Pangkal Pinang, Bangka Belitung

Kamis



Pangkal Pinang, Bangka Belitung

Kota Pangkal Pinang adalah salah satu Daerah Pemerintahan Kota di Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus merupakan ibukota Provinsi. Kota ini terletak di bagian timur Pulau Bangka. Kota Pangkalpinang terbagi dalam 5 kecamatan yaitu Taman Sari, Rangkui, Pangkalbalam, Bukit Intan dan Gerunggang. Memiliki wilayah seluas 118,408 km2 dan jumlah penduduk berdasarkan Susenas 2005 sebanyak 146.161 jiwa dengan kepadatan 1.737 jiwa/km2. Saat ini dipimpin oleh Walikota Drs.H.Zulkarnain Karim, MM yang telah menjabat untuk periode kedua (2008-2013) sebelumnya telah menjabat untuk periode pertama 2003-2008. Sungai Rangkui membelah kota yang berjulukan BERARTI (BERsih, Aman, Rapi, Tertib, Indah) ini. Kota ini berpusat di Jalan Merdeka sebagai titik nol kilometer kota.

Populasi Kota Pangkalpinang kebanyakan dibentuk oleh etnis Melayu dan etnis Cina suku Hakka yang datang dari Guangzhou. Ditambah sejumlah suku pendatang seperti Batak, Minangkabau, Palembang, Sunda, Jawa, Madura, Banjar, Bugis, Manado, Flores dan Ambon.

Kota Pangkalpinang merupakan pusat pemerintahan, pusat pemerintahan kota di Kelurahan Bukit Intan, dan pusat pemerintahan provinsi dan instansi vertikal di Kelurahan Air Itam. Kantor pusat PT Timah, Tbk juga berada di sini. Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis/perdagangan dan industri di Bangka Belitung.

Pangkalpinang memiliki 23 hotel terdiri dari 5 hotel berbintang dan 18 hotel melati. Jumlah kamar sebanyak 445 buah dan jumlah tempat tidur sebanyak 757 buah. Sedangkan jumlah restoran sebanyak 5 buah. Beberapa obyek wisata yang ada di Pangkalpinang :

  1. Taman Sari
  2. Taman Merdeka
  3. Museum Timah
  4. Mesjid Jami'
  5. Gereja Maranatha
  6. Gereja Katedral Pangkalpinang
  7. Vihara Citra Maitreya
  8. Klenteng Konghucu
  9. Pantai Pasir Padi
  10. Pantai sampur
  11. Lapangan Golf Girimaya
  12. Chinatown
  13. Makam Belanda (Keerkhof)

Transportasi

Udara

Bandar Udara Depati Amir melayani penerbangan 10 kali sehari dari/ke Jakarta yang dilayani oleh Sriwijaya Air, Batavia Air, Lion Air, Mandala Air dan Garuda Indonesia. Sedangkan penerbangan dari/ke Palembang sebanyak 1 kali setiap hari yang dilayani oleh Sriwijaya air. Dan penerbangan dari/ke Tanjungpandan sebanyak 2 kali seminggu yang dilayani oleh Riau Airlines

Laut

Pelabuhan Pangkalbalam melayani angkutan barang seperti ekspor/impor dan perdagangan antarpulau, dan angkutan penumpang dengan tujuan Jakarta melalui Kapal Ferry/Roro dan tujuan Tanjungpandan melalui Jet Foil/Kapal Cepat setiap hari. Pelabuhan Muntok melayani kapal cepat dengan tujuan Palembang. Sedangkan pelabuhan Belinyu hanya disinggahi oleh kapal-kapal Pelni. Masih ada lagi Pelabuhan di bagian selatan pulau Bangka, yaitu Sadai, melayani kapal fery dari pelabuhan cigading, Banten.

Darat

Pangkalpinang memiliki 4 terminal dalam kota, yang menghubungkan rute kecamatan di seluruh Pulau Bangka. Sedangkan untuk dalam kota dilayani 5 trayek Angkutan Kota dengan waktu operasinya dari pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB. informasi jalur angkutan kota Pangkalpinang:

  1. Angkot berwarna kuning untuk rute dari pasar ke Girimaya.
  2. Angkot berwarna Merah untuk rute dari pasar ke Pangkalbalam.
  3. Angkot berwarna biru muda untuk rute dari pasar ke Selindung.
  4. Angkot berwarna hijau untuk rute dari pasar ke Jalan mentok.
  5. Angkot berwarna hitam untuk rute dari pasar ke sampur.


Artikel Lainnya



2 komentar to “Pangkal Pinang, Bangka Belitung”




wew mantabs boss..... ape agik skarang dr belitong ke bangka la ade pesawat....
follow blog aku boss, ntr aku follow balik juak
salam kenal dari belitong ye...
Thanks!

kpadaku.blogspot.com




sori bos, kt bkn sombong hingga tak mau follow blog2 lain. blog ini sudah pernah dihack dan link2 nya banyak dirusak. dan sampe skrng blog ini tak bisa memfollow blog manapun. kt jg heran nih dan blm bisa mncari solusinya. maaf ya, kami blm bisa mmfollow blog lain.

Bebas Berkomentar..