Saint Thomas, Wisata Syurga Di Karibia

Sabtu



Saint Thomas, Wisata Syurga Di Karibia


St.Thomas Blackbeard Castle (WIKIPEDIA)
St.Thomas Blackbeard Castle (WIKIPEDIA)
Saint Thomas U.S Virgin Islands merupakan satu dari tiga pulau di Karibia. Pulau-pulau lainnya adalah Saint John dan Saint Croix. Obyek wisata paling populer di Karibia ini memiliki fasilitas dermaga bagi kapal-kapal pesiar berkelas, termasuk kapal pesiar Oasis milik Royal Carribean Internasional.

Daya tarik pulau yang di tahun 1800 adalah perkebunan tebu ini yakni keindahan pulau dan berbagai atraksi wisata serta surga belanja bagi wisatawan. Harga-harga barang yang dijual di sini umumnya sudah termasuk pajak. Tetapi tidak kalah bersaing dengan Amerika Daratan.

Pulau yang diapit laut Karibia di selatan dan Laut Atlantik di utara ini berpenduduk kurang lebih 50,000 jiwa. Tujuan utama dari kegiatan wisata adalah ibu kota, Charlotte Amalie. Terdapat sederet pertokoan di mana pengunjung bisa mendapatkan barang-barang bermerek dengan harga miring baik perhiasan maupun elektronik.

Pulau ini dibeli oleh Amerika pada 1917 dari kolonial Denmark. Termasuk dua pulau lainnya St.John dan St.Croix seharga 25 juta dolar. Tujuan pembelian pulau-pulau ini adalah untuk mempertahankan pengawasan di laut Karibia dan Terusan Panama pada masa Perang Dunia I.


Keindahan pantai-pantainya menempatkan pulau ini menjadi tempat persinggahan kapal pesiar tersibuk di Karibia. (MANUH/THE EPOCH TIMES)

Berakhirnya perang telah membawa peralihan pulau ini dari penghasil tebu dan gula menjadi daerah kunjungan wisata. Keindahan pantai-pantainya menempatkan pulau ini menjadi tempat persinggahan kapal pesiar tersibuk di Karibia. Khususnya di West Indies. Pantainya yang terkenal adalah Magens Bay, dengan pasir putih dan air yang jernih. Tentu saja cuaca yang hangat sepanjang tahun karena keberadaannya di garis katulistiwa merupakan arena untuk menyelam, berlayar dan memancing.

Meningkatnya komersialisasi yang tidak diimbangi dengan keterampilan penduduk menyebabkan maraknya kejahatan di kota ini, sehingga sering mendapat julukan ’unvirgin’ dari nama asal Virgin Islands.

Uniknya, ini satu-satunya tempat di Amerika dimana tempat duduk sopir berada di sebelah kiri. Kebiasaan ini tetap dipakai untuk melestarikan sejarahnya dari kolonial Denmark terdahulu.

Karena jarak dari satu tempat ke tempat yang lain relatif dekat, transportasinya juga unik. Taksi dengan kap terbuka atau sejenis bemo dipakai untuk melayani para penumpang yang umumnya adalah wisatawan. Dikenal dengan sebutan "Dollar Ride" karena biayanya hanya beberapa dolar untuk bepergian tergantung tempat tujuannya. Taksi ini biasanya melayani jalur sibuk antara pelabuhan kapal pesiar Heavensight, downtown Charlotte Amalie dan pelabuhan Crown Bay.


Sederet pertokoan di mana pengunjung bisa mendapatkan barang-barang bermerek dengan harga miring baik perhiasan maupun elektronik. (MANUH/THE EPOCH TIMES)

Tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi antara lain Blackbeard’s Castle, adalah satu dari lima tempat penting di St Thomas. Bangunan yang berfungsi sebagai menara pengawas ini dibangun pada 1679 oleh kolonial Denmark, digunakan untuk melindungi pelabuhan. Nama aslinya adalah Skytsborg Tower atau menara senjata, berlokasi di puncak bukit pemerintah.

Buck Island National Wildlife Refuge, merupakan pulau kecil yang terletak 4 km selatan St. Thomas seluas 180 hektar difungsikan sebagai taman marga satwa dan area pelestarian terumbu karang.

Fort Christian, bangunan mencolok ini dahulu adalah penjara dan kantor polisi kini dipakai sebagai museum.
Magens Bay Arboretum, kebun raya seluas 5 hektar bisa menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.

Tidak kalah menariknya mencoba St. Thomas Skyride, kereta gantung ini membawa Anda hingga ketinggian 700 kaki ke puncak Paradise Point. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan kota Charlotte Amalie serta keindahan teluk pelabuhan Heavensight dengan sederetan kapal-kapal pesiarnya.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Saint Thomas, Wisata Syurga Di Karibia”

Bebas Berkomentar..