Melatih Kecerdasan Emosional

Minggu



Melatih Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (EQ) bukan merupakan lawan kecerdasan intelektual yang biasa dikenal dengan IQ, namun keduanya berinteraksi secara dinamis. Pada kenyataannya perlu diakui bahwa kecerdasan emosional memiliki peran yang sangat penting, Oleh karena itu perlu melatih kecerdasan emosional dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan individu di sekolah, tempat kerja, dan dalam berkomunikasi di lingkungan masyarakat.

Untuk mengembangkan keterampilan dan melatih kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan cara, antara lain ;

1) Mengenali emosi diri kesadaran diri. Mengenali perasaan sewaktu perasaan yang dirasakan terjadi merupakan dasar kecerdasan emosional. Kemampuan untuk memantau peraaan dari waktu kewaktu merupakan hal penting bagi pemahahaman diri. Ketidakmampuan mencermati perasaan kita sesungguhnya menempatkan kita dalam lingkungan perasaan. Orang yang memiliki kenyakinan yang lebih tentang perasaannya adalah bagaikan seorang pilot yang canggih mampu mengenali kepekaan lebih tinggi akan keadaan emosi yang dirasakan saat itu.

2) Mengelola emosi. Menangani perasaan agar dapat terungkap dengan pas adalah kecakapan yang tergantung pada keasadaran diri. Kemampuan untuk menghibur diri, melepaskan kecemasan kemurungan atau ketersinggungan atau akibat-akibat yang muncul karena kegagalan keterampilan emosional dasar ini.

3) Memotivasi diri. Penataan emosi sebagai alat untuk mencapai tujuan adalah hal yang sangat penting dalam keterkaitan memberi perhatian untuk memotivasi diri sendiri dan menguasai diri serta mampu melakukan kreasi secara bebas. Pengendalian emosi seperti menahan diri terhadap suatu kepuasaan dan pengendalian dorongan hati sebagai landasan.

4) Memahami emosi orang lain. Kemampuan yang juga termasuk kecerdasan emosional adalah keterampilan bergaul dan berinteraksi dengan orang lain.

5) Membina hubungan. Setelah kita melakukan identifikasi kemudian kita mampu mengenali, hal lain yang perlu dilakukan dalam mengembangkan kecerdasan emosional yaitu dengan memelihara hubungan dengan membina hubungan tersebut. Keterampilan membina hubungan merupakan bagian dari keterampilan sosial. Hal ini dapat menunjang kita dalam mengembangkan pergaulan. Hal ini dapat dilakukan dengan kita melakukan komunikasi.



Artikel Lainnya



0 komentar to “Melatih Kecerdasan Emosional”

Bebas Berkomentar..