Imutnya Hedgehog

Minggu



Imutnya Hedgehog

Hedgehog merupakan binatang peliharaan yang bagus. Mereka  menunjukkan kasih sayang dan mudah dipelihara. (GETTY IMAGES)









Selain suara hempasan dan nafas berat, malam terasa sepi. Apakah sebenarnya yang membuat suara-suara itu? Tidak lain adalah seekor hedgehog (sejenis landak kecil) yang tengah mencari makan. Apa yang kita ketahui tentang hewan penyendiri seperti dalam buku cerita anak tersebut?

Orang di berbagai belahan dunia telah mengetahui daya tarik mamalia kecil ini, bahkan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Mereka relatif tidak dikenal di Amerika Utara, tetapi minat untuk menjadikan binatang ajaib ini sebagai hewan peliharaan terus meningkat. Makhluk yang memiliki muka selalu tersenyum ini, memiliki sifat lucu alami dan cocok dengan gaya hidup dan jadwal setiap orang. Mereka tidak berbau dan mudah dilatih untuk membuang kotoran di tempatnya.

Hedgehog sering dikira landak, karena duri yang melindungi tubuhnya. Sungguh menyenangkan menyaksikan hedgehog berlari-lari melintasi ruangan, dengan kaki kecil yang menopang tubuh montoknya. Berat hedgehog dewasa berkisar antara ¼ sampai 1 kg, kira-kira seukuran hewan marmut. Tetapi ada pula yang mencapai 3,5 kg.

Tiap hedgehog mempunyai kepribadian yang berbeda dan berpembawaan jinak, sungguh menyenangkan untuk dipegang (hanya perlu sedikit latihan agar terbiasa dengan durinya) Hidupnya tergantung pada pemiliknya. Hedgehog yang dipelihara suka bermain dengan mainan sederhana, seperti tabung kertas toilet. Mereka suka memasukkan kepalanya ke dalamnya.

Hedgehog senang meringkuk dan tergolong pendiam, sehingga mereka mudah untuk diajak bepergian. Hotel meng-izinkan mereka, karena mereka bukan binatang pengerat. Lantas apa makanan mereka? Makanan kucing! Kelebihan lainnya—tidak seperti kucing, yang kadang-kadang memanjat kain dan merobek furnitur, hedgehog tidak melakukan suatu tindakan yang menjengkelkan.

Hedgehog yang hidup liar di Eropa sangat membutuhkan perlindungan— seperti dari bahaya lalu lintas mobil atau sebuah kolam di halaman. Tentu saja, hewan ini dapat memanjat dengan mudah, tetapi jika dinding kolam terlalu tinggi, ia tidak dapat memanjat keluar dan akan mati tenggelam.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Imutnya Hedgehog”

Bebas Berkomentar..