Kejujuran dan Kepolosan Seorang Abraham Lincoln

Minggu



Kejujuran dan Kepolosan Seorang Abraham Lincoln


(INTERNET)

Budi pekerti mantan Presiden Amerika, Abraham Lincoln, selalu mendapatkan kehormatan dalam hati masyarakat. Ketika masih bertugas sebagai pelayan toko pada masa mudanya, pernah sekali pelanggan Lincoln kelebihan bayar sejumlah uang, segera setelah mengetahuinya Lincoln menyusul pelanggan tersebut hingga sejauh belasan kilometer, hanya untuk mengembalikan uang kelebihan tersebut.

Pernah juga sekali, Lincoln tiba-tiba menyadari telah kurang memberikan 100 gram daun teh kepada pelanggan sehingga ia bergegas menempuh jarak berkilo-kilometer untuk mengantarkan kekurangan tersebut, yang tiada habisnya mengharukan para pelanggan.

Paras Lincoln tidaklah tampan, pernah dipergunjingkan banyak orang, tetapi Lincoln tidak menganggapnya tabu. Pada satu kesempatan, Lincoln berdebat dengan Douglas lawan politiknya menjelang pemilihan presiden. Douglas menyatakan bahwa Lincoln adalah orang bermuka dua, lain di bibir lain di hati.

Kemudian tiba gilirannya, Lincoln berucap: “Douglas baru saja berkata bahwa saya bermuka dua, cobalah kalian pikir, jika saya memiliki wajah yang lain, akankah saya tetap mengenakan wajah yang ini untuk menjumpai kalian?” Pernyataan ini memancing gelak tawa hadirin, Douglas sendiri pun ikut tertawa.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Kejujuran dan Kepolosan Seorang Abraham Lincoln”

Bebas Berkomentar..