Jenis-jenis Ukuran Kertas

Kamis



Jenis-jenis Ukuran Kertas

Ukuran standar kertas saat ini di AS dan Kanada adalah subset dari ukuran tradisional yg dimaksud di bawah ini. “Letter”, “legal”, “ledger”, and “tabloid” adalah yang paling umum digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Asal-usul dimensi yang tepat dari “letter”, ukuran kertas (8 ½ × 11 inc, 215,9 mm x 279,4 mm) hilang dalam tradisi dan tidak didokumentasikan dengan baik. Asosiasi Hutan dan Kertas Amerika berpendapat bahwa dimensi berasal dari masa pembuatan kertas manual, dan bahwa 11 inch panjang halaman sekitar seperempat dari “rata-rata bentangan maksimum”. Namun, ini tidak menjelaskan lebar atau aspek rasio. Di luar Amerika Utara, ukuran Surat juga dikenal sebagai “Quarto Amerika”.
berikut ini ukuran lengkapnya

Ada tambahan ukuran kertas, yang namanya “surat-pemerintah” diberikan oleh IEEE Printer Working Group: 8 × 10 ½ inc (203,2 mm x 266,7 mm) kertas yang digunakan di Amerika Serikat dan Kanada untuk anak-anak menulis. Itu ditentukan oleh Herbert Hoover ketika ia menjabat Menteri Perdagangan yang akan digunakan untuk pemerintah AS, tampaknya untuk mengaktifkan diskon dari pembelian kertas untuk sekolah. Dalam tahun-tahun berikutnya, seperti mesin fotokopi berkembang biak, warga ingin membuat fotokopi, tapi mesin ini umumnya tidak memiliki ukuran kertas tersebut dalam lacinya. Karena itu pemerintah AS, melalui Ronald Reagan, telah beralih ke letter biasa ukuran (8 ½ × 11 in ). ukuran 8 × 10 ½ inc masih umum digunakan dalam spiral-bound notebook dan sejenisnya. ukuran kertas standar US saat ini dipakai di Amerika Serikat, Filipina dan Chile. Dua terakhir menggunakan US “letter”, tapi Filipina dan Chili “legal”, ukurannya adalah 8 ½ × 13 in (215,9 mm x 330,2 mm). ukuran ISO yang tersedia, tetapi tidak banyak digunakan, baik di Amerika Serikat dan Filipina. Di Kanada, AS, ukuran kertas secara de facto merupakan standar. Pemerintah, bagaimanapun, menggunakan kombinasi ukuran kertas ISO. Meksiko telah mengadopsi standar ISO, tapi US “letter” format sistem masih digunakan di seluruh negeri. Maka hampir tidak mungkin untuk berjumpa dengan kertas standar ISO sehari-hari, dengan “Carta 216 mm × 279 mm” (letter), “Oficio 216 mm × 340 mm” (legal) dan “Doble carta” (ledger/tabloid) yang hampir universal. Ukuran AS juga luas dan umum digunakan di Kolombia dan ini adalah ukuran kertas yang paling umum di Kosta Rika.

Ukuran Kertas ANSI
Pada tahun 1995, American National Standards Institute mengadopsi ANSI/ASME Y14.1 yang ditetapkan berdasarkan pada ukuran kertas standar de facto 8 ½ × 11 dalam “letter” ukuran yang ditetapkan adl “ANSI A”. Seri ini juga mencakup “ledger”/”tabloid” sebagai “ANSI B”. Seri ini agak mirip dengan standar ISO yang memotong lembar di setengah akan menghasilkan dua lembar ukuran yang lebih kecil berikutnya. Berbeda dengan standar ISO Namun, aspek rasio yang sewenang-wenang memaksakan seri ini memiliki dua aspek rasio bergantian. Seri ANSI ditampilkan di bawah. Dengan hati-hati, dokumen dapat dipersiapkan sehingga teks dan gambar sesuai di kedua ANSI atau ISO setara 1:1 lembaran pada skala.

dan ini ilustrasi perbandingannya Spoiler for “ansi” tampilan gambar silahkan klik:

Ukuran Arsitektur
Di samping sistem ANSI seperti yang tercantum di atas, ada rangkaian sesuai ukuran kertas yang digunakan untuk tujuan arsitektur. Seri ini juga membagi dua bagian yg sama persis dan menghasilkan ukuran di bawahnya. Ini mungkin disukai oleh arsitek Amerika Utara karena aspek rasio (4:3 dan 3:2) adalah rasio dari bilangan bulat kecil, tidak seperti mereka ANSI (atau ISO), aspek rasio 4:3 sesuai dengan rasio aspek tradisional untuk komputer display. seri arsitektur, biasanya disingkat “Arch”, yang ditunjukkan di bawah ini:

dan ini ilustrasi perbandingannya Spoiler for “arch”
tampilan gambar silahkan klik:

Dan inilah gambar perbandingan standar perbandingan kertas yg dipakai secara internasional dgn standar USA
Spoiler for “perbandingannya”
tampilan gambar silahkan klik:

Sumber

Artikel Lainnya