Gula Batu

Rabu



Gula Batu

Tahukah kamu apakah gula batu itu? rasanya tidak lebih manis dari gula pasir, dan benarkah gula batu itu lebih cepat larut dalam teh poci tersebut?

22113809_724858639b Gula batu (rock sugar), adalah gula yang didapat dari pengolahan gula pasir biasa. Tujuannya adalah agar mudah larut, dan kadang diberi tambahan citarasa seperti rasa karamel.

Gula batu bisa kamu buat sendiri, caranya mudah, yaitu melarutkan sebanyak mungkin gula pasir pada air yang sudah mendidih, tambahkan terus hingga butir-butir gula tidak bisa lagi larut (larutan sudah jenuh). Nah saat didinginkan, maka akan terbentuk kristal kristal gula batu. Supaya kristal gula cepat terbentuk, letakkan seutas benang pada bagian tengah panci, atau wadah yang digunakan. Maka kristal akan melekat dan terbentuk pada benang itu.

Gula batu juga kadang dijadikan semacam campuran obat, dan juga disarankan dokonsumsi oleh orang yang sedang sakit.

Namun jika dilihat dari bahan pembuatnya, maka gula batu sebenarnya adalah "gula biasa" yang telah dicampur air. Jadi kadar "manis" nya otomatis berkurang.

Dan karena gula batu itu sudah bercampur air, maka otomatis akan lebih mudah larut (kondisi ini disukai oleh ibu kamu yang sedang membuat kolak, atau makanan manis lainnya)


gula batu (c) MT

gula batu (c) MT

Di Cirebon, tepatnya di warung nasi depan Masjid Sunan Gunung Jati, aku sarapan pagi. Jam 06:06 di mejaku telah tersaji teh manis dengan gula batu. Sebelumnya aku mengira akan mendapatkan teh manis dengan gula pasir biasa, tapi setelah melihat bongkahan kristal di dalam gelas tehku, ternyata gula batulah yang membuat teh itu menjadi lebih nikmat.

Gula batu nge-match dicampur dengan teh kental yang amat terasa pahitnya. Rasa manis yang tidak berlebihan membuat teh panas itu menjadi lebih nikmat. Memang, menurut beberapa orang, gula batu bersifat dingin jika dibandingkan dengan gula pasir. Walaupun sebenarnya gula batu dibuat dari gula pasir yang dimasak, dicairkan, kemudian dikeringkan kembali hingga membentuk bongkahan kristal. Cirebon adalah salah satu daerah penghasil gula batu, selain probolinggo.

Menurut si mbok warung nasi, gula batu lebih cepat mendinginkan teh manis panas ketimbang gula pasir biasa. Selain itu - masih menurutnya - gula batu lebih bermanfaat buat meringankan panas dalam. Entah benar atau tidak, yang kutahu, banyak tabib/shin she yang menyarankan pasiennya mencampur ramuan obatnya dengan gula batu, bukan gula pasir biasa. Namun tak kutemui penjelasan yang pasti tentang pengaruhnya.

Sebagai penikmat teh manis, aku merasakan kenikmatan yang lebih terasa dalam teh manis bergula batu ini. Menurut temanku, orang Jawa totok terbiasa menyajikan teh manis dengan gula batu. Untuk melihat kualitas gula batu, kita bisa mengangkat potongan gula tersebut dari dalam teh manis panas. Jika warnanya menguning, bisa dipastikan bahwa itu adalah gula batu berkualitas, ketimbang yang berwarna tetap putih.

http://mataharitimoer.blogdetik.com/
http://b0cah.org/


Artikel Lainnya



0 komentar to “Gula Batu”

Bebas Berkomentar..