun pemain pedang telah menjadi lebih penting. Pemanah Jepang (Kyujutsu), masih berkaitan erat dengan dewa perang, "Hachiman".



Berikut adalah beberapa istilah lain Samurai :

* Buke – Ahli bela diri.

* Kabukimono - Perkataan dari kabuku atau condong, ia merujuk kepada gaya samurai berwarna-warni/variasi.

* Mononofu - Istilah silam yang berarti panglima.

* Musha - Bentuk ringkasan "Bugeisha", harfiahnya pakar bela diri.

* Si - Huruf kanji pengganti samurai.

* Tsuwamono - Istilah silam bagi tentara yang ditonjolkan oleh "Matsuo Basho" dalam "Haiku" terkemukanya. Arti harafiahnya adalah orang kuat.


Senjata



Samurai menggunakan beberapa macam jenis senjata, tetapi katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan mereka. Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangatlah bergantung pada katana di dalam sebuah pertempuran.

Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai "Tachi dan Uchigatana", Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.



Apabila seorang anak telah mencapai usia tiga belas tahun, ada semacam upacara yang dikenal sebagai "Genpuku". Anak laki-laki yang menjalani genpuku mendapat sebuah "Wakizashi" dan nama dewasa untuk menjadi samurai secara resmi.

Ini dapat diartikan, dia diberi hak untuk mengenal katana, walaupun biasanya diikat dengan benang untuk menghindari katana terhunus dengan tidak sengaja. Pasangan katana dan wakizashi dikenali sebagai "Daisho", yang berarti besar dan kecil.



Senjata samurai yang lain adalah "Yumi" atau busar komposit dan dipakai selama beberapa abad hingga masa masuknya senapan pada abad ke-16. Busur komposit model Jepang adalah senjata yang bagus.

Bentuknya memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai jenis anak panah, seperti panah berapi dan panah isyarat yang dapat menjangkau sasaran pada jarak lebih dari 100 meter, bahkan bisa lebih dari 200 meter bila ketepatan tidak lagi diperhitungkan.



Senjata ini biasanya digunakan dengan cara berdiri di belakang Tedate, yaitu : perisai kayu yang besar, tetapi bisa juga digunakan dengan menunggang kuda. Latihan memanah di belakang kuda menjadi adat istiadat Shinto, Yabusame.

Dalam pertempuran melawan penjajah Mongol, busur komposit menjadi senjata penentu kemenangan. Pasukan Mongol dan Cina pada waktu itu memakai busur komposit dengan ukuran yang lebih kecil, apalagi dengan keterbatasannya dalam pemakaian pasukan berkuda.







Sumber: http://siradel.blogspot.com/2010/07/samurai.html


FULL STORY >>

Pionen Mountains


Terbayangkah seperti apa tempat penyimpanan data tercanggih itu? Canggih dalam berbagai hal, seperti teknologi, keamanan, kenyamanan, hingga keindahannya. Penasaran seperti apa? Mari kita lihat bersama.

Data center ini berada di bawah tanah. Memiliki rumah kaca, air terjun, mesin kapal selam Jerman, sinar Matahari artifisial, dan mampu bertahan dari serangan bom hidrogen sekalipun, mirip seperti tempat persembuyian musuh "James Bond".




Ini bukan khayal, data center ini benar-benar ada. Salah satu ISP terbesar Swedia telah membangunnya. Terletak dalam bunker nuklir yang dibangun di bawah Stockholm, terpisahkan dari dunia luar oleh pintu setebal 40 cm.




Berikut beberapa fakta menarik tentang data center ini :


http://farm4.static.flickr.com/3210/3086548471_1e5d07b8b7.jpg


1. Pada awalnya merupakan sebuah bunker nuklir yang digunakan dalam masa perang dingin. Saat itu bunker ini diberi kode nama "Pionen White Mountains".




2. Terletak 30 meter di bawah lapisan granit yang berada tepat di bawah Stockholm, Pionen memiliki luas 1.110 meter persegi.




3. Pionen dirombak total menjadi data center mutakhir di tahun 2007-2008. Saat pembangunan, mereka harus meledakkan batu sebanyak lebih dari 4.000 meter kubik untuk membuat ruang.


http://nexgadget.com/images/Its-the-Nuclear-Bunker-Where-Wikileaks-Shall-be-Located-Wikileaks_eseiu_0.jpg


4. Pionen dirancang untuk dapat bertahan dari serangan bom hidrogen atap granit.

http://3.bp.blogspot.com/_Ogrnl_LCA7Q/SgEcm2O8LCI/AAAAAAAABpA/kl53x_pXm3Q/s400/Pionen+White+Mountain+Data+Centre+by+Albert+France-Lanord+in+Stockholm,+Sweden+3.jpg

5. Pionen berisikan NOC yang mengontrol lima dari data center yang dimiliki Bahnhof, salah satu ISP terbesar di Swedia. Fasilitas tersebut juga berfungsi sebagai tempat hosting colocation. Jadi apabila ingin, Anda dapat menempatkan server Anda di situ (saya yakin harganya tidak murah).


http://1.bp.blogspot.com/_Ogrnl_LCA7Q/SgEcmtD_8YI/AAAAAAAABow/pAVgul6gvHM/s400/Pionen+White+Mountain+Data+Centre+by+Albert+France-Lanord+in+Stockholm,+Sweden+5.jpg


6. Listrik cadangan dihasilkan oleh dua mesin diesel Maybach yang biasanya dipakai di kapal selam Jerman, mampu memproduksi daya sebesar 1,5 Megawatt.




7. Akses internet dengan redudansi tiga lapis. Jaringan itu terbuat dari serat optik melalui tiga jalur yang berbeda di bawah gunung. Pionen merupakan salah satu tempat dengan koneksi internet terbaik di Eropa Utara.




8. Lingkungan kerja Pionen dilengkapi dengan rumah kaca, air terjun, aquarium air asin sebesar 2.600 liter, dan sinar matahari buatan untuk menjaga kenyamanan karyawan.




9. 15 karyawan senior bekerja full time di Pionen.


http://www.repubblica.it/images/2010/11/28/215149085-14cf435f-2d6b-4aa9-89de-993100b59aaa.jpg


Canggih sekali bukan? Mungkin sangat menyenangkan pastinya, apabila dapat berekreasi kesana.

Sumber : gallerydunia.com


FULL STORY >>

Cryo Energy

http://www.salient-news.com/wp-content/uploads/2011/02/nitrogen_liquid.jpg

Menyimpan energi dari tenaga angin dan sinar Matahari, memerlukan jangka waktu tertentu. Oleh karenanya, perusahaan asal Inggris mengembangkan sebuah sistem penyimpanan listrik dengan menggunakan teknik udara yang tersimpan dalam bentuk cair.

Sumber energi terbaru memiliki jangka waktu, karena Matahari tidak selalu menerangi suatu lokasi sepanjang waktu dan angin juga tidak selalu bertiup setiap saat. Akan tetapi, listrik tetap dibutuhkan pada saat tak ada sinar matahari atau pun angin.


http://www.theengineer.co.uk/pictures/467x350fitpad%5B226%5D/7/2/4/2032724_TE_cryo_1.jpg


Demi menjawab masalah itulah, "Highview Power Storage" mengembangkan sebuah cara untuk menyimpan energi yang dihasilan oleh angin dan sinar Matahari, agar dapat digunakan sebagai cadangan saat kedua elemen alam tersebut sedang tidak tersedia.

Sistem "Cryo Energy" milik perusahaan itu, menggunakan kelebihan listrik untuk menyalakan mesin pendingin udara. Mesin tersebut menurunkan temperatur udara menjadi -196 derajat Celcius, sehingga udara menjadi cair. Cairan itu ditampung di dalam tangki terisolasi dengan tekanan rendah.


http://cleantechnica.com/files/2011/03/Highview_storage.jpg


Saat permintaan listrik tinggi, udara cair itu dilepaskan ke sebuah tempat yang temperaturnya sedikit lebih hangat daripada -196 derajat Celcius, sehingga berubah menjadi gas, yang digunakan untuk menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik.

Sistem ini hanya mampu menghasilkan efisiensi, artinya listrik yang dihasilkan hanya 50% dibandingkan listrik yang dipakai untuk sistem pendinginan. Efisiensi meningkat menjadi 70%, ketika udara hangat digunakan. Menurut Highview Power Storage, efisiensi bisa semakin meningkat, apabila sistem ini dipasang pada fasilitas yang memiliki pembuangan panas.


http://images.gizmag.com/hero/highview.jpg


Sistem lain yang dapat digunakan untuk menyimpan energi menggunakan air. Kelebihan listrik dipakai untuk mempompa air ke tempat penampungan yang posisinya tinggi.

Ketika listrik dibutuhkan, air dialirkan ke bawah melewati bendungan dan memutar turbin. "Air pompaan ini lebih mahal dan tidak seportabel sistem Cryo Energy," jelas sebuah artikel di majalah Gizmag.


http://www.engineering.leeds.ac.uk/ipse/yulong/images/research/p4_fig1.gif


Cara lain untuk menyimpan energi adalah dengan baterai. Tapi, biaya untuk penyimpanan itu adalah US$4,000 per kilowatt. Cryo Energy hanya menelan biaya US$1,000 per kilowatt.

Proyek Cryo Energy saat ini sudah berjalan di Skotlandia selama 9 bulan. Highview berencana membangun sistem berskala komersial dengan kapasitas 3,5 MW. Pada tahun 2014 mereka berencana membuat 8 MW sampai 10 MW.

Sumber : nationalgeographic.co.id

FULL STORY >>

Bio Etanol, Pengganti Minyak Tanah


http://thumbnails23.imagebam.com/7781/434c3677808003.gif

Minyak tanah yang dihapus subsidinya, telah membuat harganya meroket dan sulit untuk mendapatkannya. Hal ini membawa imbas negative kepada kelompok industri kecil dan masyarakat menengah kebawah untuk mendapatkan bahan bakar yang murah dan praktis.

Sementara gas yang digalangkan pemerintah sebagai pengganti minyak tanah, dinilai belum sepenuhnya mampu dijangkau masyarakat di pelosok daerah. Belum lagi ketidakjelasan sosialisasi penggunaannya yang telah banyak memakan korban dimana-mana.

Sekelompok usaha kecil dan menengah (UKM) menawarkan sebuah solusi bagi kalangan industri dan masyarakat menengah kebawah, untuk menggunakan kompor bioetanol sebagai alternatif pengganti minyak tanah.

“Sebagai pengganti minyak tanah, kompor bioetanol ini relevan sekali bagi masyarakat dan industri menengah bawah yang belum bisa menjangkau penggunaan kompor gas,” kata Kepala Bagian Pemasaran UKM produsen kompor bioetanol binaan Dewan Koperasi Indonesia, Rivai.


http://bioetanol2008.blogdetik.com/files/2008/06/bioetanol.jpg


Kompor ini menggunakan bioetanol sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah. Bahan baku bioetanol merupakan hasil olahan dari bahan-bahan alami seperti kulit pisang, singkong genderuwo, kulit nanas, gadung, dan sagu. “Karena itu, kompor bioetanol ini sesuai dengan semangat untuk melestarikan alam, karena merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” imbuh Rivai.

Dibandingkan minyak tanah, bioetanol memiliki lebih banyak keunggulan. Kompor bioetanol dapat digunakan tanpa menggunakan sumbu. Nyala apinya pun biru seperti kompor gas, sehingga lebih cepat dan efisien dalam memasak. ” 100 cc bioetanol dapat digunakan memasak selama 40 menit. Artinya dengan satu liter bioetanol saja, konsumen bisa memasak hingga empat jam,” kata Rivai.

Selain itu, kompor bioetanol pun tidak mudah meledak dan lebih aman bagi penggunanya. Jika kompor minyak tanah yang terbakar akan semakin menyala ketika disiram air, tapi bioetanol justru akan mati jika tersiram air. “Penggunaan bioetanol ini pun lebih irit dua pertiga kali dibanding minyak tanah,” imbuhnya.

Mengenai harga bioetanol, Rivai mengatakan, per liternya dijual seharga Rp6.000,-. “Harga ini sebenarnya bisa lebih murah kalau pemerintah mau memberikan dana investasi terhadap pengembangan bioetanol ini,” kata dia.


http://komporbioetanol.files.wordpress.com/2009/08/perlengkapan-kompor-bioetanol.jpg?w=280&h=200


Ia menambahkan, saat ini para produsen bioetanol juga mulai membidik masyarakat menengah kebawah sebagai pangsa pasarnya selama ini yang menjadi konsumen bioetanol adalah komunitas industri kecil, seperti pembatik dan industri tahu.

Padahal, menurutnya, selama ini diluar negeri, penggunaan bioetanol sudah dikenal sebagai alternatif bahan bakar untuk memasak yang lebih ramah lingkungan. “Salah satu pasar ekspor kami adalah Thailand yang sudah mengenal bioetanol sebagai bahan bakar alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan,” tukasnya.

Sumber : anekaplanta.wordpress.com

FULL STORY >>

Tanda dan Jenjang Kepangkatan TNI

Tanda Kepangkatan adalah jenjang struktur dari jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan tingkatan dari yang tertinggi (Perwira), Bintara, hingga yang terendah (Tamtama).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1973, tanda kepangkatan untuk ketiga angkatan (TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU) beserta Polri, disetarakan menjadi seperti di bawah ini. Namun, Kepolisian Republik Indonesia pada tahun 2001, dipisahkan dari TNI dan menggunakan tanda kepangkatan tersendiri.

Berikut ini ialah tanda kepangkatan TNI, mulai dari yang tertinggi samapi yang terendah :


Nama Pangkat
Singkatan
Simbol
Letak
PERWIRA TINGGI
Jenderal Besar
/ Laksamana Besar* / Marsekal Besar**

jenderal besarpati
Pundak
Jenderal / Laksamana Laut* / Marsekal**
Jend.
Letnan Jenderal / Laksamana Madya* / Marsekal Madya **
Letjen
Mayor Jenderal / Laksamana Muda* / Marsekal Muda**
Mayjen
Brigadir Jenderal / Laksamana Pertama* / Marsekal Pertama**
Brigjen
PERWIRA MENENGAH
Kolonel
Kol.
Pundak
Letnan Kolonel
Letkol
Mayor
May.
PERWIRA PERTAMA
Kapten
Kapt.
patama
Pundak
Letnan Satu
Lettu
Letnan Dua
Letda
BINTARA TINGGI
Pembantu Letnan Satu
Peltu
bintara
Pundak
Pembantu Letnan Dua
Pelda
BINTARA
Sersan Mayor
Serma
sersan
Lengan
Sersan Kepala
Serka
Sersan Satu
Sertu
Sersan Dua
Serda
TAMTAMA
Kopral Kepala
Kopka

Lengan
Kopral Satu
Koptu
Kopral Dua
Kopda
Prajurit Kepala
Praka
Prajurit Satu
Pratu
Prajurit Dua
Prada



Keterangan :

* Sebutan Jenderal untuk TNI AL
** Sebutan Jenderal untuk TNI AU

Dalam PP No 6/1990 diatur bahwa struktur organisasi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) hanya dinyatakan bahwa pangkat tertinggi adalah Jenderal TNI, Laksamana TNI, Marsekal TNI, dan Jenderal Polisi.

Jenderal Besar, Laksamana Besar, Marsekal Besar merupakan pangkat kehormatan dan penghargaan yang hanya diberikan kepada Jenderal yang memiliki pengabdian yang luar biasa kepada bangsa dan negara, sesuai dengan PP No. 32/1997.

Sumber : Wikipedia©, hanyauntukanda123.blogspot.com


FULL STORY >>

Sumpah Pocong

Sumpah pocong yang konon merupakan tradisi masyarakat pedesaan adalah sumpah yang dilakukan oleh seseorang dengan kondisi terbalut kain kafan layaknya orang yang telah meninggal.

Sumpah ini tak jarang dipraktekkan dengan tata cara yang berbeda, misalnya pelaku sumpah tidak dipocongi tapi hanya dikerudungi kain kafan dengan posisi duduk.Sumpah pocong biasanya dilakukan oleh pemeluk agama Islam dan dilengkapi dengan saksi dan dilakukan di rumah ibadah (mesjid). Di dalam hukum Islam sebenarnya tidak ada sumpah dengan mengenakan kain kafan seperti ini. Sumpah ini merupakan tradisi lokal yang masih kental menerapkan norma-norma adat. Sumpah ini dilakukan untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali.


Di dalam sistem pengadilan Indonesia, sumpah ini dikenal sebagai sumpah mimbar dan merupakan salah satu pembuktian yang dijalankan oleh pengadilan dalam memeriksa perkara-perkara perdata, walaupun bentuk sumpah pocong sendiri tidak diatur dalam peraturan Hukum Perdata dan Hukum Acara Perdata. Sumpah mimbar lahir karena adanya perselisihan antara seseorang sebagai penggugat melawan orang lain sebagai tergugat, biasanya berupa perebutan harta warisan, hak-hak tanah, utang-piutang, dan sebagainya.

Dalam suatu kasus perdata ada beberapa tingkatan bukti yang layak diajukan, pertama adalah bukti surat dan kedua bukti saksi. Ada kalanya kedua belah pihak sulit menyediakan bukti-bukti tersebut, misalnya soal warisan, turun-temurunnya harta, atau utang-piutang yang dilakukan antara almarhum orang tua kedua belah pihak beberapa puluh tahun yang lalu. Bila hal ini terjadi maka bukti ketiga yang diajukan adalah bukti persangkaan yaitu dengan meneliti rentetan kejadian di masa lalu. Bukti ini agak rawan dilakukan. Bila ketiga macam bukti tersebut masih belum cukup bagi hakim untuk memutuskan suatu perkara maka dimintakan bukti keempat yaitu pengakuan. Mengingat letaknya yang paling akhir, sumpah pun menjadi alat satu-satunya untuk memutuskan sengketa tersebut. Jadi sumpah tersebut memberikan dampak langsung kepada pemutusan yang dilakukan hakim.

Sumpah ada dua macam yaitu Sumpah Suppletoir dan Sumpah Decisoir. Sumpah Supletoir atau sumpah tambahan dilakukan apabila sudah ada bukti permulaan tapi belum bisa meyakinkan kebenaran fakta, karenanya perlu ditambah sumpah. Dalam keadaan tanpa bukti sama sekali, hakim akan memberikan sumpah decisoir atau sumpah pemutus yang sifatnya tuntas, menyelesaikan perkara. Dengan menggunakan alat sumpah decisoir, putusan hakim akan semata-mata tergantung kepada bunyi sumpah dan keberanian pengucap sumpah. Agar memperoleh kebenaran yang hakiki, karena keputusan berdasarkan semata-mata pada bunyi sumpah, maka sumpah itu dikaitkan dengan sumpah pocong. Sumpah pocong dilakukan untuk memberikan dorongan psikologis pada pengucap sumpah untuk tidak berdusta

BAGAIMANA ISLAM MENILAI SUMPAH POCONG ?
Dalam Islam Pelaksanaan SUMPAH POCONG dibolehkan selama BERSUMPAHnya atas nama ALLAH si Tuhan Islam. Inilah hadisnya :

“Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka ia telah kufur atau syirik.” (HR Tirmidzi dari Umar ibnu Khattab).

“Barangsiapa yang bersumpah demi selain Allah, maka ia telah berbuat syirik.” (Dikeluarkan oleh Ahmad dengan sanad yang shahih, dari Umar bin Al-Khattab)

Dan bahkan si Haji Muhammad SAW juga pernah melakukan sumpah seperti ini sekalipun dalam pelaksanaannya Nabi Muhammad tidak dikenakan kain kafan [pocong]. Nama kerennya disebut MUHABALLAH.

Berikut ayat tentang Muhaballah : “Siapa yang membantahmu tentang kisah ‘Isa sesudah datang ilmu , maka katakanlah : “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya la’nat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.” (Q.S.Ali Imran : 61)

BAGAIMANA PELAKSANAAN SUMPAH POCONG ?
Dilihat dari kasus-kasus yang pernah ada. Adanya kasus / masalah yang diragukan kebenarannya.
- Adanya kasus / masalah Bid’ah/Fitnah yang ditimpakan kepada seseorang
- Adanya kasus sengketa
- Dan kasus-kasus lain yang dianggap oleh IMAM setempat layak diadakan sumpah pocong

PELAKU SUMPAH
Adalah orang/pihak yang merasa difitnah dan atau ingin menyampaikan kebenaran yang dia sungguh-sungguh yakini benar tetapi sulit diterima oleh kelompok masyarakat sekitar. Maka dengan adanya sumpah pocong ini dianggap sebagai satu PUNCAK PERNYATAAN atas kebenaran yang ingin disampaikan.

SAKSI PELAKSANAAN SUMPAH
- Keluarga Pelaku Sumpah
- Saksi atas kebenaran yang ingin disampaikan dalam materi sumpah
- Imam Agama / Ulama
- Tokoh Masyarakat yang ditunjuk
- Wakil pemerintah yang ditunjuk

TEMPAT PELAKSANAAN SUMPAH
Rumah ibadah, karena ini adalah perilaku kaum islam jadi so pasti pelaksanaannya di Masjid. Kenapa dipilih rumah ibadah? Karena Masjid diyakini sebagai RUMAH TUHAN Maka jika ada dusta yang diikrarkan ditempat ini, maka laknat dan azab akan ditimpakan kepada si pendusta.

TATA CARA SUMPAH POCONG

  • Si pelaku sumpah dimandikan/disucikan sebagaimana memandikan/mensucikan mayat. Dimandikan oleh keluarga dekat [muhrim] disaksikan oleh saksi-saksi yang ditunjuk [Sesama Jenis].
  • Si pelaku didandani selayaknya mayat dalam tata cara pemakaman Islam [dipocong]
  • Si pelaku mengucap syahadat sebagai bentuk pengakuan bahwa memang yang dia imani hanya ALLAH si Tuhan Islam dan Nabi si Haji Muhammad SAW.
  • Pembacaan surat Yasin dan doa-doa/ tahlil tahmid selayaknya diberikan kepada yang sudah mati.
  • Si pelaku mengucapkan sumpah / ijab atas HAL APA yang dia KUKUHKAN atau dia SANGKAL.
  • Contoh : Bismillahirochmannirochim…Dengan nama Allah SWT yang maha melihat atas semua yang saya lakukan maka Saya Aisah binti Muhammad dengan sadar menyatakan bahwa tuduhan yang ditimpakan atas saya adalah fitnah dan apabila ada dusta atas sumpah saya, saya siap menerima azab dan laknat dari Allah berupa : A – Z [tergantung keberanian si pelaku sumpah dan atau sudah ditetapkan oleh si saksi-saksi…dan seringkali efek yang disebutkan diantaranya adalah : 7 Keturunan tidak akan selamat , sanggup mati saat pengambilan sumpah, sanggup mendapat sakit tak terobati setelah mengucap sumpah, dll

  • Para saksi dan hadirin berdoa bersama, diantaranya adalah permohonan ampun kepada Allah SWT tentang segala kekhilafan yang dilakukan oleh semua yang ada.
  • Si pelaku sumpah, dibuka pocongnya
  • Bersalam-salaman antara si pelaku sumpah, saksi-saksi dan pihak-pihak yang berseberangan dengan si pelaku sumpah
  • Makan – makan (Ada pestanya juga nih…. :04: )

HASIL SUMPAH POCONG
Menunggu azab ALLAH / karma yang diberikan Allah kadang melalui mimpi dan atau kutukan secara langsung misalnya si pelaku sumpah benar-benar sakit dll…. Dan ini masih sangat kurang jelas karena tidak definitif antara AZAB ALLAH dan HUKUMAN MASYARAKAT sekitar untuk si pelaku sumpah.

Bagi umat Islam, sumpah pocong perlu dipertahankan karena masih relevan dengan pengetahuan dan keyakinan masyarakat dan mampu mencegah tindakan main hakim sendiri dalam menuntaskan perselisihan. Kalaupun cara ini tampak berkesan primitif, sebenarnya tak lebih disebabkan perbedaan paradigma dan ukuran yang digunakan untuk menilai.

Kalau diperhatikan secara cermat, psikologi masyarakat yang mengamalkannya percaya bahwa konsekuensi bagi mereka yang berbohong akan dihukum oleh Tuhan adalah semacam penjara batin yang sangat dahsyat.

Bagi Umat Islam, gagasan untuk melakukan sumpah adalah salah satu upaya mencari kebenaran dari sesuatu yang dipersengketakan. Kenyataannya, ada salah satu pelaku meninggal tak lama setelah bersumpah, sehingga serta-merta diketahui siapa yang berbohong, meskipun ini juga tidak dijadikan penanda karena kematian merupakan otoritas Tuhan.

Persoalan yang seringkali terdengar di masyarakat awam, seperti tuduhan santet, hutang-piutang, dan perselingkuhan kadang berujung kebuntuan, sehingga ada sebagian mereka yang menuntut pelaksanaan sumpah pocong.

Apakah Memang Benar Ada Karma Bila Sumpah Tersebut Dilanggar…?
Biasanya, bersumpah demi Allah SWT… itu juga ada sanksi nya juga.

Setiap orang bersumpah, kira kira akan mengucapkan demikian “Jika dia bener-2 begini, maka akan terjadi XXXX. Jika dia tidak begini, maka akan terjadi XXXXX”

Sanksi-sanksi tersebut (XXXX), pada hakekatnya adalah do’a permohonan kepada Allah SWT. Kalau Allah SWT mengabulkan doa tersebut sesuai dgn harapan pada ‘point-point’ yang disumpahkan, maka terjadilah apa yang menjadi kehendak NYA. Tetapi, kalau nggak dikabulkan, ya tetep saja nggak terjadi kalau Allah tidak menghendaki NYA.


Sumber: Copas Sana Sini dari blog copas yang tidak menuliskan sumbernya.


FULL STORY >>