Apakah Planet Nibiru Cuma Mitos ??

Sabtu



Apakah Planet Nibiru Cuma Mitos ??



Dari kabar yang telah beredar selama ini, kita ketahui bahwa ada sebuah planet yang sedang mendekati bumi tercinta kita ini. Planet tersebut bernama Nibiru. Dari beberapa sumber juga menyebutkan bahwa planet tersebut akan menabrak bumi kita pada tahun 2012. Ketika di hubung-hubungkan dengan ramalan bangsa Maya tentang kiamat tahun 2012, Pemberitaan ini semakin membuat orang percaya akan hal tersebut.

Pertanyaannya, dari mana asal muasal planet yang di namakan dengan planet Nibiru itu??

berikut petikan dari artikel yang kami kutif dari http://netsains.com/ artikel tersebut memuat tentang wawancara dengan David Morrison, NAI Senior Scientist (NASA).

Cerita dimulai dengan pernyataan tentang keberadaan planet Nibiru, sebuah planet yang “konon” ditemukan oleh bangsa Sumeria. Zecharia Sitchin, orang yang menulis fiksi tentang “The Ancient Mesopotamian Civilization of Sumer”, menyatakan dalam beberapa buku (The Twelfth Planet, ditebitkan tahun 1976) bahwa dia telah menemukan dan menterjemahkan dokumen-dokumen bangsa Sumeria yang mengatakan keberadaan planet Nibiru, sebuah planet yang mengorbit Matahari setiap 3600 tahun. Leteratur bangsa Sumeria ini juga menyebutkan tentang “Astronot Kuno” bernama Annunaki yang mengunjungi Bumi dari peradaban Alien. Lalu Nancy Lieder, yang menyatakan dirinya adalah seorang fisikawan mengatakan dirinya sedang berkomunikasi dengan Alien, lalu menulis dalam website-nya “Zetatalk” bahwa sebuah planet fiksi disekitar bintang Zeta Reticuli memperingatkannya bahwa Bumi sedang dalam bahaya karena planet X/Nibiru. Bencana ini pertama kali diprediksi untuk 23 Mei, tapi ketika tidak terjadi apa-apa tanggal kiamat dimajukan menjadi Desember 2012. Hanya saja akhir-akhir ini literatur Sumeria tersebut dihubung-hubungkan dengan kalender jangka panjang bangsa Maya yang mana berakhir pada tahun 2012. Dari sini tanggal kiamat diprediksikan tepat tanggal 21 Desember 2012.

Nibiru adalah sebuah nama dari astrologi babilonia, terkadang berasosiasi dengan dewa Marduk. Nibiru muncul sebagai karakter kecil dalam syair babilonia Enuma Elish sebagaimana yang tercatat dalam perpustakaan Assurbanipal. Dari sekitar abad 23 sampai abad 17 sebelum Masehi, pernyataan bahwa Nibiru adalah sebuah planet dan diketahui oleh bangsa Sumeria sangat bertolak belakang dengan para sarjana (selain Zecharia Sitchin) yang telah mempelajari dan menterjemahkan literatur dari Mesopotamia kuno. Sumeria memang bangsa yang besar, meraka hebat dalam Agrikultur, pengaturan air, budaya, dan khususnya menulis. Tetapi mereka meninggalkan sedikit sekali catatan tentang pengetahuan astronomi mereka. Yang pasti mereka tidak mngetahui keberadaan tentang Uranus, Neptunus, ataupun Pluto. Mereka juga tidak tahu bahwa planetlah yang mengorbit Matahari, sebuah ide yang berkembang di yunani kuno 2000 tahun setelah keruntuhan bangsa Sumeria. Pernyataan yang mengatakan bahwa bangsa Sumeria sangat hebat dalam bidang astronomi, atau mereka mempunyai dewa bernama Nibiru merupakan hasil dari imajinasi Sitchin.

Terus, kenapa pada tahun 1983, d pemeberitaan koran waktu itu beredar kabar bahwa NASA telah menemukan objek misteius yang dinamakan Planet X?

Planet X” adalah sebuah ungkapan ketika digunakan untuk objek yang “mungkin” nyata. Istilah tersebut telah digunakan oleh banyak astronom untuk menamakan sesuatu yang mungkin atau dicurigai sebuah objek. Ketika sebuah objek ditemukan, pasti dinamakan, sama seperti Pluto dan Eris, keduanya pernah dinamakan sebagai planet X. Jika sebuah objek ternyata tidak nyata atau bukan planet, maka Anda tidak akan pernah mendengarnya lagi. Jika itu nyata, maka tidak akan dinamakan planet X.
Eris adalah satu dari banyak planet Dwarf yang telah ditemukan oleh astronom di Tata Surya lingkar luar, semuanya memiliki orbit yang normal dan tidak akan pernah pergi ke Bumi. Seperti Pluto, Eris lebih kecil dari bulan kita, sangat jauh, dan orbitnya tidak akan pernah bisa membawanya mendekat lebih dari 4 milyar mil. Tidak ada rahasia tentang Eris dan orbitnya.

Berbicara tentnag bangsa Maya. Bangsa Maya memang pintar dalam hal astronominya. Mereka mengembakan kalender yang begitu rumit. Kalender kuno menarik bagi para sejarawan, tapi kemampuan penetapan waktu dan kepresisian waktunya tidak bisa kita samakan dengan kemampuan kalender yang saat ini kita gunakan. Yang pasti Kalender modern maupun kuno, tidak bisa memprediksikan tentang masa depan, atau memperingatkan apa yang terjadi pada 2012.

Sekarang, coba perhatikan kalender yang ada di rumah mu?atau di handphone dan meja kerja mu? Kalender kita berakhir tanggal 31 Desember. Tapi tidak terjadi apa-apa pada hari itu. Hal itu bukan lah menandakan bahwa hari itu adalah hari kiamat atau hari akhir, tapi itu merupakan permulaan dari tahun baru.

Jelas sudah bahwa planet Nibiru adalah sebuah Mitos. Tapi hal positif yang perlu kita ambil dari fenomena Planet Nibiru ini bahwa kita harus semakin menguatkan iman kita kepada Tuhan kita. Rasa saling menghargai, tolong menolong antara sesama manusia harus kita lakukan. Satu hal lagi, kita juga harus menyayangi Bumi tercinta kita.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Apakah Planet Nibiru Cuma Mitos ??”

Bebas Berkomentar..