Jadi Pendengar Yang Baik Bagi Pasangan

Rabu



Jadi Pendengar Yang Baik Bagi Pasangan

Berikut ini adalah beberapa panduan bagi Anda untuk bisa manjadi pendengar yang baik.

1. Berikan ia perhatian yang tidak terbagi
Ketika pasangan Anda ingin berbicara, jauhkan hal-hal yang lain yang ada dipikiran Anda dan benar-benar berada di sampingnya ketika ia sedang berbicara. Anda tidak mungkin bisa mendengar apa yang ia bicarakan jika Anda memikirkan hal lain yang Anda akan lakukan atau harus Anda lakukan.

2. Dengarkan apa yang sedang ia katakan
Hal ini biasanya terjadi bila terjadi perbedaan pendapat. Mudah bagi Anda memilih hal-hal tertentu dari pembicaraan pasangan yand mau Anda dengarkan dan kemudian Anda bisa melemparnya kembali. Ini bukanlah debat anak sekolah dimana Anda mengejar skor untuk memenangkan argumen. Ia adalah orang yang Anda sayang dan tindakan Anda sekarang dan nantinya yang akan menentukan jalan kehidupan Anda berdua.

3. Pandang ia ketika ia bicara
Pernahkah Anda mencoba bicara pada seseorang yang terus-menerus menghindari kontak mata dengan Anda? Sangat membuat Anda kehilangan semangat, terutama ketika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan. Ketika Anda berbicara pada pasangan, fokuskan pAndangan padanya dan bukan ke sekeliling Anda.

4. Perhatikan nada emosi yang terpendam dari pasangan Anda
Sering kali, pasangan Anda tidak mau mengatakan secara terus terang apa yang ada dalam pikiran mereka dan itu tergantung Anda untuk bisa menariknya keluar. Dengan memperhatikan nada emosi, melalui bahasa tubuh, perubahan suara, dan sebagainya dari pasangan Anda, Anda akan mengetahui indikator sebenarnya yang menganggunya dan juga bagaimana hal itu mempengaruhi pasangan Anda.

5. Pahami pasangan Anda
Pemahaman yang baik sering kali dapat memperbaiki perselisihan. Hal itu memiliki dua efek pertama, mengatakan pada pasangan bahwa Anda mendengar dan mengerti apa yang dikatakannya. Kedua, membuat pasangan lega karena sudah mengeluarkan emosi yang terpendam yang mungkin menjadi penyebab masalah. Ketika banyak emosi yang keluar pada suatu situasi yang perlu Anda lakukan adalah pahami keadaan pasangan dengan mengulangi dengan kata-kata Anda apa yang dikatakannya.

6. Tetap tenang
Jika pasangan Anda marah, sering kali Andalah yang menjadi sasarannya karena Anda yang berada di bersamanya dan satu-satunya orang yang bisa menjadi pelampiasan emosinya. Meskipun ini tidak menyenangkan, tapi inilah jalan yang paling baik untuk mengatasi situasi. Ini termasuk dalam jobdesc Anda sebagai pasangannya. Anggap ini hanyalah cara pasangan Anda melepaskan amarah dan hindari perasaan untuk balas marah kepada pasangan, hal itu hanya akan membuat keadaan lebih buruk.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Jadi Pendengar Yang Baik Bagi Pasangan”

Bebas Berkomentar..