Tanaman Gaharu

Rabu



Tanaman Gaharu

Gaharu adalah bahan aromatik termahal di dunia. Harga gaharu kualitas baik di tingkat konsumen di pasar internasional, sekitar US $ 5 sd. 15 per gram, (Rp 45.000,- sd. 135.000,-). Sedemikian tingginya nilai produk gaharu, hingga penjualannya menggunakan bobot gram. Bukan ons atau kg. Gaharu adalah bahan parfum, kosmetik dan obat-obatan (farmasi). Parfum diperoleh dari hasil ekstraksi resin dan kayunya. Gaharu sudah dikenal sebagai komoditas penting, semenjak jaman Mesir Kuno. Mumi mesir, selain diberi rempah-rempah (kayumanis, cengkeh), juga diberi cendana dan gaharu. Dalam injil, disebutkan bahwa kain kafan Yesus (Isa Al Masih), diberi Aloe. Istilah ini bukan mengacu ke Aloe vera (lidah buaya), melainkan kayu gaharu.

Itulah sebabnya kayu gaharu juga disebut sebagai aloeswood (kayu aloe). Nama dagang lainnya adalah agarwood, heartwood, dan eaglewood. Di pasar internasional, gaharu murni diperdagangkan dalam bentuk kayu, serbuk dan minyak (parfum). Kayu gaharu bisa dijadikan bahan kerajinan bernilai sangat tinggi, atau untuk peralatan upacara keagamaan. Serbuk gaharu digunakan untuk dupa/ratus, dan minyaknya merupakan parfum kelas atas. Serbuk gaharu sebagai dupa akan dibakar langsung dalam ritual keagamaan. Baik Hindu, Budha, Konghucu, Thao, Shinto, Islam dan Katolik. Kayu gaharu disebut sebagai kayu para dewa. Aroma gaharu karenanya dipercaya mampu menyucikan altar dan peralatan peribadatan lainnya.

Selain itu dupa gaharu juga dimanfaatkan untuk mengharumkan ruangan, rambut dan pakaian para bangsawan. Aroma gaharu akan digunakan sebagai aromaterapi di spa-spa kelas atas. Selain untuk ritual keagamaan, parfum dan kosmetik, produk gaharu juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistik. Baik pemanfaatannya, terlebih lagi proses pencariannya dari alam. Pengambilan gaharu dari hutan, memang selalu dilakukan secara tradisional, dengan berbagai ritual dan kebiasaan setempat. Pencarian gaharu di lokasi sulit, harus menggunakan pesawat terbang atau helikopter. Beberapa kali pesawat terbang dan heli pencari gaharu, hilang di hutan belantara di Kalimantan, hingga memperkuat kesan mistis produk gaharu.

Budi Daya Tanaman Gaharu
Mengingat tanaman gaharu atau yang sebenarnya adalah tanaman atau pohon penghasil kayu gaharu merupakan komoditi hutan yang mahal harganya, pembudidayaan tanaman gaharu digemari di berbagai tempat. Gaharu ini dihasilkan dari tanaman atau pepohonan yang terinfeksi atau sengaja diinfeksi yang tumbuh di daerah tropis.


Penyebab timbulnya infeksi sehingga dapat menghasilkan gaharu pada tanaman gaharu (tanaman penghasil gaharu) masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Namun dugaan awal terjadinya gaharu adalah adanya tiga elemen penyebab proses infeksi tersebut, yaitu:

  • luka pada bagian tanaman atau batang pohon yang akan menghasilkan gaharu,

  • proses non-patologi, dan

  • infeksi karena jamur.
Pengelolaan tanaman penghasil gaharu ini sama dengan perawatan tanaman jenis lainnya. Tidak diperlukan adanya perawatan khusus karena biasanya setelah tanaman berusia 6 tahun maka tanaman tersebut sudah siap untuk diinokulasi. Pembuatan lubang inokulasi sekitar 1/3 diameter pohon secara spiral dan vertikal yang diatur sedemikian rupa agar pohon tidak retak dan patah.

Perawatan yang diperlukan dan sangat disarankan dalam membudidayakan tanaman gaharu ini adalah pemupukan dengan menggunakan bahan organik. Dengan pemupukan maka pertumbuhan tanaman dapat dioptimalkan dan menghasilkan kualitas batang yang baik. Pemangkasan cabang juga sangat perlu dilakukan untuk memacu pertumbuhan pohon sehingga diameter pohon dapat berkembang sesuai yang diinginkan.

Jenis Getah Gaharu
Ada dua jenis getah gaharu:

Getah berwarna kuning, adalah getah dengan kualitas rendah.

Getah berwarna hitam, getah ini kualitasnya tinggi dan langka. Itu semua karena diperlukan perawatan khusus untuk menghasilkan getah berwarna hitam.

Kayu Gaharu dan Sarang Walet

Dewasa ini, dengan maraknya usaha sarang walet di perkotaan terutama di daerah kota Banjarmasin, kayu gaharu ikut menjadi naik daun. Ini tak lepas dari kepercayaan penduduk setempat yang mengatakan bahwa bau harum dari kayu gaharu dapat membuat burung walet semakin banyak memasuki sarang “elitnya” di tengah perkotaan. Hal ini turut membuat harga kayu gaharu semakin meningkat tajam.

Kayu gaharu yang dipercaya dapat mengundang burung walet masuk ke sarangnya, ternyata bukan sembarang kayu gaharu. Ada pola-pola tertentu dari urat kayu yang secara alami terbentuk pada bagian batang kayu yang dipilih dan dipercayai sebagai jimat pemanggil walet. Kepercayaan ini yang ternyata membawa hasil pada sebagian pengusaha (pemilik) sarang burung walet yang membuat harga sepotong kecil kayu gaharu mencapai harga jutaan bahkan miliaran rupiah.

http://foragri.blogsome.com

http://www.anneahira.com/


Artikel Lainnya



10 komentar to “Tanaman Gaharu”




saya punya getah gaharu alami di dapat dari hutan, bukan dari inkulan. lihat disini:

http://banyuke-robet.blogspot.com/2011/08/jual-getah-resin-gaharu-alami-bukan.html

dan untuk dijual bro.




Oke bro, sudah sy link. Smg sukses bisnis getahnya.




Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas
Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kab. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
HP. 0853 7624 4454

Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor sekitarnya
Hubungi Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

Untuk wilayah Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
Hubungi Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833




Kami Sedia Inokulan atau obat suntik gaharu seharga 900.000 sudah termasuk ongkos kirim ke daerah anda. Bila beli dalam partai besar harga lebih murah. Hubungi Suwarto 085227348404




Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.



Kami Sedia Inokulan atau obat suntik gaharu seharga 450.000 sudah termasuk ongkos kirim ke daerah anda. Bila beli dalam partai besar harga lebih murah. Hubungi Agus 085376244454




Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas & Sedia Inokulan
Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kab. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
HP. 0853 7624 4454
Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah

Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor sekitarnya
Hubungi Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

Untuk wilayah Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
Hubungi Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833




Nice posting gan,kunjungi juga blog saya gaharumurtopo.blogspot.com mari berbagi tentang gaharu...




Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Bebas Berkomentar..