Kiat Untuk Yang Masih Menganggur

Jumat



Kiat Untuk Yang Masih Menganggur

Menganggur itu memang tidak enak. Apalagi bagi mereka yang menyandang pendidikan tinggi. Secara kejiwaan penganggur tertekan oleh lingkungan yang akhirnya menyebabkan perasaan serba salah. Semakin berlarut-larut tak punya kegiatan, semakin tidak tahu yang harus dikerjakan. Kondisi ini potensial sekali menimbulkan stress.

Untuk kehidupan sehari-hari, setiap orang butuh biaya. Paling tidak untuk makan. Kalau diam saja tanpa melakukan kegiatan yang produktif, berarti rugi secara materi.

Berikut ini kiat-kiat untuk mereka yang masih menganggur:

1. Bagi yang mempunyai biaya, cobalah menambah pengetahuan dan ketrampilan. Misalnya kursus bahasa asing, komputer, menjahit, memasak atau apa saja. Siapa tahu pengetahuan dan ketrampilan bisa jadi nilai tambah untuk melamar pekerjaan. Kalaupun terjun sebagai wirausahawan, pengetahuan dan ketrampilan Anda pasti ada manfaatnya.

2. Cobalah introspeksi diri dengan cara iseng-iseng mencatat kelebihan, kemampuan, dan kelemahan Anda. Dari situ, kemampuan yang menonjol bisa diasah, dan bisa diterapkan untuk berwirausaha. Kalau punya kelemahan , ya diperbaiki.

3. Perbanyak silaturahmi dan mengenal banyak orang dengan karakter yang banyak pula. Lalu jalin komunikasi yang intensif sehingga Anda tak pernah kekurangan informasi. Mungkin nantinya berguna dalam bekerja ataupun berwiraswasta.

4. Perbanyak membaca. Dengan membaca pengetahuan Anda semakin luas. Bahkan, bukan tidak mungkin dari bacaan tersebut akan lahir ide-ide baru.

5. Buat agenda kegiatan setiap hari. Jangan sampai terlalu banyak melamun.

6. Hindari kegiatan-kegiatan yang merugikan baik diri sendiri maupun orang lain, apalagi sampai melanggar norma agama maupun hukum yang berlaku.

7. Untuk Anda yang ingin berwiraswasta, coba tanggalkan gengsi yang terlalu tinggi, karena itu merupakan kendala dalam memulai suatu usaha. Pikirkan hasilnya dan nilai ekonominya sehingga semangat Anda akan terpacu.

8. Jagalah kesehatan, karena kesehatan itu mahal harganya. Kalau kita sehat produktivitas otomatis meningkat.

9. Kalau ada peluang bekerja, jangan langsung ditolak. Terima apapun pekerjaannya asalkan halal, lalu ditekuni. Kesempatan tersebut bisa digunakan untuk menimba pengalaman hingga menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

10. Jangan lupa selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena semuanya itu Dia yang mengatur.

Disalin dari BMT (Sumber: Alumnus FT-UGM yang bertahun-tahun merasakan jadi pengangguran dan kini berwiraswasta, tinggal di Yogyakarta).



Artikel Lainnya



1 to “Kiat Untuk Yang Masih Menganggur”>




Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Bebas Berkomentar..