Berapakah Hadiah Piala Dunia 2010 ??

Sabtu



Berapakah Hadiah Piala Dunia 2010 ??

Final Piala Dunia 2010 bukan semata memperebutkan trofi. Tapi, laga ini juga menjadi peluang bagi pemain untuk menambah kocek mereka. Sebab, FIFA sudah menyiapkan hadiah uang bagi tim yang meraih prestasi di ajang empat tahunan ini. Total, hadiahnya mencapai USD 420 juta atau setara Rp 3,79 triliun. Jumlah itu naik sebanyak 60 persen dibandingkan dengan Piala Dunia 2006 lalu. Selain hadiah yang diberikan kepada setiap kontestan, FIFA juga menyisihkan dana untuk klub yang merelakan pemainnya. FIFA memutuskan membayar sekitar USD 40 juta atau setara Rp 361 miliar kepada klub yang merelakan pemainnya berlaga di Piala Dunia.


Itu adalah kesepakatan antara klub dengan FIFA pada 2008 lalu. Kesepakatan itu terjadi setelah sederet klub elite Eropa yang tergabung dalam G-14 menuntut adanya ganti rugi terhadap para pemain yang cedera gara-gara tampil di pentas internasional.

Sebelum Piala Dunia 2010 berlangsung, FIFA juga sudah membayar USD 1 juta atau setara Rp 9,04 miliar kepada 32 kontestan Piala Dunia 2010 untuk melakukan persiapan. Hadiah tentu semakin berlipat seiring dengan capaian mereka.

Saat ini, Belanda dan Spanyol sudah melaju ke final. Mereka bersiap memperebutkan gelar juara sekaligus uang sejumlah USD 30 juta atau setara Rp 271 miliar. Bila gagal di final, salah satu dari kedua tim itu akan mendapat uang USD 24 juta atau setara Rp 216,9 miliar.

Pemain yang tampil di Piala Dunia juga mendapatkan limpahan bonus dari federasinya masing-masing. Spanyol sudah dijanjikan bakal mendapatkan bonus sebesar 414 ribu pounds atau setara Rp 5,6 miliar per pemain jika menjadi juara. Bonus yang didapatkan Spanyol lebih besar dibandingkan dengan Belanda yang hanya mendapatkan bonus sebesar 250 ribu pounds atau setara Rp 3,4 miliar.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Berapakah Hadiah Piala Dunia 2010 ??”

Bebas Berkomentar..