Primbon Jawa, Diminati Masyarakat Jerman

Sabtu



Primbon Jawa, Diminati Masyarakat Jerman

Primbon Jawa atau konsultasi mengenai Horoskop dengan mengunakan Astrologi Jawa diminati pengunjung baik kalangan muda maupun senior dalam acara Open House All Nations Festival 2010 yang digelar di KBRI Berlin. Indonesia paling banyak dimininati pengunjung acara Open House All Nations Festival 2010 dibandingkan 27 perwakilan asing lainnya, ujar Counsellor Pensosbud-KBRI Berlin, Agus Priono kepada koresponden Antara London, Rabu. Dikatakannya dalam acara Open House All Nations Festival yang digelar oleh pemerintah kota Berlin, KBRI Berlin menyanjikan berbagai acara.

Sesuai dengan tema yang ditetapkan penyelenggara kali ini yakni "Geburtstag" (atau hari lahir), KBRI Berlin mempresentasikan tumpengan "nasi kuning" sebagai simbol perayaan hari bahagia dan membuka konsultasi mengenai Horoskop atau Astrologi Jawa yang diminati pengunjung baik kalangan muda maupun senior.

Tercatat lebih dari 700 orang mengunjungi KBRI Berlin pada Open House yang digelar pemerintah Kota Berlin, meskipun suhu udara pada hari pelaksanaan All Nations Festival mencapai 39 derajat celcius.

Menurut Agus Pirono, baik pemerintah Kota Berlin selaku panitia penyelenggara acara, maupun pengunjung serta media menyampaikan pengamatan mereka bahwa pengunjung ke KBRI Berlin dalam rangka acara tersebut adalah yang terbanyak atau teramai dibandingkan 27 perwakilan asing lainnya.

Berbagai acara lain yang disuguhkan KBRI Berlin antara lain penampilan kesenian Angklung, Gamelan, Pencak Silat, Tarian-tarian, Band DM-Besi, Fashion Show Batik/Lurik serta penyajian Spa menarik perhatian pengunjung.

Door prize (tombola) khususnya tiket pesawat Berlin-Jakarta-Berlin yang sediakan oleh Travel Agent Ariways Holidays juga sangat dinanti para pengunjung, ujarnya.

KBRI Berlin memanfaatkan acara tersebut untuk melakukan promosi kuliner. Warung Indonesia menyajikan berbagai hidangan masakan dan minuman Indonesia disiapkan Dharma Wanita Persatuan KBRI Berlin, antara lain sate, nasi goreng, mie goreng, bakso, siomay, kopi, teh, es campur yang laris terjual dan diminati pengunjung.

Para pengunjung juga tertarik dengan display berbagai produk unggulan dan kerajinan Indonesia yang dipamerkan dalam rangka acara tahunan di Berlin tersebut, maupun warung konsuler yang memberikan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian.

Dubes RI Berlin, Eddy Pratomo menyampaikan bahwa berbagai acara yang disajikan utamanya dimaksudkan untuk mendekatkan masyarakat Jerman dengan Indonesia melalui seni dan budaya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, sajian tumpengan nasi kuning yang dilengkapi dengan lauk pauk dan sayur-sayuran melambangkan permohonan doa dan kesejahteraan bagi yang merayakannya.

Berbagai acara yang disajikan KBRI Berlin juga menarik perhatian media di Berlin antara lain TV Berlin, Berliner Morgent Post dan Tagesspiegel dan juga dari media Indonesia seperti Gatra dan TV One di Jerman juga meliput acara gelar seni dan budaya tahunan tersebut.

TV RBB memberikan porsi tayang khusus bagi penampilan. Indonesia dalam program "Abendschau", juga Tagesspiegel mengadakan wawancara khusus dengan Dubes RI Berlin menjelang pelaksanaan All Nations Festival .

Sumber: kompas.com

Artikel Lainnya



0 komentar to “Primbon Jawa, Diminati Masyarakat Jerman”

Bebas Berkomentar..