Indikator Arus Uang Atau Money Flow Index

Jumat



Indikator Arus Uang Atau Money Flow Index

Arus uang atau lebih dikenal dengan istilah Money flow dalam analisis teknis dikenal sebagai "harga tipikal (typical price) dikalikan dengan volume, yang merupakan salah satu bentuk dari taksiran terhadap nilai uang pada hari perdagangan.

Indeks Arus Uang atau lebih dikenal dengan nama Money flow index yang disingkat MFI adalah merupakan suatu osilator yang dihitung berdasarkan suatu periode tertentu (N-hari) dengan rentang nilai antara 0 - 100 yang menunjukkan "arus uang" pada hari dimana harga mengalami kenaikan sebagai suatu persentase dari total hari kenaikan dan penurunan.

Rumus perhitungannya adalah "harga tipikal" untuk setiap harinya adalah merupakan nilai rata-rata dari harga tertinggi, terendah dan harga penutupan.

Arus uang adalah merupakan hasil dari harga tipikal dan volume transaksi pada hari itu.
MFI digunakan sebagai suatu osilator. Nilai 80 umumnya dianggap sebagai kelebihan minat beli dan nilai 20 diangap sebagai kelebihan minat jual. Diverjensi antara MFI dan aksi harga juga merupakan hal yang signifikan, misalnya apabila harga mengalami rali kenaikan namun ketinggian MFI adalah lebih rendah daripada angka tertinggi sebelumnya maka ini adalah merupakan indikasi akan terjadinya pelemahan atau pembalikan tren.

Dapat dicatat disini bahwa MFI dibuat dalam bentuk yang serupa dengan indeks kekuatan relatif , dimana keduanya melakukan perhitungannya berdasarkan hari dimana harga mengalami kenaikan dibandingkan dengan total hari dimana harga mengalami kenaikan ditambah dengan total hari dimana harga mengalami penurunan, namun skalanya adalah merupakan akumulasi pada hari tersebut atas volume pada MFI sebagai lawan dari nilai perubahan harga untuk RSI.

Makna dari "arus uang" adalah merujuk pada volume uang dalam hal ini adalah total nilai dari saham yang diperdagangkan.

Dalam penggunaan istilah "arus uang" pada MFI, dalam hal ini adalah volume uang pada hari dimana harga mengalami kenaikan yang menunjukkan entusias dari pembeli, dan pada hari dimana harga mengalami penurunan maka ini menunjukkan entusias dari penjual . Proporsi yang terlalu besar dalam suatu arah atau sebaliknya adalah menyatakan bahwa telah nampak terjadinya suatu gejala pembalikan arah / tren.

Artikel Lainnya