Jurong Bird Park, Singapura

Sabtu



Jurong Bird Park, Singapura

Singapura tak selamanya dikenal sebagai surga belanja. Sejumlah tempat pariwisata yang dimilikinya juga mampu memikat. Salah satunya adalah Jurong Bird Park.
Sensasi kunjungan ke Jurong Bird Park sudah dimulai begitu pengunjung menjejakkan kakinya di pintu gerbang. Baliho besar berbentuk unik dengan warna-warna variatif siap menyambut tamu yang datang. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 18 dolar Singapura untuk dewasa dan 9 dolar Singapura untuk anak-anak, pengunjung bisa memulai petualangannya.
Image
Ada dua cara yang bisa dipilih pengunjung untuk menyusuri taman ini, naik panorail atau berjalan kaki. Untuk pilihan pertama, mereka harus merogoh lagi koceknya sebesar 5 dolar. Keuntungannya, pengunjung bisa menyaksikan keseluruhan taman dari atas tanpa harus berpeluh keringat. Sementara, untuk pilihan kedua, mereka cukup menyiapkan stamina lantaran area yang akan ditelusuri memiliki luas hingga 20 hektare.

Di area seluas itu, pengunjung bisa menyaksikan berbagai koleksi burung yang jumlahnya tak kurang dari 9.000 ekor. Burung-burung tersebut berasal dari 600 spesies. Bukan hanya dari Asia Tenggara, unggas-unggas impor dari Afrika, Amerika Selatan, dan Australia turut menambah variasi koleksi. Termasuk di antaranya koleksi terbesar di Asia Tenggara, seperti Asian Hornbills dan Amerika Selatan, Toucans.

Nah, menariknya, taman yang bisa dijangkau dengan MRT (mass rapid transit) ini menerapkan sistem kandang terbuka. Beberapa jenis burung seperti kakaktua, merpati, nuri, dan flamingo dibiarkan terbang bebas di alam tanpa adanya pembatas fisik.

Hal ini membuat pengunjung pun bisa bebas berinteraksi dengan satwa tersebut. Apalagi burung-burung di sana terlihat sudah sangat terbiasa dengan kehadiran manusia. Meski demikian, burung-burung buas atau langka seperti elang dan cendrawasih tetap ditempatkan dalam kandang.

Dari Penguin sampai Air Terjun Raksasa

Petualangan dimulai dari wahana penguin. Dengan membawa suasana Antartika di dalamnya, pengunjung bisa menyaksikan parade penguin yang begitu atraktif. Tak kurang dari 200 penguin dari 5 jenis spesies menetap di sini, yakni humboldt, rockhopper, macaroni, fairy, dan king penguin.

Keluar dari wahana penguin, pengunjung bakal berhadapan dengan si talking birds. Dan berjalan beberapa meter lagi, Flamingo Pool menyuguhkan pemandangan menarik berupa jejeran burung flamingo berwarna atraktif.

Lepas dari Flamingo Pool, area Mandarin Ducks sudah menghadang. Pemandangan di area ini memang cukup menarik dengan kehadiran bebek-bebek china yang memiliki tubuh cantik bak lukisan-lukisan bordir negeri tirai bambu. Keindahan burung-burung menawan juga ditampilkan di Window on Paradise. Burung-burung cantik semacam cendrawasih dan merak menjadi penghuni setia area ini.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Jurong Bird Park, Singapura”

Bebas Berkomentar..