Burung Kiwi

Selasa



Burung Kiwi

Burung kiwi adalah salah satu dari jenis burung yang tidak bisa terbang. Tubuhnya bisa tumbuh hingga seukuran ayam, dengan bobot 2-5 kg. Daerah persebaran alami spesies burung ini pun terbatas hanya di Selandia Baru. Burung yang konon bisa hidup selama 20 tahun ini adalah burung yang setia kepada pasangannya. Hanya anehnya sang betina lebih dominan dalam perkawinan. Hal ini sangat langka bahkan di dunia burung.

Banyak keistimewaan dari burung kiwi ini dibanding dengan burung-burung lain, diantaranya lubang hidung burung Kiwi terdapat hampir di ujung paruhnya. Selain itu juga, ukuran telur burung Kiwi luar biasa besar dan beratnya pun sungguh mengherankan, bobotnya bisa mencapai 25% berat tubuh induknya! Sehingga energi sang betina sebagian besar akan dihabiskan untuk mengeluarkan telur. Oleh karena itu, pekerjaan selebihnya dilakukan si pejantan, termasuk urusan merapikan sarang, mengerami telur, sampai menemani si kecil mencari makan setelah telurnya menetas.

Jumlah mereka kini merosot drastis karena dimangsa kucing, cerpelai, dan mamalia darat lainnya. Demikian dilansir laman The Telegraph.


Peneliti dari Canterbury University, Jim Briskie, menyimpulkan tampaknya yang jadi faktor penyebab adalah bau badan burung-burung itu sendiri. Bau itulah yang membuat mereka selalu jadi mangsa empuk predator.

Menurut Briskie, tak seperti burung-burung lain di luar Selandia Baru, yang hidup bersama hewan mamalia, burung-burung Selandia Baru mengeluarkan bau menyengat saat memproduksi lilin untuk melindungi bulu-bulu mereka.

Yang lebih jadi masalah, masih kata Briskie, kiwi berbau seperti jamur atau amonia. Hal inilah yang bisa jadi menyebabkan spesies itu kini terancam punah.


Marsden, lembaga donor riset sains telah mengucurkan dana sebesar NZ$600 ribu atau hampir Rp4 miliar kepada Briskie untuk mempelajari bau badan burung-burung Selandia Baru itu selama tiga tahun. Tujuannya, untuk membuat mereka tak lagi jadi sasaran empuk predator.

Burung khas yg ada di New Zealand dan tidak ada di negara lain adalah burung kiwi. Ternyata burung kiwi hanya dapat hidup di tempat gelap. Jika mereka terkena sinar matahari, maka mereka akan sakit dan lama2 bisa menyebabkan kematian.


Artikel Lainnya



2 komentar to “Burung Kiwi”




Gua lagi cari nama lain dari kiwi tuh apa ya ? soalnya di soal tts yg gua isi ada 3 huruf M...A




mungkin salah soal juga tuh TTS nya. klo di tts yg 3 huruf M...A itu sih biasanya moa. pertanyaannya belut bertelinga. hahahaa.. klo tentang kiwi sih sy kurang tau.

Bebas Berkomentar..