Membuat Bubuk Lidah Buaya untuk Obat

Selasa



Membuat Bubuk Lidah Buaya untuk Obat

Di negara maju yang masyarakatnya sudah sadar bahaya dari barang-barang yang mengandung kimia berpindah ke produk alami. Barang-barang instant pada umunya mengandung bahan pengawet yang dapat membayakan kesehatan.

Lidah buaya dengan nama latin Alueverael sejak 3.500 tahun yang lalu sudah memiliki catatan sebagai obat atau pun untuk kecantikan. Lidah buaya mengadung Alouino sidi A dan B serta Srisovanol yang dapat menghaluskan kulit, membuat akar rambut kuat, rambut menjadi tebal, lembut dan berkilau.

Lidah buaya dapat di olah menjadi tablet, bubuk, krim atau suntikkan. Namun Indonesia belum ada bentuk-bentuk tersebut. Cara yang termudah adalah di rebus, di masak atau di jus dengan di kombinasi buah, sayuran atau bahan lainnya.

Adacara lain mengolah lidah buaya salah satunya membuat bubuk lidah buaya. Ambil lidah buaya secukupnya dan bersihkan lalu di potong-potong kecil. Kemudian di panggang di dalam oven sampai kering.

Sesudah kering di tumbuk sampai lembut terus diayak atau disaring dan pisahkan bagian bubuk yang keras dengan yang lembut. Selanjutnya untuk mengurangi kadar air bubuk di jemur.

Setelah lidah buaya benar-benar kering masukkan dalam toples lalu di simpan ke lemari es. Bubuk lidah buaya dapat di gunakan sebagai obat dalam maupun obat luar. Obat ini alami tanpa penggawet.

Source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1016032/tips-membuat-bubuk-lidah-buaya

Artikel Lainnya



0 komentar to “Membuat Bubuk Lidah Buaya untuk Obat”

Bebas Berkomentar..