Mengurangi Nyeri Punggung

Selasa



Mengurangi Nyeri Punggung

sakit pinggang

DELAPAN dari 10 orang diperkirakan menderita gangguan sakit punggung dalam berbagai jenis. Mungkin Anda kesulitan menemukan cara mencegah dan mengatasi yang tepat mengingat mitos seputar penyakit ini yang juga sama banyaknya dengan jumlah penderitanya. Untuk membantu Anda menemukan cara yang tepat, berikut beberapa mitos, fakta dan solusi seputar sakit punggung.

Pastikan selalu duduk tegak untuk mencegah sakit punggung. Posisi bermalas-malasan memang buruk bagi punggung. Akan tetapi, duduk tegak lurus terlalu lama juga bisa memicu peregangan pada punggung. Jika pekerjaan menuntut Anda duduk dalam jangka waktu lama, cobalah menerapkan latihan berikut beberapa kali dalam sehari: duduklah sambil menyandarkan punggung ke kursi dengan kaki berada di lantai dan punggung sedikit dilengkungkan. Untuk hasil yang lebih baik, luangkan waktu untuk berdiri dan berjalan ke sekeliling ruangan beberapa menit setiap periode waktu dalam sehari.

Mengangkat benda berat akan menyakiti punggung. Bukan beratnya yang jadi masalah, tetapi cara Anda mengangkatnya. Tentunya tetap lebih baik menghindari beban yang terlalu berat untuk ukuran Anda. Namun jika hendak mengangkat beban, pastikan jongkok tepat di dekat benda dengan posisi punggung tetap lurus dan tegak ke atas. Berdirilah dan gunakan kaki untuk mengangkat beban. Pastikan jangan memilin atau membungkukkan tubuh saat mengangkat.

Tinggallah di tempat tidur hingga sakit punggung hilang. Istirahat memang bisa membantu cidera akut atau peregangan yang memicu sakit punggung. Tetapi, Anda tidak perlu terus di tempat tidur. Satu atau dua hari di tempat tidur malah bisa memperburuk sakit punggung Anda.

Sakit punggung selalu dipicu oleh cidera. Tidak hanya cidera, sakit punggung juga bisa disebabkan oleh penurunan fungsi cakram akibat penuaan, penyakit, infeksi, bahkan konidi penyakit yang diturunkan.

Mereka yang kelebihan berat badan lebih berisiko menderita sakit punggung. Hal ini benar adanya. Obesitas akan menambah stres pada punggung. Karena itu, cobalah tetap fit dan mempertahankan berat badan sehat untuk menghindari sakit punggung. Selain itu, hindari olahraga keras di akhir muinggu tanpa diiringi olahraga teratur sebelumnya. Cara ini justru bisa menyebabkan cidera.

Mereka yang kurus bebas dari sakit punggung. Setiap orang bisa saja menderita sakit punggung. Faktanya, mereka yang terlalu kurus, seperti penderita anoreksia (gangguan makan), justru mengalami penurunan massa tulang yang bisa memicu patah atau retak tulang belakang.

Olahraga tidak baik untuk sakit punggung. Ini hanyalah mitos besar semata. Olahraga teratur justru membantu Anda mencegah sakit punggung. Penderita cidera akut yang mengalami sakit punggung umumnya dianjurkan mengikuti program olahraga yang dimulai dengan gerakan ringan dan ditingkatkan secara perlahan. Begitu rasa sakit akut reda, olahraga akan membantu mencegah terjadinya sakit punggung berulang.

Vitamin K. Vitamin K yang terdapat pada brokoli, bayam dan sayur berwarna hijau gelap dapat mempertahankan deposit kalsium dalam tubuh. Makin kuat tulang, otomatis tubuh pun kuat. Sebab, tulang ibarat penopang tubuh, yang bisa mengurangi kemungkinan cedera yang menyebabkan nyeri pada punggung. (OL-08)

Sumber : mediaindonesia.com


Artikel Lainnya



2 komentar to “Mengurangi Nyeri Punggung”




Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)




Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Bebas Berkomentar..