Silat Kumango, Padukan Tarekat Dan Seni Bela Diri

Selasa



Silat Kumango, Padukan Tarekat Dan Seni Bela Diri

Nama silat ini (Kumango) sangat erat kaitannya dengan tempat di mana silat itu tumbuh dan berkembang. Silat Kumango pada awalnya tumbuh dan berkembang di sebuah kampung yang bernama “Kumango” (di daerah Kabupaten Tanah Datar – Sumatera Barat). Oleh karena itu, silat itu kemudian dikenal atau diberi nama “Silat Kumango”.

Pencipta silat ini adalah Syekh Abdul Rahman Al Khalidi yang bernama kecil Alam Basifat. Syekh Abdul Rahman Al Khalidi adalah seorang ulama yang menyebarkan tarekat Samaniyyah dan Naksyabandiyah di seluruh ranah Minang.

Konon, sebelumnya Syekh Abdul Rahman Al Khalidi pernah menjadi seorang parewa (preman) yang malang-melintang selama 15 tahun.

Suatu saat ia bertemu dengan Syekh Abdurrahman, kemudian menekuni ajaran agama Islam, dan menjadi seorang ulama. Berdasarkan pengalamannya sebagai seorang preman yang sering berkelahi, Syekh Abdul Rahman Al Khalidi menguasai “seni berkelahi” yang kemudian dikombinasikan dengan ajaran-ajaran agama Islam.

Pengkombinasian itu akhirnya membuahkan seni bela diri yang bernama Silat Kumango, sehingga sang pendiri sering disebut dengan “Syekh Kumango”.

Oleh karena Syekh Abdul Rahman Al Khalidi adalah penganut dan sekaligus penyebar tarekat Samaniyyah dan Naksyabandiyah, maka gerakan-gerakan silat yang diciptakannya tidak lepas dari kedua tarekat tersebut.

Dalam hal ini gerakan-gerakannya sarat dengan ajaran-ajaran cinta kasih dan keridhaan Allah SWT, sebagaimana sikap dan perilaku Rasulullah SAW. Hal ini tercermin dari kegunaan silat yang tidak bertujuan untuk menyakiti lawan, tetapi hanya digunakan untuk membela diri, dan hanya boleh digunakan apabila terpaksa.

Langkah-langkah dalam gerakan Silat Kumango membentuk Alif-Lam, Lam-Ha, Mim-Ha, dan Mim-Dal. Gerakan-gerakan (langkah-langkah) inilah yang kemudian menjadi khas, berbeda dengan aliran-aliran silat lain yang sebagian jurus-jurusnya mengacu pada gerakan-gerakan binatang, seperti Silat Bayang Buayo dan Silat Harimau.Ibrahim

Paduko Sultan dan Syamsarif Malin Marajo adalah dua tokoh pewaris Silat Kumango, yang disegani masyarakat setempat. Mereka ini adalah keturunan langsung dari Syekh Abdul Rahman Al Khalidi.

Silat kumango di zamannya sempat menjadi salah satu unsur yang sangat erat kaitannya dengan kedudukan sosial seseorang. Artinya, dengan menguasai Silat Kumango, seseorang akan dihormati karena ia mempunyai strata sosial yang tinggi dalam masyarakat. Oleh karena itu, para orang tua banyak yang mendorong anak laki-lakinya yang berumur 5—10 tahun untuk mempelajarinya agar kelak menjadi orang yang terpandang dan disegani di dalam masyarakatnya.

Perkembangan aliran silat ini sempat terhenti ketika Syamsyarif Malim Marajo diculik dan akhirnya dibunuh oleh anggota Partai Komunis Indonesia (PKI), karena dianggap sebagai lawan yang berbahaya dan mempunyai pengaruh yang besar dalam masyarakatnya. Namun, pengikut-pengikutnya tetap mengembangkannya, sehingga Silat Kumango sampai sekarang masih tetap eksis.



Artikel Lainnya



8 komentar to “Silat Kumango, Padukan Tarekat Dan Seni Bela Diri”




Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat...




sama2. wah saya salut dengan web anda.
:)




info yang sangat bermanfaat, mohon ijin share infonya di blog saya...

Ladi Utoyo 5/19/2011 Reply To This Comment



Assalamualaikum wr wb.
Yang saya tahu selama ini didalam tarikat Samaniyyah dikenal bela diri yang namanya mubarajah, apakah silat Kumango identik dengan mubarajah ?
Terima kasih.
Wassalam

Ladi Utoyo




W'salam Pak Ladi, maaf kami tidak mengerti tentang mubarajah.




aslm,
apakah keturunan dari syekh kumango masih bisa kita temui saat sekarang ini?
maksih sebelumnya kanda.




Apa ada hubungannya silat kumango dengan silat mubarajah




silat kumango dan silat mubarajah sama2 berasal dari tarekat samaniyah. kalau silat kumango bisa dipelajari oleh orang biasa tanpa menuntut tarekat samaniyah, sedangkan silat mubarajah tidak dapat dipelajari secara teori dikarenakan silat mubarajah berkaitan erat dengan dzikir seseorang apakah sudah mapan apa belum. karenanya silat mubarajah sangat sulit diperoleh orang awam (umum)

Bebas Berkomentar..