Makanan Khas Yang Murah Di Jogja

Kamis



Makanan Khas Yang Murah Di Jogja

1. Gudheg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
• Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
• Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
• Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Disetiap sudut kota Jogja pasti ada yang jual ni makanan. biasanya dijajakan pagi2 sekali antara jam 5-8 pagi ato tengah malam 10malam-4 pagi. beberapa tempat yang bnyak menjual gudeg yaitu sepanjang jalan Affandi (Gejayan) (pagi dan malam), jalan urip sumoharjo (malam), jln solo (malam), pasar kranggan (pagi dan malam), dan banyak lagi.

2. Brongkos


Brongkos adalah masakan khas Yogya yang mirip dengan rawon. Sama-sama gelap karena dimasak menggunakan kluwek. Bedanya adalah pada rasa. Kalau rawon itu cenderung gurih/asin, maka brongkos cenderung manis dan biasanya juga agak pedas.Walaupun brongkos adalah masakan khas Yogya, namun ternyata relatif jarang warung atau restoran di Yogya yang memiliki menu brongkos. diwarung makan sederhana biasanya menjual masakan ini.

3. Sate Klatak


Sate yang disajikan seperti sate kambing pada umumnya. Namun yang membedakan adalah cara cara membuat dan menyajikannya. Sate yang masih mentah hanya diberi bumbu minimalis berupa air garam. Sate ini disajikan dengan kuah gulai serta potongan kubis dan tomat. Rasanya, tentu dibayangkan saja sudah membuat lidah bergoyang. Satu hal yang menjadi ciri khas sate klatak adalah alat tusuknya, yang lain dari yang lain. Alat tusuknya bukan bilah bambu yang diruncingkan bagian ujungnya laiknya sate kambing, melainkan jeruji sepeda, yang panjangnya sekitar 30 sentimeter. Daging kambing muda yang diiris sebesar ibu jari orang dewasa itu akan ditusuk menggunakan jeruji sepeda, dibumbui garam, lalu dibakar.

Sate klatak banyak dijajakan sepanjang jalan daerah Jejeran, Bantul (Jln Imogiri Timur +- 5km). Warung yang menjual sate klatak biasa buka siang dan malam.

4. Jadah Tempe


Jadah atau uli ini terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama dengan parutan kelapa. Kemudian ketan yang sudah matang di tumbuk hingga halus dan menyatu dengan kelapanya. Jadah dimakan dengan menggunkaan tempe bacem dan cabe rawit. Rasanya gurih manis plus pedas yang nonjok! Penasaran? Jadah berbentuk lonjong yang masih hangat ini rasanya gurih karena campuran kelapa di dalamnya. Sedangkan rasa manis nya di dapat dari tempe bacemnya

Makanan ini banyak dijajakan di daerah tujuan wisata Kaliurang. (+- 20 km dr kota jogja)

5. Geblek

Geblek yang ini "e" yang pertama dibaca seperti "e" pada "gendut" dan "e" yang kedua dibaca seperti "e" pada "ember".

Geblek adalah snack khas dari Kabupaten Kulon Progo, DIY. Bahan bakunya dari pati singkong kemudian dicampur dengan parutan kelapa, garam dan bawang putih lalu dibentuk seperti angka delapan. Rasanya gurih, biasanya asinnya sedikit saja sehingga tidak membuat eneg.

6. Lotek


Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan.
Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

Makanan ini banyak dijajakan di berbagai sudut Jogja. biasanya warung yang menjual buka siang hari. karena lotek terasa lebih segar jika dinikmati siang hari.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Makanan Khas Yang Murah Di Jogja”

Bebas Berkomentar..