Roti Kepresidenan Jerman

Senin



Roti Kepresidenan Jerman


Presiden Jerman Woolf sedang bekerja di kantornya. (GETTY IMAGES)
Rakyat Jerman gemar makan roti, dan merasa bangga atas keragaman jenis roti. Ahli pembuat roti, Jochen Gaues (44), di Hanover, Jerman, yang dijuluki sebagai raja roti, menggunakan cara tradisional untuk membuat roti.

Rotinya sangat digemari, diantaranya aktor Hollywood Jack Nicholson, Raja Spanyol, Kesebelasan Nasional Jerman dan beberapa orang terkenal lainnya yang menjadi langganannya. Selain melayani hotel berbintang, Gaues masih mempunyai seorang pelangan khusus lainnya. Setiap 2 kali sebulan, dia mengirim roti ke Belvedere, istana kepresidenan Jerman yang berjarak 250 km lebih.

Partai Hijau Berlin terkejut atas pemberitaan tersebut, dan menganggapnya sebagai tindakan “gila”. Bila presiden ingin menikmati roti produksi kampung halamannya, bisa saat cuti pulang kampung. Organisasi Lingkungan Hidup juga mengkritik tidak seharusnya melakukan tindakan pemborosan seperti itu. Himpunan Pengrajin Tangan Berlin juga mengeluhkan, apakah di Berlin tidak ada orang yang bisa membuat roti sesuai selera presiden?

Gaues juga mengatakan kepada wartawan, bahwa anggota Partai Hijau, mantan menteri luar negeri Fisher, juga pelanggannya. “Roti saya murni hasil buatan tangan, berkualitas prima, ahli roti di Berlin jika mampunyai kemampuan tersebut, mereka harus membuang mesin pembuat roti itu,” ujar Gaues. Dia mengatakan lebih lanjut, istana presiden tiap bulan hanya membelanjakan 400 dolar Euro saja, tidak banyak. Namun yang membuatnya bangga, Jerman hanya mempunyai seorang presiden, yang mempunyai seorang ahli roti di Hanover.

Gaues mengatakan lebih lanjut, sesungguhnya Presiden Woolf bukanlah presiden pertama yang menjadi pelanggannya. Presiden yang menjabat pada dua periode sebelum Woolf, yaitu Roman Herzog juga memesan roti di sini. Begitu juga mantan Presiden Kohler yang dua minggu sekali memesan rotinya. Pejabat istana presiden juga membenarkan, tiap kali ada kegiatan resmi, pasti memesan roti Gaues.

Pada 4 tahun lalu, Gaues membuat T-Shirt seragam untuk karyawannya, di atasnya tertera tulisan yang mencolok: “Ahli roti kepresidenan asal Hanover, bernama Jochen (nama Gaues)”.


Artikel Lainnya



0 komentar to “Roti Kepresidenan Jerman”

Bebas Berkomentar..