Tentang Balap F1

Rabu



Tentang Balap F1

Kalo nonton balap F1 kita cuma tahu berapa kali pembalap menempuh putaran. berapa kali dan lamanya dia pitstop. atau siapa yang juara 1, 2, dan 3. tapi jangan salah, dibalik angka-angka tadi, banyak angka keramat yang jarang kita ketahui.
Ini dia beberapa di antaranya:

2 kilogram
Dalam sekali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sampai 2 kilogram. jumlah ini bisa lebih, kalau balapan berlangsung di sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain.

15 fungsi
Pembalap F1 bisa memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gigi persneling, kecepatan, putaran mesin, campuran bahan bakar, jumlah bahan bakar dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum serta pengatur komputer mesin dan diferensial. Di belakang setir ada pedal atau tuas buat memindahkan gigi persneling.

28 ton

Ini berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan. Terdiri atas spare-part, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part serta 1.500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo tim.



55 meter
Adalah jarak pengereman mobil-mobil F1 dari kecepatan 200 km/jam sampai berhenti sempurna. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force sampai 5,6 G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama lehernya) harus menahan dorongan ke depan sampai 5,6 kali berat badannya sendiri. Buat perbandingan nih, mobil penumpang standar perlu jarak sampai sekitar 120 meter buat mengerem dari 200 km/jam sampai berhenti, dalam 4,1 detik.

100 radio komunikasi

Termasuk head-set untuk melakukan komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race week-end (hari Kamis sampai Minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan sekitar 30 notebook.

950 derajat Celcius
Temperatur di dalam knalpot mobil F1 waktu balapan. Saat direm, temperatur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1.000 derajat Celcius. Sementara suhu rata-rata dalam kokpit selamma balapan adalah 55 derajat Celcius.

1.124 Race Laps

Jumlah putaran (lap) yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim. Belum termasuk tes pramusim, latihan, dan kualifikasi.

1.200 liter BBM

Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1.200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh 70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer.

3.100 Gear Shift

Khusus di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3.100 kali pindah gigi selama balapan. Di sirkuit lain, pembalap “hanya” melakukan sekitar 2.500 kali.

3.300 liter air
Jumlah air mineral dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day. Selama balapan di sirkuit berudara panas seperti Sepang, pembalap akan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai F1:

1. Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga 160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detik

2. Mesin F1 hanya bertahan untuk balapan selama 2 jam sebelum mesin tersebut meledak, untuk mobil pasaran biasanya dapat bertahan hingga 20 tahun

3. Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik

4. Mobil F1 terdiri dari 80.000 komponen, bila mobil tersebut dirakit dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih dapat berjalan tetapi dengan 80 kesalahan perakitan

5. Desain aerodinamika dan downforce (gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat penting, bahkan pesawat kecil dapat terbang dengan kecepatan lebih rendah daripada mobil F1

6. Tanpa sistem aerodinamika dan downforce yang baik, mobil F1 dapat kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar tetapi mobil tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam padahal umumnya mobil F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam

7. Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut

8. Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce mobil F1 memiliki kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang got harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan

9. Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 – 10.000 km, sedangkan ban balap F1 didesain hanya bertahan untuk 90 – 120 km saja

10. Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus


11. Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering mencapai puncak performanya (grip terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900 – 1200 derajat Celcius. Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali sedetik

12. Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena memiliki tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa umumnya memiliki uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil saat temperatur meningkat

13. Cakram rem F1 memiliki temperatur operasi sekitar 1000 derajat Celsius sampai mobil sebelum berbelok, cakram tersebut terbuat dari serat karbon yang bersifat lebih keras dan lebih tahan aus dari pada cakram besi baja



14. Saat mengerem, perlambatan yang dialami oleh pembalap F1 sama seperti mobil umum mengalami tabrakan dengan tembok pada kecepatan 300 km/jam

15. Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik

16. Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan sekitar 100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol bagian-bagian mobil

17. Sistem pengisian bahan bakar F1 dapat menyuplai 12 liter bahan bakar sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4 detik untuk mengisi tangki mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama dengan alat yang digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika Serikat

18. Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5 detik

19. Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara periodik untuk menghindari kegagalan

20. Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali balapan

Dengan semua data-data di atas, F1 menjadi Mobil yang luar biasa kencang. Ada dua sisi yang menyertai segala kehebatan mobil F1 tersebut :

Pertama, karena sangat cepat mobil-mobil F1 amat membahayakan bila terjadi kecelakaan. Maka untuk meminimalisasi, dibuatlah berbagai regulasi yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, diantaranya dengan membatasi kekuatan / putaran mesin.

Kedua, Mobil F1 amat sangat mahal. Hantaman krisis keuangan global beberapa waktu lalu, nyaris meruntuhkan pula otosport paling top ini. beberapa tim mundur karena tak mampu membiayai keikutsertaan mereka di F1.

Artikel Lainnya