Saran Bagi Penggemar Daging

Senin



Saran Bagi Penggemar Daging


Ingatlah untuk menggunakan panggangan. Lebih aman mengonsumsi  daging matang daripada setengah matang.  (PHOTOS)

Sebuah lagu dari pertunjukan musik Broadway Porgy and Bess mengatakan, “Saat musim panas tiba, hidup menjadi mudah.” Tetapi tidak ditambahkan dalam lagu tersebut bahwa musim panas juga berbahaya dan merupakan musim sakit akibat makanan.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika melaporkan bahwa 8 juta orang menderita penyakit akibat makanan setiap tahunnya. Parahnya, 5.000 orang meninggal setiap tahun karenanya.

Berikut beberapa poin yang perlu diingat agar Anda tetap baik-baik saja. Dan juga satu hal yang saya katakan pada istri saat berbelanja!

Simpan makanan dengan tepat. Jika Anda merencanakan pesta kebun dan ingin menghidangkan steak, Anda dapat menyimpan steak di lemari pendingin hingga empat hari. Tetapi jika akan dihidangkan sebagai hamburger atau ayam untuk makan malam, tetap simpan daging dan ayam di lemari pembeku (freezer) sampai Anda siap mencairkannya.

Hindari hamburger setengah matang. Jangan pernah sekali-kali memakannya. Beberapa orang suka mengonsumsi hamburger setengah matang. Akan sulit menyampaikan pada seorang teman –di suatu sore yang menyenangkan– bahwa dia melakukan hal bodoh. Namun mengonsumsi hamburger setengah matang sama halnya dengan mengadu untung pada permainan Rolet Rusia (menembakkan kepala dengan revolver yang sebelumnya diisi satu peluru dan memutar silindernya).

Saya akui biasanya suka memesan blue steak (steak yang dimasak sangat cepat lantas dimasukkan dalam oven untuk lebih menghangatkan bagian dalam steak), sebuah steak setengah matang. Tetapi saya tidak pernah mengonsumsi hamburger setengah matang.

Mengapa? Karena E. coli adalah bakteri berbahaya yang berdiam di usus binatang dan dapat mencemari daging di rumah jagal. Jika ini terjadi, bakteri E. coli yang menempel di permukaan daging, akan digerakkan masuk ke dalam daging oleh mesin pemotong.

Ini bukan langkah yang bagus. Semakin dalam bakteri ini masuk, akan semakin sulit mematikannya melalui proses pemasakan. E. coli dapat mengakibatkan penyakit yang serius atau kematian.

Cairkan makanan dengan tepat. Lemari es adalah teman terbaik Anda untuk mencegah makanan berubah menjadi racun, dan tempat utama untuk mencairkan makanan adalah di dalam lemari es. Jadi mari kita rencanakan dahulu. Tidak bijaksana mencairkan hamburger atau ayam di meja dapur. Alternatif terbaik berikutnya adalah mencairkan bungkusan bersegel di air dingin.

Tangani sisa makanan dengan tepat. Sungguh bijaksana jika menempatkan sisa makanan segera di dalam lemari pendingin atau langsung membuangnya. Saya sering mengamati saat piknik orang-orang meninggalkan sisa makanan di meja sementara aktivitas lainnya berlangsung. Mereka juga menempatkannya pada tas pendingin yang tidak lagi dingin dan membawanya pulang.

Gunakan pendingin dengan tepat. Sungguh wajar selama berwisata di hari yang cerah sering membuka tas pendingin untuk mengambil minuman ringan. Tetapi tindakan ini juga menyebabkan tas berpendingin menjadi kurang dingin. Minuman ringan yang menjadi hangat tidak akan menyebabkan sakit, tetapi daging dan makanan yang mudah rusak lainnya jika tidak dalam kondisi dingin akan menyebabkan sakit perut. Jalan keluar yang mudah adalah menggunakan dua tas berpendingin dan memisahkan makanan yang mudah rusak ke dalam satu tas. Pastikan menggunakan banyak es dan jauhkan tas dari matahari.

Mencegah pencemaran silang. Anda dapat mencegah beberapa makanan beracun dengan menggunakan alat yang berbeda untuk daging mentah dan daging masak.

Berbelanja dengan tepat. Ketika berbelanja dengan isteri, saya memperhatikan dia mengambil es krim sebelum mengambil barang-barang lainnya. Saya mengatakan, ”Mengapa tidak mengambilnya terakhir supaya tidak mencair?”

Mengambil hamburger dan ayam terakhir sebelum selesai berbelanja adalah tindakan yang masuk akal. Juga sangat masuk akal jika di hari yang panas membawa tas pendingin sehingga hamburger dan ayam dapat diletakkan di dalamnya. Dan jangan menundanya begitu tiba di rumah.

Hancurkan bakteri dalam ternak dengan tepat. Jangan cuci ayam mentah karena hanya akan menyebarkan mikroorganisme. Satu-satunya cara untuk menghancurkan bakteri adalah dengan memasaknya, dan makanan yang tidak lagi berwarna merah jambu, tidak menjamin makanan tersebut aman untuk dimakan.

Pilih ikan dengan tepat. Sebuah laporan dari Universitas Tufts memperingatkan konsumen agar jangan membeli makanan yang berada di atas “batas beku” atau di atas rak pendingin toko. Pastikan bahwa seafood segar yang dipajang berada di atas es tebal dan beraroma segar. Dan jika Anda mengonsumsi seafood mentah seperti sushi, akan lebih aman untuk mengonsumsi ikan yang sebelumnya telah dibekukan.


Artikel Lainnya



0 komentar to “Saran Bagi Penggemar Daging”

Bebas Berkomentar..