Mengenal Lebih Dekat Kerajaan Rayap

Minggu



Mengenal Lebih Dekat Kerajaan Rayap

1. Ratu

Ratu rayap dapat hidup sampai dengan 20 tahun, bahkan lebih. Dan selama hidupnya ratu hanya bertelur dan tetap berada di inti sarang dan tidak keluar sampai akhir hayatnya. Hanya ada satu ratu di setiap koloni rayap. Ukuran ratu Macrotermes dewasa dapat sebesar jempol pria dewasa bahkan lebih.

Meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah, ratu rayap dipercaya dapat menentukan masa depan nimfa entah itu akan menjadi pekerja, laron atau prajurit dengan menggunakan frekuensi suara tertentu yang di kirimkan kepada nimfa.




2. Raja

Berbeda dengan raja semut yang segera mati setelah tak lama menghasilkan keturunan dengan ratu semut, raja rayap menemani sang ratu rayap seumur hidupnya. Ukuran raja rayap pada umumnya hanya 1/10 dari ukuran ratu rayap. Ukuran raja rayap hanya bertambah sedikit setelah menemani sang ratu. Dalam satu koloni hanya ada satu ratu dan raja.



3. Nimfa

Nimfa merupakan bayi rayap yang akan menjadi pekerja, laron atau prajurit sesuai dengan kebutuhan koloni rayap. Sang ratu sendiri yang akan menentukan kebutuhan koloni.



4. Rayap Pekerja

Rayap pekerja dapat berjumlah hingga 85% dari sebuah koloni. Kelangsungan hidup sebuah koloni rayap tergantung dari rayap pekerja karena hanya merekalah yang dapat mengkonsumsi kayu dan membagikannya kepada seluruh anggota koloni rayap yang lain. Dengan kata lain merekalah yang menyuapi makanan kepada seluruh anggota koloni yang lain (ratu, raja, prajurit, nimfa dan telur).


Rayap Prajurit dan Ratunya

Mereka adalah pencari sumber makanan yang gigih, dan dipercaya jangkauan mereka dapat mencapai sejauh 50 meter bahkan lebih dari sarang. Mereka juga berfungsi membersihkan wajah (grooming) seluruh anggota koloni. Dan yang perlu diingat adalah, hanya mereka yang merusak bangunan kita.


5. Rayap Prajurit

Rayap prajurit berjumlah sampai dengan 15% dari seluruh anggota koloni. Mereka
mempunyai bentuk rahang khusus untuk bertempur dan menjaga diri mereka. Rayap prajurit memiliki kepala yang sangat keras dan tidak akan hancur apabila ia mati. Rayap prajurit menjaga dan menemani rayap pekerja di sekitar sumber makanan untuk berjaga dari serangan predator (semut) maupun koloni rayap lain.

Rayap prajurit akan membunyikan alarm kepada koloni apabila timbul ancaman atau bahaya bagi koloni, entah itu adanya bau kimia, gangguan hewan / manusia maupun serangan dari predator dan koloni rayap lain dengan cara membenturkan kepalanya di terowongan tanah mereka dan alarm ini akan menyebabkan rayap pekerja dan prajurit untuk berpencar dan bersembunyi di tempat yang mereka anggap aman (misal retakan tembok) dan akan bekerja kembali setelah bau kimia / keadaan dianggap aman.

Berpencarnya anggota koloni akan menyebabkan terbentuknya satelit koloni (koloni yang terputus dari sarang), namun tetap memiliki potensi merusak bangunan.



Metamorfosis

6. Laron

Sama halnya seperti semut, koloi rayap juga memiliki laron namun berbeda bentuk. Laron diterbangkan oleh koloni rayap 2 kali dalam setahun dalam keadaan udara yang agak hangat dan angin yang tidak terlalu kencang. Hal dilakukan untuk meningkatkan harapan hidup laron terhadap gangguan alam.

Laron akan mencari pasangannya dibawah sinar lampu. Setelah mereka menemukan pasangannya, maka mereka akan memutuskan sayap mereka dan akan berjalan beriringan mencari celah di tanah atau di bangunan.


Sumber :
www.solusiantirayap.com

Artikel Lainnya



3 komentar to “Mengenal Lebih Dekat Kerajaan Rayap”




ANTI RAYAP , HILANGKAN RAYAP , SOLUSI RAYAP , AHLI RAYAP

Perusahaan kami berdiri sejak Tahun 2006

Bidang Pekerjaan:
MAJ pest management

Pengendalian Rayap / Pengendalian Hama termite

Harga: Rp. 25.000, - / m2
Riefky
Hub. 0812 80 2324 83

Perusahaan kami menggunakan Metode SNI ( Standart Nasional Indonesia) dalam membasi RAYAP

- Pengeboran dan Penyuntikan Lantai
Pengeboran lantai dilakukan pada seluruh lantai dengan jarak 100 cm kedalaman 30 cm dan lebar 8mm untuk lantai yang berhubungan dengan dinding, Jarak Pengeboran antara 40cm – 60cm kedalaman 30 cm dan lebar 8mm. Kemudian dilakukan penyuntikan larutan chemical pada lantai yang telah dibor . Setelah itu dilakukan penambalan/ penutupan lubang pada lantai atau dinding dengan menggunakan semen.

- Spraying
Spraying dilakukan pada area-area yang terinfestasi rayap serta pada retakkan-retakkan pada dinding maupun pada kuda – kuda ranka atap Bangunan atau area yang memiliki unsur kayu lainnya.

- Chemical
Chemical yang digunakan adalah Termikiller Premium standar WHO , yang memiliki efek domino yang efektif membasmi rayap hingga sampai ratu rayap, selain itu juga berfungsi sebagai penghalang ( barrier) dan racun kontak.

- Metode MIB ( Metabolic Inhibitor Bait)
Pemasangan outdoor bait ( umpan) untuk area luar disekitar Bangunan, yang juga berfungsi sebagai monitoring keadaan / kondisi populasi rayap.
Selain itu juga kami akan melakukan Quality Control monitoring ( pengecekan) pada tahun pertama akan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Untuk informasi lebih selengkapnya Silahkan Menghubungi Kami.

Kami siap melakukan Survei/Kunjungan Kapan Saja!

Terimakasih.

http://jasa.tokobagus.com/kebutuhan-rumah-tangga/kebersihan-pengendalian-hama/anti-rayap-ahli-rayap-pengendali-rayap-1232598.html




Bebas Berkomentar..