Tips Melamar Pekerjaan, Lewat Email
Makin banyak perusahaan yang membolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya.
Bagi calon karyawan, ini akan  menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika Anda  mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda dapat  mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan menyesuaikannya.
Tentu saja semua tips umum menulis surat lamaran tetap perlu diikuti.
1. Judul Email
Judul  email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud  dari email Anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat.  Sebagai contoh, Anda dapat menuliskannya sebagai berikut “Lamaran untuk  Posisi Manajer Pemasaran”.
Catatan: Baca dengan baik iklan  lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Anda menuliskan kode  tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama jika pada saat yang  bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
2. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering  kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di  file tersendiri. Menurut teman saya yang bekerja di bidang recruiting  sebuah perusahaan multinational, Anda dapat menuliskan surat lamaran  (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan  menerima surat lamaran Anda dengan baik. Pengalaman saya, tidak pernah  ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan  email.
3. Bagaimana dengan Resume?
Jangan menulis resume Anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda.
4. Word, PDF, atau Text?
Biasanya  perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang  bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka  mengijinkan Anda untuk mengirimkan file berformat pdf. Jika tidak  disebutkan, kirimkan resume Anda dalam file MS Word (.doc).
File text (ekstension .txt)  lebih baik tidak digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file  tersebut terkadang muncul di badan email. Ini terutama jika Anda  menggunakan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.
5. Ukuran Email
Usahakan  ukuran email Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama  dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar  file yang Anda lampirkan. Jika Anda diminta menyertakan foto, jangan  masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranya dengan  menggunakan berbagai jenis program photo editor.
6. Email Signature
Email  signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider  email Anda. Signature ini bisa Anda program sendiri, atau bagian dari  iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature ini  mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.
Email web gratis seperti Yahoo!  dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email  yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya  memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.
7. Test Kirim
Untuk  surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read,  Anda juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan  mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dengan attachment-nya ke email  lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email  perusahaan yang Anda tuju. Kirim ke alamat email lain yang Anda punya.  Jika Anda hanya mempunyai satu alamat email, Anda bisa membuat alamat  email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.
Apa pentingnya langkah ini?  Sering kali format email yang Anda kirim berubah setelah sampai di  alamat email lain. Saat mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya  perhatikan spasi email saya berubah dari satu menjadi dua. Tapi  sebaliknya, email yang saya kirim dari Gmail ke Yahoo! tidak berubah  formatnya. Ini alasan kedua saya menggunakan Gmail untuk mengirimkan  lamaran saya. 



0 komentar to “Tips Melamar Pekerjaan, Lewat Email”