Berwisata Ke Bardabos, Karibia

Minggu



Berwisata Ke Bardabos, Karibia

Suasana pantai di hotel Kings Beach Barbados. (RGTMUM/ FLICKR PHOTO)

Suasana pantai di hotel Kings Beach Barbados.

Barbados merupakan salah satu pulau bekas jajahan Ingris.

Karena tingginya tingkat pembangunan dan lokasinya yang strategis, Barbados menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Karibia. Banyak hotel bertaraf internasional dengan akomodasi kelas dunia dapat ditemukan di sini, termasuk hotel bertaraf lebih rendah dan sejumlah villa perorangan yang tersebar di pulau ini dan membutuhkan pemesanan di depan.

Bagian selatan dan barat pulau ini dikenal dengan pantai dan air lautnya yang tenang dan berpasir putih. Bagian timur dan utara karena berhadapan dengan lautan Atlantik, dimanfaatkan untuk selancar angin ringan. Beberapa tempat karena arus laut membuatnya sedikit berbahaya untuk berenang dan olahraga air lainnya.

Seperti halnya pulau-pulau lain di Karibia, berlomba untuk bisa mengakomodir kapal-kapal pesiar dalam berbagai ukuran. Karena tren pariwisata di era 2000-an adalah kapal pesiar. Dimana kapal pesiar dari perusahaan besar berkunjung ke pulau ini sepanjang tahun.

Hari ini, ketika penulis berkunjung ada empat kapal pesiar yang bersandar di ibu kota Barbados Bridgetown. Dua dari kapal Holland Amerika dan satu dari Ocean Village & Adventure of The Sea, Royal Carribean International. Yang kira-kira membawa penumpang sejumlah 5.000 orang, tidak termasuk awak kapal.

Tentu saja untuk mengakomodir sebuah hotel di kapal pesiar juga harus tersedia infrastruktur pendukung. Seperti antar jemput bus dari dan ke terminal kedatangan. Untuk mengangkut menuju ke masing-masing kapal, juga peralatan pemindai dan fasilitas lain yang mendukung kelancaran dan kenyamanan para wisatawan.

Begitu turun dari bus antar jemput di depan terminal Anda akan disambut oleh iringan musik khas Karibia yang dibawakan dengan alat tabuh ’steel drum’. Bentuk alat musik ini mirip kulintang hanya saja menggunakan drum-drum yang dipotong menjadi dua bagian. Dengan menggunakan dua pemukul mereka memainkan banyak jenis lagu. Drum dari bekas minyak tanah atau drum aspal bisa dipakai sebagai alat. Permukaan drum dibiarkan tertutup sedangkan potongan di bawah terbuka untuk memberikan resonansi suara pukulan. Lapisan atas juga dilapisi dengan ketebalan yang tidak sama untuk menciptakan melodi yang berbeda.

Berbagai atraksi wisata ditawarkan oleh kementerian pariwisata Barbados. Mulai dari fasilitas keliling kota dengan berjalan kaki sampai tur keliling pulau yang hanya seluas 466 km persegi.

Tentu saja berbagai olah raga pantai juga tersedia layaknya pulau-pulau lainnya di Karibia. Utamanya yang terkenal adalah menyelam dan selancar angin. Karena kekayaan terumbu karang dan beberapa kapal karam menjadi obyek wisata yang baik. Olahraga selancar angin maju pesat karena pulau ini mendapatkan angin laut yang berhembus kencang sepanjang tahun.

Perusahaan-perusahaan yang memproduksi alat-alat selancar seperti Bic (Prancis), Mistral (Jerman), Hi Fly (Hawaii) bersaing membuat paket wisata untuk mengunjungi kelas-kelas selancar angin dan perlombaan tahunan yang mereka adakan. Sekaligus mempromosikan jenis alat dan teknologi baru yang mereka terapkan dalam pembuatan peralatan selancar, layar dan asesori lainnya.

Di kota Bridgetown sendiri juga banyak yang bisa dilihat, diantaranya menikmati suasana marina dan juga berbelanja di flea market atau pedagang kaki lima di Chamberlain Bridge. Pasar ikan yang berlokasi tidak jauh dari pelabuhan juga menarik untuk dikunjungi. Ikan ikan yang populer di Barbados khususnya adalah ikan terbang. Hampir semua pedagang menjualnya. Ikan ini dijual dalam keadaan yang sudah fillet atau tanpa tulang.


Jika ingin berbelanja di kota atau hanya ingin membeli barang-barang bebas pajak bisa membelinya di terminal kedatangan, demikian juga halnya pembelian cendera mata. Atau hanya ingin menikmati deburan ombak di kios minuman di pinggir pantai sambil minum bir khas Barbados ‘Bank’s beer’.


AKTIVITAS HARIAN : Para pedagang kaki lima ramai menjajakan dagangan mereka di bawah jembatan Chamberlain yang terletak di alun-alun kota “Independence Arch”.

Barbados memiliki dua jalur bagi pejalan kaki (boardwalk) di pantai selatan yang panjangnya berkisar 1,2 kilometer dari pantai Acca Beach hingga pantai Hasting, satu jalur tambahan baru dibuka tahun lalu dengan panjang lebih pendek yakni di sepanjang pantai barat Holetown. Jalan berbeton ini menjadi kunjungan menarik bagi warga lokal dan wisatawan untuk menikmati indahnya pantai.

(Wayan Manuh/The Epoch Times)




Artikel Lainnya



0 komentar to “Berwisata Ke Bardabos, Karibia”

Bebas Berkomentar..