Cara Melamar Kerja Paling Jitu

Kamis



Cara Melamar Kerja Paling Jitu

Anda nyaris putus asa cari pekerjaan? Coba simak cara pria Inggris ini. Alex Kearns sudah ratusan kali mengirim surat lamaran kerja tetapi semuanya berakhir tanpa respons.
Namun ia tidak hilang akal, Kearns memutuskan untuk membuat CV yang gampang terlihat orang. Maka, ia pun membentang CV-nya dalam ukuran raksasa di Trafalgar Square, London.
Pria berusia 23 tahun tamatan Sastra Perancis dan Italia dari Universitas Swansea ini mendapat kesempatan satu jam untuk menggelar CV-nya di Trafalgar Square. Ia membentangkan CV dalam bentuk wallpaper setinggi 10 kaki. Tak lupa, ia menambahkan sebuah poster bertulis: “Selamatkan seorang lususan. Beri saya pekerjaan”.
Ternyata upaya itu manjur. Beberapa saat setelah kemunculan CV-nya Juli lalu, dia dikontak seorang manajer dari International Business Development Group. Setelah melalui wawancara per telepon, dia diundang mengikuti tes bersama 16 orang dan termasuk satu dari tiga orang yang diterima bekerja.



Sekarang Kearns mulai bekerja sebagai sales executive di London, menjual jasa konsultasi perusahaan itu di Inggris dan berbagai tempat di dunia. Kenekatannya itu juga membuat dia mendapat tawaran wawancara dengan perusahaan lain dan pengalaman kerja di sebuah perusahaan periklanan.
Kearns, yang tinggal bersama orang tuanya di barat daya London, mengatakan, “Saya melihat hal itu merupakan kesempatan emas untuk menjual diri saya. Saya telah melamar ratusan pekerjaan tetapi tidak seorang pun memberi saya pekerjaan. Dan itu ternyata berhasil, bos saya yang baru bilang dia sangat terkesan dan saya mendapat sejumlah kesempatan.”
Kearns, yang tamat awal tahun ini, sekarang bahagia mulai meniti hidup di dunia kerja. “Saya tahu saya sungguh beruntung. Banyak orang muda yang tamat dari unversitas dan merasa hampir putus asa, tidak ada pekerjaan di luar sana,” katanya sebagaimana dikutip Dailymail, Kamis (3/9).
Krisis ekonomi global yang juga menghajar Inggris telah menyebabkan kesempatan kerja si negeri itu berkurang. Tahun lalu, sedikitnya 200.000 dari 573.000 orang angkatan kerja berusia 18 hingga 24 tahun menganggur. Kesuksesan Alex datang di tengah jaminan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown, untuk menyediakan pekerjaan bagi setiap orang di kelompok usia 18 – 24 tahun yang banyak kehilangan perkerjaan selama 10 bulan terakhir.


Artikel Lainnya



0 komentar to “Cara Melamar Kerja Paling Jitu”

Bebas Berkomentar..