Mencegah Mata Kering

Minggu



Mencegah Mata Kering


Untuk mencegah kekeringan kornea dan bola mata, kehilangan penglihatan atau bahkan rabun senja, pengguna komputer harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin A.  (PHOTOS.COM)

Untuk mencegah kekeringan kornea dan bola mata, kehilangan penglihatan atau bahkan rabun senja, pengguna komputer harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin A.

(Epochtimes.co.id)

Menurut para ahli, cara terbaik mencegah mata kering dan lelah, yakni dengan sering berkedip dan tidak terlalu banyak menatap komputer dengan mengupayakan agar lebih sering mengistirahatkan mata.

Hal ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja di depan komputer, dimana penggunaan komputer secara teratur dapat menyebabkan kedua gejala tersebut.

Jika Anda mengenakan kacamata, maka gunakan kacamata yang baik. Bagi orang yang berusia lebih dari 40 tahun, lensa fokus ganda adalah yang terbaik. Juga, mengenakan kacamata yang tidak terlalu kuat untuk aktivitas seperti mengetik juga dapat mengurangi tegangan pada mata.

Sikap dan jarak juga sangat penting ketika bekerja. Cobalah untuk duduk paling tidak 24 inci dari layar komputer, dengan posisi yang tepat, pastikan penglihatan Anda dijaga agar berada dalam posisi sudut 30 derajat saat melihat ke bawah. Posisi ini memungkinkan otot-otot mata untuk santai dan pada saat yang sama memungkinkan hanya sedikit permukaan bola mata yang terkena udara.

Pengguna komputer jangka panjang harus mengonsumsi sayuran segar dan buah-buahan untuk meningkatkan asupan vitamin A, B1, C, E, vitamin yang penting untuk kesehatan mata.

Untuk mencegah kekeringan kornea dan bola mata, kehilangan penglihatan atau bahkan rabun senja, pengguna komputer harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin A seperti produk-produk kedelai, ikan, susu, kenari, sayuran hijau, tomat dan buah-buahan segar dan lain-lain. Vitamin C penting untuk menghambat oksidasi sel, sedangkan vitamin E dapat menurunkan kolesterol dan membuang sisa buangan dalam tubuh. Kenari dan kacang tanah kaya akan vitamin E. Vitamin B1, ditemukan dalam banyak sayuran berdaun hijau, dapat memelihara sel-sel saraf.

Minum teh hijau setiap hari dapat meningkatkan produksi darah karena LPS dalam teh. Daun teh juga memiliki kemampuan mencegah kerusakan yang disebabkan radiasi.

Tempatkan komputer Anda di area yang berpencahayaan lembut: jika letak jendela di belakang pengguna komputer, turunkan tirai untuk menghindari refleksi yang memantul langsung pada layar.

Biasanya, mata kering akan terjadi ketika seseorang berkedip kurang dari 5 kali per menit. Namun, ketika seseorang bekerja di depan komputer, mata yang berkedip akan menurunkan 33% tingkat normal. Akibatnya, pelumas mata dan sekresi enzim mengalami penurunan. Oleh karena itu, dianjurkan agar sering berkedip dan membiarkan mereka beristirahat setelah satu jam bekerja.

Pelumas kornea dan air mata buatan dapat membantu mengurangi kekeringan mata. Selain itu, senam mata juga dapat mengendurkan otot mata dan mengurangi kelelahan mata.

Pada dasarnya latihan terdiri dari pemijatan diri sendiri secara rutin: memijat titik akupunktur, kulit, dan otot di sekitar mata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membawa nutrisi ke sel saraf. Proses ini menghilangkan kelebihan sumbatan dari otak dan mata, dengan demikian mengurangi kelelahan mata.

Dengan sirkulasi yang tepat, otot mata bisa membersihkan sisa kotoran dari metabolisme dan menghilangkan kelelahan mata.

Untuk semua alasan di atas, kami ingin mengingatkan Anda ketika berkonsentrasi pada layar komputer, untuk lebih sering berkedip, memastikan kornea yang terlumasi; ini akan membantu mencegah mata kering. Jika Anda menduga memiliki gejala kekeringan mata, silahkan mencari perawatan medis sesegera mungkin.


Artikel Lainnya



0 komentar to “Mencegah Mata Kering”

Bebas Berkomentar..