Observatorium La Silla, Tempat Pengamatan Bintang

Senin



Observatorium La Silla, Tempat Pengamatan Bintang

Observatorium La Silla adalah salah satu observatorium terbesar di wilayah lintang selatan. Observatorium ini adalah salah satu tempat di mana penemuan planet, bintang, serta asteroid banyak ditemukan.

Apa sih kelebihan observatorium ini? Johny Setiawan, salah satu astronom yang menggunakan fasilitas La Silla untuk melakukan observasi, mengatakan, “Letaknya jauh dari permukiman, 2-3 jam perjalanan dari kota terdekat.”

La Silla terletak di Gurun Atacama, Cile, pada ketinggian 2.400 meter. Letaknya yang jauh dari permukiman dan berada di wilayah yang lapang membantu kerja para astronom. Polusi cahaya sangat minimal, membantu proses pengamatan.

Observatorium La Silla

Johnya menambahkan, “Kelebihan lain adalah teleskop-teleskop yang ditunjang oleh instrumen modern dan canggih. Misalnya, spektrograf beresolusi dan berkecepatan tinggi, kamera beresolusi superkamera inframerah, dan sebagainya.”

“Tidak banyak observatorium di dunia yang koleksi instrumennya seperti di La Silla. Jadi, walaupun tenaga logistik dan support sedikit, La Silla tetap bisa bersaing dengan observatorium lainnya di AS dan Eropa,” tandas Johny.

Observatorium La silla dibangun pada tahun 1969. Sebanyak 18 teleskop terdapat di observatorium ini dengan sembilan di antaranya diinstal oleh European Southern Observatory (ESO). Planet yang ditemukan di observatorium ini, di antaranya, HIP 13044b.

Source: http://sains.kompas.com/read/2011/01/21/17532155/Observatorium.La.Silla..Apa.Sih.Bagusnya.

Artikel Lainnya



0 komentar to “Observatorium La Silla, Tempat Pengamatan Bintang”

Bebas Berkomentar..